Comscore Tracker

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Era Vicente Del Bosque, Bersinar?

Ada yang sukses, ada yang gagal

Spanyol menjadi negara yang memiliki prestasi sepak bola cukup mentereng. Salah satu pelatih yang sukses membawa Spanyol berjaya adalah Vicente Del Bosque. Kehebatannya selama melatih timnas Spanyol sudah tak perlu diragukan lagi.

Pelatih asal Spanyol ini meraih berbagai gelar bergengsi bersama Negeri Matador. Del Bosque menangani Timnas Spanyol sejak Juli 2008 hingga Juni 2016.

Tak hanya mengandalkan pemain berlabel bintang yang sudah teruji, ia juga memainkan pemain muda potensial. Tak sedikit pemain muda yang debut bersama timnas Spanyol menjadi bintang sepak bola ternama. Lalu, siapa pemain termuda yang debut bersama Timnas Spanyol di era Vicente Del Bosque? Berikut ulasannya.

1. Bojan Krkic

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Era Vicente Del Bosque, Bersinar?dreamteamfc.com

Debutan termuda timnas Spanyol di era Vicente del Bosque adalah Bojan Krkic. Pemain berposisi second striker ini menjalani debut pada 10 September 2008. Saat itu, timnas Spanyol menjalani laga kualifikasi Piala Dunia melawan Armenia. Dalam pertandingan tersebut, Krkic yang dimainkan Del Bosque masih berusia 18 tahun dan 13 hari.

Meskipun kariernya sempat bersinar bersama Barcelona, penampilannya terus menurun. Kini, ia berstatus tanpa klub setelah terakhir bermain di MLS. Pertandingan melawan Armenia tersebut menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Krkic bersama timnas Spanyol.

2. Munir El Haddadi

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Era Vicente Del Bosque, Bersinar?espn.com

Pemain berikutnya merupakan penyerang sayap yakni Munir El Haddadi. Pemain lulusan La Masia tersebut diberi kesempatan debut oleh Del Bosque pada 8 September 2014. Saat itu, timnas Spanyol menjalani laga menghadapi Macedonia dalam kualifikasi Euro. Dalam pertandingan tersebut, Munir masih berusia 19 tahun dan 7 hari.

Laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Munir bersama timnas Spanyol hingga saat ini. Bahkan, kini Munir berstatus sebagai warga negara Maroko. Saat ini pemain 25 tahun itu membela klub LaLiga yakni Sevilla. 

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Timnas Spanyol Dua Dekade Terakhir, Ada Ansu Fati!

3. Mikel Oyarzabal

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Era Vicente Del Bosque, Bersinar?90min.com

Pemain termuda berikutnya yang diberi kesempatan debut oleh Del Bosque bersama timnas Spanyol adalah Mikel Oyarzabal. Penyerang kiri tersebut menjalani debut pada 29 Mei 2016 saat timnas Spanyol menghadapi Bosnia-Herzegovina.

Dalam laga persahabatan tersebut, Oyarzabal masih berusia 19 tahun, 1 bulan dan 8 hari. Secara total, pemain yang kini berusia 23 tahun tersebut telah membela timnas Spanyol dalam 11 pertandingan.

Dari penampilannya tersebut Oyarzabal berhasil mencetak 4 gol serta 1 assist. Oyarzabal tentu saja masih berkesempatan menambah jumlah tampil bersama timnas Spanyol karena usianya masih cukup muda. Apalagi penampilannya terus meningkat bersama Real Sociedad.

4. Iker Muniain

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Era Vicente Del Bosque, Bersinar?sportsmole.co.uk

Pemain berikutnya yaitu Iker Muniain yang sangat setia berseragam Athletic Bilbao. Pemain gelandang ini debut bersama timnas Spanyol saat menghadapi Venezuela dalam laga persahabatan.

Pada pertandingan yang digelar 29 Februari 2012 tersebut, Muniain masih berusia 19 tahun, 2 bulan dan 10 hari. Hingga kini, pemain 28 tahun tersebut baru membela timnas Spanyol dalam 2 pertandingan di semua kompetisi.

Ia sebenarnya sempat digadang-gadang bakal menjadi pemain bintang. Namun, akhirnya performanya tak terlalu menonjol dan jarang dipanggil timnas Spanyol.

5. Gerard Deulofeu

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Era Vicente Del Bosque, Bersinar?goal.com

Pemain terakhir yang juga diberikan debut oleh Vicente Del Bosque saat usia muda adalah Gerard Deulofeu. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini tampil pertama kali bersama timnas Spanyol saat laga persahabatan menghadapi Bolivia.

Pada laga yang digelar 30 Mei 2014 tersebut, Deulofeu masih berusia 20 tahun, 2 bulan dan 17 hari. Kini pemain 27 tahun tersebut sudah jarang mendapat panggilan timnas Spanyol. Deulofeu hanya mencatatkan 4 caps dengan torehan 1 gol. Saat ini, ia membela Udinese setelah membela banyak klub Eropa lain.

 

Itulah lima debutan termuda timnas Spanyol di era Vicente Del Bosque. Tak semua pemain yang dimainkan saat usia muda bisa terus bersinar. Momen apa yang paling kamu ingat dari Del Bosque saat menangani timnas Spanyol?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya