8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!

Sudah tahu beberapa fakta Blaugrana ini?

Jika mendengar kata Barcelona, tentu saja hal yang terpikirkan adalah tentang sepak bola. Hal tersebut cukup wajar karena klub asal Spanyol ini cukup sukses dan sangat populer di dunia. Nama lengkapnya adalah Football Club Barcelona atau biasa disingkat FCB.

Klub ini baru saja merayakan hari jadinya yang ke-121 pada 28 November 2020. Sebagai klub yang telah lama berkiprah di kompetisi domestik maupun mancanegara, Barca tentu saja memiliki banyak fakta menarik. Tak banyak orang yang tahu lebih dalam tentang Blaugrana. Berikut kami sajikan beberapa fakta menarik Barcelona yang harua kamu ketahui.

1. Didirikan oleh orang non-Spanyol

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!fcbarcelona.cat

Barcelona adalah klub yang bermarkas di Spanyol, namun ternyata sang pendiri klub ini bukan orang Spanyol. Sosok dibalik berdirinya Barca adalah Joan Gamper yang berasal dari Swiss. Gamper pergi ke Spanyol untuk urusan bisnis dengan orang Inggris dan Spanyol. Karena sama-sama menyukai sepak bola, mereka mendirikan klub sepak bola yakni Barcelona pada 28 November 1989. Tak hanya sebagai pendiri, Gamper juga berstatus sebagai pemain hingga 1903.

2. Fakta unik jersey

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!fcbarcelona.cat

Sejak awal berdiri Barcelona menggunakan jersey dengan warna merah-biru. Ternyata hal itu terinspirasi dari jersey milik FC Basel, klub Swiss yang juga disukai sang pendiri, yakni Joan Gamper. Julukan Blaugrana juga berarti warna jersey mereka, yakni biru merah. Barca sempat menolak untuk memasang sponsornya di Jersey hingga tahun 2006. Hingga akhirnya Unicef mengakhiri kepolosan jersey El Barca.

3. Memiliki stadion terbesar di Eropa

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!fcbarcelona.com

Sebagai klub besar, Barcelona juga memiliki markas yang tak kalah megah. Camp Nou menjadi rumah El Barca sejak tahun 1957. Awalnya stadion ini memiliki kapasitas mencapai 121.000 penonton. Namun demi keamanan, Camp Nou direnovasi dan saat ini bisa menampung 99.000 penonton. Meskipun demikian, kandang Blaugrana ini tetap menjadi stadion terbesar di Eropa. 

4. Raihan trofi

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!twitter.com/BarcaUniversal

Sementara untuk urusan trofi, Barcelona sudah tak diragukan lagi. Jumlah trofi mereka memiliki jumlah trofi yang sama dengan rival abadi, Real Madrid. Hal tersebut membuat Barca menjadi klub Spanyol kedua dengan trofi terbanyak saat ini dengan raihan 91 trofi. Di antaranya ada 26 gelar LaLiga, 30 gelar Copa Del hingga 5 gelar Liga Champions.

Baca Juga: 7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messi

5. Pernah dua kali trebel winner

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!en.as.com

Barcelona juga menjadi salah satu klub yang pernah meraih dua kali trebel winner dalam satu musim. Selain Barca, hanya Bayern Munchen yang pernah melakukannya. El Barca sukses menggondol 3 trofi dalam satu musim pada 2008/2009 serta 2014/2015. Di mana mereka berhasil menjuarai tiga ajang mayor, yakni Copa del Rey, LaLiga dan Liga Champions.

6. Pemain paling diandalkan

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!fcbarcelona.com

Telah menginjak usia 121 tahun, tentu saja sudah sangat banyak pemain yang membela Barcelona. Di antara banyaknya pemain yang berseragam El Barca, Xavi Hernandez menjadi pemain paling diandalkan. Di mana pemain asal Spanyol ini mencatatkan 767 pertandingan di semua kompetisi. Xavi mengungguli Lionel Messi yang saat ini masih aktif bermain dan telah membela Barca dalam 743 pertandingan.

7. Top skor klub sepanjang sejarah

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!fcbarcelona.com

Sementara untuk top skor sepanjang masa klub, Lionel Messi menjadi rajanya. Raihan mega bintang Argentina ini tampaknya akan sangat sulit dikejar pemain lain. Di mana Messi telah menggelontorkan 641 gol di semua kompetisi hingga saat ini. Jumlah tersebut jauh mengungguli pemain-pemain lain, di mana Luis Suarez yang berada di posisi kedua telah mencetak 195 gol.

8. Klub dengan peraih Ballon d'Or terbanyak

8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!fcbarcelona.com

Barcelona benar-benar menjadi klub yang tak bis dianggap remeh. Di ajang Ballon d'Or, yakni ajang penghargaan pemain terbaik, Barcelona menjadi klub dengan torehan terbanyak. Di mana hingga saat ini, pemain Barcelona telah meraih 12 trofi Ballon d'Or. Dengan rincian Lionel Messi 6 kali, Johan Cruyff 2 kali, Ronaldinho 1 kali, Rivaldo 1 kali, Hristo Stoichkov 1 kali dan Luis Suarez 1 kali.

Kehebatan Barcelona memang sudah tak diragukan lagi. Klub Catalan ini cukup konsisten bersaing di papan atas LaLiga bahkan mancanegara. Selamat hari jadi ke-121 Barcelona!

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya