Comscore Tracker

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!

Jonathan David terbaru!

Jupiler Pro League atau kompetisi kasta teratas liga Belgia ini mungkin kurang familier bagi pencinta sepak bola. Padahal liga yang satu ini telah menghasilkan banyak sekali bintang sepak bola yang kini menjadi andalan tim elite Eropa. Sebut saja Romelu Lukaku hingga Kevin De Bruyne merupakan contoh pemain jebolan Liga Belgia.

Mayoritas klub Belgia menjual pemain-pemain berbakat saat usianya masih muda. Terbaru ada Jonathan David yang dilepas KAA Gent dan dibeli LOSC Lille. Meskipun masih berusia 20 tahun, nilai transfer David mencatatkan rekor baru. Berikut daftar pemain termahal yang dijual klub liga Belgia hingga saat ini. 

1. Jonathan David - 32 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!twitter.com/losclive

Kepindahan Jonathan David ke LOSC Lille rupanya mencatatkan rekor baru. Nilai transfer pemain 20 tahun tersebut menjadi yang termahal dibanding pemain lain yang dijual klub liga Belgia. Tampil cukup baik bersama KAA Gent membuat LOSC Lille tak ragu menggelontorkan dana hingga 32 juta euro untuk dapatkan pemain Kanada tersebut.

2. Wesley - 25 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!avfc.co.uk

Sebelum dipecahkan Jonathan David, Wesley menjadi salah satu pemegang rekor dalam daftar ini. Pemain asal Brasil tersebut hijrah dari Club Brugge ke Aston Villa pada awal musim ini. Saat direkrut, penyerang ini masih berusia 22 tahun dan ditebus Aston Villa dengan mahar sebesar 25 juta euro.

3. Youri Tielemans - 25 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!skysports.com

Sama seperti Wesley, Youri Tielemans juga mencatatkan nilai transfer sebesar 25 juta euro saat pindah dari liga Belgia. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut hijrah dari RSC Anderlecht dan bergabung dengan AS Monaco pada musim 2017/2018. Saat itu usia gelandang ini masih berusia 20 tahun dan potensinya berkembang pesat hingga kini menjadi andalan Leicester City.

4. Victor Osimhen - 22,4 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!transfermarkt.com

LOSC Lille merekrut Jonathan David bukanlah tanpa alasan, klub Ligue 1 tersebut baru saja menjual Victor Osimhen. Sebelum dijual, Osimhen juga merupakan pemain yang dibeli Lille dari liga Belgia. Tepatnya pemain Nigeria tersebut dibeli Lille dari RSC Charleroi pada musim 2019/2020 dengan harga 22,4 juta euro. Kesuksesan Osimhen musim ini tentu saja membuat Lille tak ragu mendatangkan bintang muda dari liga Belgia.

5. Marouane Fellaini - 21,76 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!liverpoolecho.co.uk

Marouane Fellaini mungkin menjadi nama yang paling familier dalam daftar ini. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut pernah membela Everton dan Manchester United. The Toffees menjadi tim yang menemukan bakat gelandang kribo tersebut. Pada musim 2008/2009, Everton merekrut Fellaini dari Standard Liege dengan harga 21,76 juta euro. Saat direkrut Fellaini masih berusia 20 tahun.

Baca Juga: Marouane Fellaini Susul Jose Mourinho ke Tottenham Hotspur?

6. Sander Berge - 21,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!premierleague.com

Tim promosi Premier League yang tampil sensasional musim ini yakni Sheffield United juga menggunakan jasa pemain jebolan liga Belgia. Sheffield merekrut Sander Berge pada awal musim ini dari KRC Genk. Gelandang asal Norwegia tersebut masih berusia 21 tahun dan ditebus Sheffield dengan mahar 21,5 juta euro.

7. Leandro Trossard - 20 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!premierleague.com

Klub Premier League lainnya yakni Brighton juga merekrut pemain KRC Genk pada awal musim ini. Leandro Trossard menjadi pemain baru Brighton yang diboyong dari liga Belgia. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut masih berusia 24 tahun saat direkrut. Dengan usianya yang masih cukup muda, penyerang sayap ini dilepas Genk dengan mahar 20 juta euro.

8. Aleksandar Mitrovic - 18,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!irishtimes.com

Pada musim 2015/2016, Newcastle United merekrut Aleksandar Mitrovic dari klub liga Belgia, yakni RSC Anderlecht. Saat itu usia pemain asal Serbia tersebut masih berusia 20 tahun. Menjadi striker muda yang potensial, Mitrovic diboyong Newcastle dengan harga 18,5 juta euro. Saat ini ia masih membela klub Inggris lainnya yakni Fulham.

9. Arnaut Danjuma - 18 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!premierleague.com

Klub Premier League tampaknya cukup gemar merekrut pemain potensial dari liga Belgia. Salah satunya yaitu Bournemouth yang mendatangkan Arnaut Danjuma dari Club Brugge pada awal musim ini. Pemain berkebangsaan Belanda tersebut diboyong The Boro dengan harga 18 juta euro. Danjuma juga masih berusia cukup muda saat direkrut, yakni berusia 22 tahun.

10. Sergej Milinkovic-Savic - 18 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!goal.com

Sergej Milinkovic-Savic menjadi salah satu gelandang terbaik yang berlaga di Serie A bersama Lazio. Biancocelesti memboyong pemain Serbia tersebut dari KRC Genk pada musim 2015/2016. Saat itu Milinkovic-Savic masih berusia 20 tahun dan ditebus Lazio dengan harga sebesar 18 juta euro. 

Itulah 10 pemain termahal yang dijual klub liga Belgia. Dengan banyaknya pemain muda yang direkrut klub liga top Eropa, tak heran jika liga Belgia pantas disebut gudangnya bakat muda.

Baca Juga: Juventus Inginkan Sergej Milinkovic-Savic Jika Gagal Datangkan Pogba

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya