Comscore Tracker

Mengenal Finlandia, Debutan yang Siap Mengejutkan Piala Eropa 2020

Teemu Pukki jadi pemain andalan!

Gelaran Piala Eropa 2020 akhirnya mulai berjalan dengan Turki vs Italia menjadi laga pembuka. Dalam gelaran kali ini, ada beberapa tim yang akan menjalani debut mereka di ajang Piala Eropa, yakni Makedonia Utara dan Finlandia. Untuk Finlandia, mereka akan menjalani debut pada Sabtu (12/6/2021) waktu setempat.

Mereka akan menghadapi Denmark di grup B. Selain Denmark, Finlandia juga akan bertanding melawan tim grup B lainnya, yakni Belgia dan Rusia. Untuk mengenal lebih dalam tentang sepak bola Finlandia, simak ulasan berikut, ya!

1. Perjuangan Finlandia di babak kualifikasi

Mengenal Finlandia, Debutan yang Siap Mengejutkan Piala Eropa 2020Tim Nasional Finlandia (fifa.com)

Finlandia akhirnya bisa merasakan turnamen bergengsi seperti Piala Eropa. Mereka mungkin tak memiliki target khusus selain melangkah sejauh mungkin di Piala Eropa 2020. Finlandia telah bersusah payah mencatatkan 6 kemenangan pada babak grup kualifikasi Piala Eropa 2020.

Hasil itu membuat mereka menjadi runner-up di Grup J di bawah Italia. Hal itu cukup mengantarkan Huuhkajat lolos ke turnamen secara langsung. Teemu Pukki menjadi andalan sepanjang kualifikasi dengan catatan 10 gol.

2. Mengenal sang pelatih, Markku "Rive" Kanerva

Mengenal Finlandia, Debutan yang Siap Mengejutkan Piala Eropa 2020Markku "Rive" Kanerva (twitter.com/Huuhkajat)

Di balik kesuksesan tim, ada sosok pelatih Markku "Rive" Kanerva. Dia merupakan mantan pemain profesional yang pernah memperkuat Timnas Finlandia dan juga pernah menjadi seorang guru. Atas kesuksesannya sejauh ini, media Finlandia kerap menyebut kemajuan sepak bola Finlandia sebagai "Rivelution".

Kanerva dinilai sebagai pelatih yang mengerti para pemain dan menggunakannya strategi sepak bola yang simpel untuk meraih kesuksesan. Hal itu juga diamini oleh sang penyerang andalan, Teemu Pukki. Dia mengatakan bahwa Kanerva mengenal banyak pemain dengan sangat baik dan telah menumbuhkan rasa semangat yang besar.

Baca Juga: Siapa Motor Serangan Belgia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020?

3. Masa depan cerah sepak bola Finlandia 

Mengenal Finlandia, Debutan yang Siap Mengejutkan Piala Eropa 2020Anak-anak bermain sepak bola di Finlandia (uefa.com)

Selain Pukki sebagai andalan di lini depan dan Kanerva sebagai pelatih, Finlandia juga memiliki nama lain yang juga cukup berjasa. Nama tersebut di antaranya ada Glen Kamara yang jadi bagian kesuksesan Rangers FC, Marcus Fross yang memperkuat Brentford, hingga Lukas Hradecky yang cukup kokoh mengawal gawang Bayer Leverkusen.

Dalam hal lain, Finlandia juga telah membidik rencana jangka panjang untuk sepak bola mereka. Mereka mulai meningkatkan fasilitas olahraga untuk usia muda, di antaranya dengan menyediakan tempat latihan indoor mengingat faktor iklim dan cuaca.

4. Sempat menjadi bahan olokan para fans

Mengenal Finlandia, Debutan yang Siap Mengejutkan Piala Eropa 2020Fans Timnas Finlandia (bbc.co.uk)

Publik sepak bola Finlandia sempat iri dan heran dengan pencapaian tim Skandinavia lainnya, yakni Islandia. Islandia berhasil lolos ke Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Belum lagi Islandia juga tampil hingga ke babak perempat final Piala Eropa 2016.

Karena buruknya pencapaian tim sepak bola Finlandia, sampai ada olok-olok dari para fans. Mereka menyebut bahwa negara lain pemainnya bermain sepak bola, Finlandia bermain Potkupallo yang artinya menendang bola tanpa punya tujuan.

5. Sekilas tentang sepak bola Finlandia

Mengenal Finlandia, Debutan yang Siap Mengejutkan Piala Eropa 2020Timnas Finlandia (skysports.com)

Bagi Finlandia, sebenarnya cukup mengherankan karena baru pertama kali tampil di turnamen bergengsi. Jika negara Makedonia Utara relatif baru berdiri pada 1991, Finlandia punya sejarah yang lebih panjang. Tim sepak bola Finlandia sudah terbentuk sejak 1907.

Mereka juga memiliki beberapa pemain top seperti Jari Litmanen dan Sami Hyypia. Namun, Finlandia selalu gugur di babak kualifikasi, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia. Saat ini Finlandia berada di peringkat 54 di ranking dunia FIFA.

 

Finlandia mungkin akan berstatus sebagai debutan, tapi tak akan yang menyangka jika nantinya mereka bisa lolos grup. Menurut kamu, sejauh mana Finlandia akan melaju di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Finlandia, Kariernya Cemerlang

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya