6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!

Nama-nama familiar!

Spanyol menjadi salah satu negara dari Eropa yang cukup berprestasi dalam dunia sepak bola. Hal tersebut tak terlepas dari pemain-pemain berkualitas yang mereka miliki. Selain itu, bakat-bakat muda juga terus bermunculan yang membuat masa depan timnas Spanyol cerah.

Ansu Fati mungkin menjadi salah satu pemain muda bertalenta yang kini menjadi aset Spanyol. Pemain Barca ini pun menjadi salah satu debutan termuda timnas Spanyol dua dekade terakhir. Sebelum Fati, ada beberapa pemain lainnya yang juga berkesempatan debut bersama timnas Spanyol di usia muda. Siapa saja mereka? Berikut 6 di antaranya.

1. Ansu Fati

6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!90min.com

Ansu Fati menjadi pemain muda berbakat yang saat ini membela Barcelona. Berkat penampilan impresifnya bersama El Barca, Fati mendapat kesempatan tampil bersama timnas Spanyol. Laga debut Fati bersama timnas senior terjadi pada 3 September 2020.

Dalam laga Nations League menghadapi Jerman tersebut, Fati masih berusia 17 tahun, 10 bulan dan 3 hari. Penyerang sayap ini jelas digadang-gadang menjadi penerus para bintang Spanyol. Bahkan Fati juga tercatat sebagai pencetak gol termuda timnas Spanyol.

2. Bojan Krkic

6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!dreamteamfc.com

Pemegang rekor pemain termuda dalam sejarah timnas Spanyol di abad 21 adalah Bojan Krkic. Pemain berposisi second striker ini menjalani debut pada 10 September 2008. Saat itu timnas Spanyol menjalani laga kualifikasi Piala Dunia melawan Armenia. Dalam pertandingan tersebut, Krkic masih berusia 18 tahun dan 13 hari.

Meskipun kariernya sempat bersinar bersama Barcelona, penampilannya terus menurun dan kini bermain MLS. Pertandingan melawan Armenia tersebut menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Krkic bersama timnas Spanyol.

3. Cesc Fabregas

6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!skysports.com

Kualitas Cesc Fabregas tentu saja sudah tidak diragukan kualitasnya bahkan sejak ia masih belasan tahun. Pemain gelandang ini debut bersama timnas Spanyol saat menghadapi Pantai Gading dalam laga persahabatan. Pada pertandingan yang digelar 1 Maret 2006 tersebut, Fabregas masih berusia 18 tahun, 9 bulan dan 25 hari.

Hingga kini pemain 33 tahun tersebut telah membela timnas Spanyol dalam 110 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya, ia menorehkan 15 gol dan 36 assist serta berbagai gelar bergengsi. 

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!

4. Sergio Ramos

6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!goal.com

Sebelum Cesc Fabregas dan Bojan Krkic, Sergio Ramos lebih dulu mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang debut bersama timnas Spanyol di abad 21. Bek tangguh Real Madrid ini tampil pertama kali bersama timnas Spanyol saat laga persahabatan menghadapi China.

Pada laga yang digelar 26 Maret 2005 tersebut, Ramos masih berusia 18 tahun, 11 bulan dan 24 hari. Hingga kini pemain 34 tahun tersebut masih menjadi andalan timnas Spanyol. Ramos telah mencatatkan 177 caps dengan torehan 23 gol dan 7 assist. Bahkan Ramos beberapa kali dipercaya sebagai kapten. 

5. Munir El Haddadi

6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!espn.com

Pemain berikutnya merupakan penyerang sayap yakni Munir El Haddadi. Pemain lulusan La Masia tersebut menjalani debut pada 8 September 2014. Saat itu timnas Spanyol menjalani laga menghadapi Macedonia dalam kualifikasi Euro. Dalam pertandingan tersebut, Munir masih berusia 19 tahun dan 7 hari.

Laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Munir bersama timnas Spanyol hingga saat ini. Ia masih berkesempatan mendapat kesempatan tampil karena masih berusia 24 tahun. Saat ini Munir membela klub LaLiga yakni Sevilla. 

6. Mikel Oyarzabal

6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!90min.com

Pemain termuda kelima yang tampil bersama timnas Spanyol adalah Mikel Oyarzabal. Penyerang kiri tersebut menjalani debut pada 29 Mei 2016 saat timnas Spanyol menghadapi Bosnia-Herzegovina. Dalam laga persahabatan tersebut, Oyarzabal masih berusia 19 tahun, 1 bulan dan 8 hari. Secara total, pemain yang kini berusia 23 tahun tersebut telah membela timnas Spanyol dalam 7 pertandingan.

Dari penampilannya tersebut Oyarzabal berhasil mencetak 2 gol serta 1 assist. Sama seperti Munir El Haddadi, Oyarzabal tentu saja masih berkesempatan menambah jumlah tampil bersama timnas Spanyol karena usianya masih cukup muda.

Nama-nama tersebut tentu saja sudah dikenal publik sepak bola. Ramos dan Fabregas menjadi salah satu contoh pemain sukses setelah debut di usia belia bersama timnas Spanyol. Akankah Fati sanggup menjadi tumpuan timnas Spanyol di masa mendatang?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya