Comscore Tracker

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020

Sudah banyak rekor tercipta di penyisihan grup!

Babak penyisihan grup Piala Eropa 2020 telah berakhir dengan pertarungan Grup F menjadi penutup. Sebanyak 16 tim telah memastikan tiket ke babak berikutnya. Sementara 8 tim lainnya harus angkat koper lebih cepat dari gelaran 4 tahunan ini.

Sejauh ini tidak banyak kejutan yang terjadi, di mana tim-tim unggulan melenggang mulus ke babak berikutnya. Dari 36 pertandingan yang telah berlangsung, ada beberapa catatan menarik yang terjadi. Beberapa pemain hingga tim mencatatkan rekor baru. Berikut fakta menarik dari babak penyisihan grup Piala Eropa 2020. 

1. Italia menyamai rekor kemenangan beruntun terpanjang mereka di semua kompetisi

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Timnas Italia (en.as.com)

Italia berhasil meraih tiga kemenangan dalam babak penyisihan grup di Piala Eropa 2020. Sebelum tiga pertandingan itu, ternyata Gli Azzurri telah meraih 27 kemenangan beruntun. Secara total, Italia telah meraih 30 kemenangan beruntun di semua kompetisi. Hal itu menyamai rekor kemenangan beruntun mereka yang telah bertahan selama 82 tahun. Tepatnya antara tahun 1935 dan 1939.

2. Belanda menjadi satu-satunya tim yang meraih tiga kemenangan di grup dalam tiga edisi Piala Eropa

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Timnas Belanda (twitter.com/Dirono)

Belanda juga menjadi salah satu tim yang meraih tiga kemenangan di babak grup. Mereka mengalahkan Ukraina, Austria dan Makedonia Utara. Hal itu berarti Belanda memenangkan semua pertandingan grup mereka di Piala Eropa untuk ketiga kalinya. Di mana sebelumnya juga pernah terjadi di edisi tahun 2000 dan 2008. Catatan itu juga menjadi yang terbanyak dibanding semua tim.

3. Inggris menjadi tim dengan gol paling sedikit yang memuncaki grup di Piala Eropa

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020enfieldindependent.co.uk

Inggris berhasil tiga kali memuncaki grup di Piala Eropa. Dalam gelaran kali ini, mereka hanya mencetak dua gol dalam tiga pertandingan. Pasukan Gareth Southgate pun menjadi tim dengan gol paling sedikit yang memuncaki grup dalam sejarah Piala Eropa.

4. Piala Eropa 2020 telah tercipta gol bunuh diri sebanyak lima edisi sebelumnya jika digabungkan

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Gol bunuh diri di Piala Eropa 2020 (twitter.com/goal)

Dalam gelaran Piala Eropa 2020 kali ini, cukup banyak gol yang tercipta akibat gol bunuh diri. Martin Dubravka, Merih Demiral, Wojciech Szczesny, Ruben Dias, Raphael Guerreiro, Mats Hummels dan Lukas Hradecky menjadi nama-nama yang mencetak gol bunuh diri di turnamen ini.

Total 7 gol bunuh diri di Piala Eropa 2020 sejauh ini dan sama dengan jumlah total gol bunuh diri yang tercatat di lima Piala Eropa sebelumnya. Dengan rincian satu pada 2000, dua pada 2004, tidak ada pada 2008, satu pada 2012 dan tiga pada 2016.

Baca Juga: Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

5. Kemenangan 5-0 Spanyol atas Slovakia menjadi yang kemenangan dengan selisih terbesar di Piala Eropa

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Potret laga saat Spanyol melawan Slovakia (twitter.com/SeFutbol)

Pada pertandingan terakhir grup, Spanyol mengamuk dengan mengalahkan Slovakia 5 gol tanpa balas. Kemenangan itu membuat La Roja menjadi margin kemenangan terbesar dalam sejarah Piala Eropa.

6. Portugal Vs Prancis menjadi laga dengan gol penalti terbanyak dalam satu pertandingan di Piala Eropa

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Karim Benzema (twitter.com/iF2is)

Cristiano Ronaldo membuka skor untuk Portugal dari titik putih, Karim Benzema merespons dengan tendangan penalti juga. Di babak kedua, Ronaldo menyelamatkan timnya dengan mencetak gol penalti keduanya dalam pertandingan itu. Catatan itu menjadi yang pertama, di mana ada tiga gol penalti dalam satu pertandingan Piala Eropa.

7. Tercipta rekor gol terbanyak dalam sehari di Piala Eropa sepanjang sejarah 

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Potret laga saat Spanyol melawan Slovakia (twitter.com/SeFutbol)

Pada hari terakhir pertandingan penyisihan grup Piala Eropa 2020, ada empat pertandingan sekaligus yang digelar dalam sehari. Tepatnya pada Rabu (23/6/2021) waktu setempat, di mana ada 18 gol tercipta. Rinciannya yaitu 5 gol dalam laga Spanyol vs Slovakia, 5 gol saat Swedia vs Polandia, 4 gol saat Portugal vs Prancis dan 4 gol saat Jerman vs Hungaria. 

8. Martin Dubravka menjadi penjaga gawang pertama yang gagalkan penalti dan mencetak gol bunuh diri di pertandingan Piala Eropa

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Potret laga Spanyol melawan Slovakia (twitter.com/FootballJOE)

Setelah menggagalkan tendangan penalti Alvaro Morata saat menghadapi Spanyol, Martin Duvravka justru memasukkan satu gol ke gawangnya sendiri untuk memberi Spanyol keunggulan. Hal tersebut membuat penjaga gawang Slovakia itu menjadi kiper pertama dalam sejarah Piala Eropa yang menggagalkan penalti dan mencetak gol bunuh diri di pertandingan yang sama.

9. Denmark menjadi tim pertama yang lolos ke fase gugur Piala Eropa setelah kalah dalam dua pertandingan pertama

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Timnas Denmark (twitter.com/iF2is)

Tanpa satu poin yang diraih hingga pertandingan terakhir grup, Denmark harus mengalahkan Rusia dan berharap Belgia mengalahkan Finlandia. Itulah tepatnya yang terjadi pada hari terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa 2020. Ternyata itu hal pertama, di mana sebuah tim maju ke babak gugur Piala Eropa setelah kehilangan dua pertandingan pembuka mereka.

10. Cristiano Ronaldo mencatatkan sejarah baru dari golnya yang dicetak di Piala Eropa 2020

10 Fakta Menarik dari Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo (goal.com)

Dsri tiga pertandingan grup, Cristiano Ronaldo telah mencetak 5 gol. Dua golnya saat melawan Hungaria membuatnya melewati Michel Platini dan menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa dengan 11 gol. Sementara dua golnya saat menghadapi Prancis, Ronaldo menyamai rekor gol terbanyak legenda Iran Ali Daie 109 di sepak bola internasional, yakni 109 gol.

Ada banyak hal yang terjadi dari babak penyisihan grup Piala Eropa 2020 kali ini. Beberapa catatan itu mungkin akan bertambah di babak gugur. Mungkin ada catatan menarik lain yang belum masuk dalam daftar ini. Kalau kamu tahu, tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 8 Tim yang Dipastikan Tersingkir dari Piala Eropa 2020, Ada Kejutan?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya