5 Fakta Menarik Tentang Piala Eropa 2020 yang Harus Kamu Tahu

Bakal digelar di 11 kota dan negara yang berbeda, lho!

Setelah menikmati drama kompetisi Eropa musim 2020/2021, penggemar sepak bola akan kembali dimanjakan dengan tontonan pertandingan yang tak kalah menarik. Piala Eropa 2020 tinggal menghitung hari, tepatnya akan mulai digelar pada 11 Juni atau 12 Juni 2021 waktu Indonesia.

Sejatinya turnamen ini dijadwalkan pada Juni-Juli tahun 2020. Namun adanya pandemi COVID-19 membuat gelaran Piala Eropa batal digelar dan diundur hingga tahun 2021 ini. Untuk menyambut gelaran Piala Eropa 2020, ada beberapa fakta menarik yang harus kamu tahu tentang Piala Eropa 2020 ini!

1. Piala Eropa edisi ke-16

5 Fakta Menarik Tentang Piala Eropa 2020 yang Harus Kamu TahuSpanyol juara Piala Eropa 2006 (marca.com)

Mungkin tak banyak yang tahu jika Piala Eropa kali ini bakal menjadi edisi ke-16 dalam sejarah. Ajang Piala Eropa sendiri pertama kali digelar pada tahun 1960. Saat itu, Prancis menjadi tuan rumah dan Uni Soviet keluar sebagai juara. Hingga saat ini, baru ada 10 negara yang berhasil menjadi juara Piala Eropa.

Di mana Spanyol dan Jerman (dulu dikenal dengan Jerman Barat) menjadi negara tersukses sejauh ini dengan masing-masing meraih 3 trofi. Tak hanya edisi ke-16, turnamen yang bertajuk Euro 2020 ini juga bakal menjadi peringatan 60 tahun ajang ini. 

2. Bakal ada 11 tuan rumah

5 Fakta Menarik Tentang Piala Eropa 2020 yang Harus Kamu TahuTuan rumah Piala Eropa 2020 (uefa.com)

Tak seperti biasanya, ajang Piala Eropa kali ini bakal ada 11 tuan rumah. Hal ini juga untuk menyambut peringatan 60 tahun dari Piala Eropa itu sebdiri. Sebenarnya, pihak penyelenggara menyiapkan 12 kota untuk menggelar Piala Eropa 2020. Namun menyusul keadaan saat ini, ada beberapa perubahan.

Di mana Dublin di coret, sementara Bilbao digantikan oleh kota Sevilla. Ke-11 kota yang bakal menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020 adalah London (Inggris), Baku (Azerbaijan), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Kopenhagen (Denmark), Glasgow (Skotlandia), dan Sevilla (Spanyol).

Baca Juga: 5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020

3. Akan diikuti 24 tim peserta

Gelaran Piala Eropa 2020 akan tetap diikuti oleh 24 tim peserta. Seperti yang kita tahu, ketentuan ini mulai diberlakukan sejak Piala Eropa Prancis 2016. Pada edisi sebelumnya, Piala Eropa diikuti oleh 16 tim. Hal ini merupakan ketentuan yang cukup positif.

Selain untuk menambah keseruan, adanya kuota 24 tim juga memberikan peluang bagi negara-negara yang kurang berprestasi untuk ambil bagian. Nantinya, ke-24 tim itu akan dibagi ke dalam 6 grup dengan masing-masing grup diisi 4 tim.

4. Ada 2 tim debutan di Piala Eropa 2020

5 Fakta Menarik Tentang Piala Eropa 2020 yang Harus Kamu TahuFinlandia (skysports.com)

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, adanya penambahan kuota tim peserta berdampak positif untuk negara-negara yang kurang berprestasi di bidang sepak bola. Pada gelaran Piala Eropa 2020 ini, ada dua tim yang bakal menjalani debut.

Kedua tim yang dimaksud yaitu Finlandia dan Makedonia Utara. Finlandia berhasil melaju ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah menjadi runner-up di grup J saat kualifikasi. Sementara itu, Makedonia Utara harus melalui tahap play-off untuk bisa berpartisipasi di Piala Eropa 2020.

5. Arena yang akan menggelar partai puncak

5 Fakta Menarik Tentang Piala Eropa 2020 yang Harus Kamu TahuWembley Stadium (uefa.com)

Dari 11 kota yang bakal menjadi tuan rumah, London menjadi arena untuk menggelar partai puncak, tepatnya di Stadion Wembley. Final Piala Eropa 2020 kali ini bakal digelar pada 11 Juli nanti.

Bagi Stadion Wembley sendiri, hal ini akan menjadi kesempatan kedua untuk menggelar final Piala Eropa setelah sebelumnya pada edisi tahun 1996. Selain menggelar partai final, Wembley juga akan menjadi tempat pertarungan grup G dan juga dua laga partai semifinal.

Piala Eropa 2020 akan menjadi sajian menarik di tengah jeda kompetisi sepak bola Eropa. Ajang ini bakal menjadi arena pertarungan pesepak bola terbaik Eropa dari masing-masing peserta. Tim mana yang menjadi jagoanmu?

Baca Juga: Absen Lama, 5 Pemain Ini Kembali Perkuat Timnas Negaranya di Euro 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya