Comscore Tracker

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke Liverpool

Ibrahima Konate menjadi rekrutan terbaru

Liverpool baru saja merampungkan kepindahan bek baru mereka, Ibrahima Konate. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu diboyong The Reds dari klub Bundesliga, RB Leipzig. Selama ditangani Jurgen Klopp, Liverpool memang sudah beberapa kali mendatangkan pemain dari Bundesliga.

Hal tersebut tak mengherankan karena Klopp cukup lama menangani klub Bundesliga sebelum ke Liverpool. Setidaknya, ada tujuh pemain termasuk Konate yang diboyong Klopp dari Bundesliga ke Liverpool. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Naby Keita dari RB Leipzig

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolNaby Keita (goal.com)

Salah satu pemain yang diboyong Jurgen Klopp dari klub Bundesliga ke Liverpool adalah Naby Keita. Pemain berkebangsaan Guinea itu berposisi sebagai gelandang. Pada musim 2018/19, The Reds merekrutnya dari RB Leipzig.

Saat itu Liverpool harus mengeluarkan dana sebesar 60 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun. Keita juga langsung menjadi andalan Klopp di lini tengah Liverpool dan masih bertahan hingga saat ini. Selama ditangani Klopp, pemain 76 pertandingan dengan torehan 7 gol dan 4 assist.

2. Ibrahima Konate dari RB Leipzig

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolIbrahima Konate (skysports.com)

Ibrahima Konate menjadi pemain terbaru yang didatangkan Jurgen Klopp dari klub Bundesliga ke Liverpool. Pemain berkebangsaan Prancis itu menjadi salah satu komoditas paling diburu saat ini. Dengan usianya yang masih 22 tahun, Konate tentu saja bisa menjadi andalan jangka panjang di lini belakang The Reds.

Demi memboyong Konate dari RB Leipzig, Liverpool mengeluarkan dana sebesar 40 juta euro atau setara dengan Rp697 miliar. Harga tersebut dinilai sepadan dengan performa yang ia tunjukkan saat berseragam Leipzig.

3. Thiago dari Bayern Munchen

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolThiago (eurosport.com)

Pada awal musim ini, Jurgen Klopp juga memboyong salah satu pemain dari klub Bundesliga. Pemain yang dimaksud yaitu Thiago Alcantara yang berposisi sebagai gelandang. Pemain berkebangsaan Spanyol ini diboyong The Reds dari raksasa Bundesliga, Bayern Munchen.

Tampil cukup baik bersama The Bavarians membuat Liverpool rela menggelontorkan dana 22 juta euro atau setara dengan 383 miliar demi dapatkan pemain 29 tahun tersebut. Ia menjadi andalan Klopp dengan catatan 30 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: Setelah Thiago, Kini Sadio Mane Terpapar COVID-19

4. Loris Karius dari Mainz 05 

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolLoris Karius (goal.com)

Pemain keempat ini menjadi rekrutan Jurgen Klopp pada musim panas 2016/17. Loris Karius, kiper yang tentunya sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Meskipun dikenal kerap blunder, kiper asal Jerman ini sempat menjadi andalan Klopp di bawah mistar gawang Liverpool.

Karius sendiri diboyong Klopp dari Mainz 05 dengan harga 6,2 juta euro atau setara dengan Rp108 miliar. Saat ini kiper berusia 27 tahun tersebut masih menjadi bagian Liverpool namun sedang dalam masa peminjaman di Union Berlin. Karius telah mencatatkan 49 pertandingan dengan catatan 47 kebobolan dan 22 clean sheet.

5. Ragnar Klavan dari Augsburg 

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolRagnar Klavan (skysports.com)

Masih dari lini belakang, berikutnya ada nama Ragnar Klavan yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain berkebangsaan Estonia tersebut didatangkan Klopp pada musim panas 2016/17. Liverpool mengeluarkan dana sebesar 5 juta euro atau setara dengan Rp87 miliar untuk merekrutnya dari Augsburg.

Pemain yang kini berusia 35 tahun itu hanya bertahan selama dua musim di Anfield. Ia kemudian hengkang ke Cagliari pada musim 2018/2019. Selama berseragam The Reds, ia mencatatkan 53 pertandingan di semua kompetisi.

6. Joel Matip dari Schalke 04 

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolJoel Matip (liverpoolfc.com)

Mempersiapkan musim baru 2016/17, Jurgen Klopp merekrut beberapa pemain. Selain dua pemain sebelumnya, ada juga Joel Matip yang hingga saat ini juga masih menjadi bagian Liverpool. Pemain berkebangsaan Kamerun tersebut didatangkan Klopp dari Schalke 04 secara gratis.

Meskipun gratis, Matip justru kerap menjadi andalan Klopp di lini belakang The Reds. Hingga saat ini, Matip telah mencatatkan 123 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini belakang, ia berkontribusi dengan mencetak 6 gol dan 3 assist. Pemain 29 tahun itu masih memiliki kontrak hingga Juni 2024.

7. Alexander Manninger dari Augsburg

7 Pemain yang Diboyong Klopp dari Bundesliga ke LiverpoolAlexander Manninger (liverpoolfc.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Alexander Manninger yang berposisi sebagai penjaga gawang. Jurgen Klopp sendiri mendatangkan kiper berkebangsaan Austria itu dari Augsburg. Transfer tersebut terjadi pada musim 2016/17 dan Liverpool mendapatkannya secara gratis.

Namun saat itu, Manninger sudah memasuki penghujung karier. Ia pun hanya bertahan di Anfield sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu pada tahun 2017. Bahkan hingga pensiun, Manninger tak sekalipun dimainkan oleh Klopp.

Jurgen Klopp tentu saja tahu betul kualitas pemain-pemain yang berlaga di Bundesliga. Meskipun tak semua rekrutannya berhasil, cukup banyak pemain dalam daftar ini yang memberikan kontribusi. Sebenarnya ada juga Ozan Kabak yang didatangkan dari Schalke 04, namun hanya sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga: Cari Pengganti Koeman, Barcelona Ternyata Juga Kejar Klopp

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya