5 Gelandang Andalan Sir Alex Ferguson di Manchester United

Deretan legenda Setan merah!

Sir Alex Ferguson menjadi pelatih yang sangat dekat dengan Manchester United. Hal tersebut tak lepas dari sosok Fergie yang membawa United berjaya. Hingga saat ini, masih sulit bagi Setan merah untuk mencari pengganti pelatih asal Skotlandia itu. Sejak ditinggal Alex Ferguson pada tahun 2013 lalu, MU belum mampu meraih kejayaan khususnya di Premier League.

Ferguson merupakan pelatih yang kaya akan strategi permainan. Tak hanya itu, ia juga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki para pemain khususnya di posisi gelandang. Lini tengah memang menjadi kunci dalam sebuah pertandingan. Dengan memiliki gelandang-gelandang yang berkualitas, Fergie bisa menerapkan strateginya. Lantas siapa saja gelandang yang paling diandalkan Sir Alex Ferguson selama membesut Manchester United? Berikut ulasannya.

1. Ryan Giggs 

5 Gelandang Andalan Sir Alex Ferguson di Manchester Unitedmanutd.com/Dean Mouhtaropoulo/Getty Images

Gelandang paling diandalkan Sir Alex Ferguson selama di Manchester United adalah Ryan Giggs. Pemain asal Wales itu menjadi salah satu legenda yang dimiliki United. Lulusanakademi MU ini dipromosikan oleh Ferguson pada 1992/1993. Giggs dimainkan Fergie dalam 908 laga selama 23 musim berseragam Setan Merah.

Giggs juga meraih berbagai kesuksesan selama berada dalam asuhan Fergie. Di antaranya yaitu berhasil meraih gelar juara Premier League sebanyak 13 kali. Untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, ia mencatatkan 109 gol dan 162 assist. Giggs memutuskan gantung sepatu pada tahun 2014 atau emusim setelah sang pelatih pensiun.

2. Paul Scholes

5 Gelandang Andalan Sir Alex Ferguson di Manchester Unitedmanutd.com

Gelandang kedua ini juga menjadi salah satu legenda yang dimiliki Manchester United. Paul Scholes menjadi anak didik Sir Alex Ferguson selama 19 musim. Ia juga menjadi pemain yang dipromosikan Fergie pada musim 1994/1995 dan bertahan hingga musim 2012/2013. Uniknya, Scholes oernah mengumumkan pensiun pada musim 2011/2012, namun ia kembali merumput di paruh kedua.

Selamammenjadi anak asuh Fergie, Scholes tampil dalam 708 pertandingan di semua kompetisi. Gelandang berkebangsaan Inggris ini sukses mencetak 152 gol dan 73 assist. Scholes tentu saja turut mengantarkan MU meraih berbagai gelar bergengsi selama dilatih Alex Ferguson.

3. Roy Keane 

5 Gelandang Andalan Sir Alex Ferguson di Manchester Unitedmanutd.com

Gelandang ketiga yang menjadi andalan Sir Alex Ferguson saat menangani Manchester United adalah Roy Keane. Pemain berkebangsaan Irlandia ini membela United selama 13 musim, yaitu sejak 1993/1994 hingga Januari 2006. Keane yang berposisi sebagai gelandang bertahan dimainkan Fergie dalam 470 pertandingan.

Meskipun lebih fokus dalam memutus serangan lawan, Keane menorehkan 51 gol dan 29 assist. Ia berhasil mengantarkan Setan merah menjuarai Premier League sebanyak 7 kali, Piala FA sebanyak 4 kali, dan 1 trofi Liga Champions sebelum akhirnya hengkang. Keane memutuskan gantung sepatu pada tahun 2006 setelah membela Celtic selama setengah musim.

Baca Juga: 7 Pemain Afrika yang  Membela Manchester United Sebelum Amad Diallo

4. David Beckham 

5 Gelandang Andalan Sir Alex Ferguson di Manchester Unitedexpress.co.uk

Gelandang keempat ini tentu saja sudah sangat dikenal oleh penggemar sepak bola bahkan oleh masyarakat umum, yaitu David Beckham. Sama seperti Scholes dan Giggs, Beckham juga menjadi gelandang yang dipromosikan Fergie ke skuad Manchester United. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjadi bagian dari Setan merah selama 10 musim. Beckham menjadi andalan pelatih asal Skotlandia itu sejak musim 1993/1994 hingga 2002/2003.

Mantan pemain Real Madrid itu dimainkan Ferguson dalam 388 pertandingan. Sama seperti legenda United lainnya, Beckham juga turut menjadi bagian dalam kesuksesan Sir Alex meraih trofi bergengsi bersama United. Sepanjang kariernya bersama klub Manchester itu, ia berhasil menorehkan 85 gol dan 98 assist.

5. Nicky Butt

5 Gelandang Andalan Sir Alex Ferguson di Manchester Unitedmanchestereveningnews.co.uk

Gelandang terakhir yang juga sering dimainkan Sir Alex Ferguson di Manchester United adalah Nicky Butt. Pemain asal berkebangsaan Inggris ini merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Butt menjadi andalan Fergie selama 12 musim. Ia promosi ke tim utama United pada musim 1994/1995 hingga akhir hengkang pada musim 2003/2004.

Selama berseragam Setan merah, Butt dimainkan Fergie dalam 384 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2011 itu mencatatkan 26 gol dan 20 assist. Ia juga sukses mengantarkan MU menjuarai berbagai kompetisi seperti Premier League hingga Liga Champions.

Itulah lima gelandang yang paling diandalkan Sir Alex Ferguson selama menangani Manchester United. Para gelandang tersebut menjadi legenda United. Siapa gelandang MU favoritmu?

Baca Juga: 5 Kiper Manchester United Terbaik di Era Sir Alex Ferguson, Konsisten!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya