6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyak

Deretan legenda Setan Merah!

Manchester United menjadi salah satu klub elit Inggris yang penuh dengan prestasi. Hingga saat ini, mereka masih berstatus sebagai klub tersukses dalam sejarah Premier League.

Hal tersebut tentu saja tak lepas dari para pemainnya yang berkualitas. Khususnya dari lini tengah, United kerap diperkuat gelandang berkualitas.

Seperti halnya pada musim ini, di mana Setan Merah diperkuat gelandang top yakni Paul Pogba hingga Bruno Fernandes. Sebelum pemain-pemain tersebut, sudah banyak gelandang yang lebih dulu bersinar bersama United.

Mereka pun mencatatkan banyak pertandingan bersama United. Bagaimana kontribusi mereka? Berikut daftar gelandang dengan pertandingan terbanyak bersama Manchester United.

1. Ryan Giggs

6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyakmanutd.com/Chris Coleman/Getty Images

Gelandang dengan pertandingan terbanyak bersama Manchester United adalah Ryan Giggs. Pemain asal Wales itu menjadi salah satu legenda yang dimiliki United.

Lulusan akademi United ini promosi ke tim utama pada 1992/1993. Giggs membela Setan Merah dalam 930 pertandingan selama 24 musim.

Giggs juga meraih berbagai kesuksesan selama berada di Old Trafford. Di antaranya yaitu berhasil meraih gelar juara Premier League sebanyak 13 kali.

Untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, ia mencatatkan 162 gol dan 249 assist. Giggs memutuskan gantung sepatu pada tahun 2014.

2. Paul Scholes

6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyakmanutd.com

Gelandang kedua ini juga menjadi salah satu legenda yang dimiliki Manchester United. Paul Scholes menjadi bagian Setan Merah selama 19 musim. Ia juga menjadi pemain lulusan akademi yang promosi ke tim utama pada musim 1994/1995 dan bertahan hingga musim 2012/2013.

Uniknya, Scholes pernah mengumumkan pensiun pada musim 2011/2012, namun ia kembali merumput di paruh kedua. Selama membela United, Scholes tampil dalam 710 pertandingan di semua kompetisi.

Gelandang berkebangsaan Inggris ini sukses mencetak 152 gol dan 73 assist. Scholes tentu saja turut mengantarkan United meraih berbagai gelar bergengsi sepanjang kariernya.

3. Roy Keane

6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyakmanutd.com

Gelandang ketiga yang juga mencatatkan banyak pertandingan bersama Manchester United adalah Roy Keane. Pemain berkebangsaan Irlandia ini membela United selama 13 musim, yaitu sejak 1993/1994 hingga Januari 2006.

Keane yang berposisi sebagai gelandang bertahan membela United dalam 470 pertandingan. Meskipun lebih fokus dalam memutus serangan lawan, Keane menorehkan 51 gol dan 29 assist.

Ia berhasil mengantarkan Setan Merah menjuarai Premier League sebanyak 7 kali, Piala FA sebanyak 4 kali, dan 1 trofi Liga Champions sebelum akhirnya hengkang. Keane memutuskan gantung sepatu pada tahun 2006 setelah membela Celtic selama setengah musim.

Baca Juga: Sempat Diremehkan, 5 Pemain Ini Mampu Tampil Apik di Manchester United

4. Michael Carrick

6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyakgoal.com

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Michael Carrick yang baru gantung sepatu pada tahun 2018 lalu. Meskipun bukan lulusan akademi, Carrick juga cukup lama berseragam Manchester United. Setelah sempat membela West Ham United dan Tottenham Hotspur, ia bergabung dengan United pada musim 2006/2007.

Ia pun membela Setan Merah hingga akhir kariernya. Pemain berkebangsaan Inggris ini membela Setan Merah dalam 464 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini tengah, ia mencetak 23 gol serta memberikan 38 assist. Ia juga turut membawa United meraih beberapa gelar bergengsi.

5. David Beckham

6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyakexpress.co.uk

Gelandang kelima ini tentu saja sudah sangat dikenal oleh penggemar sepak bola bahkan oleh masyarakat umum, yaitu David Beckham. Sama seperti Scholes dan Giggs, Beckham juga menjadi lulusan akademi yang promosi ke skuad utama Manchester United. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjadi bagian dari Setan merah selama 10 musim.

Beckham membela klub masa kecilnya tersebut sejak musim 1993/1994 hingga 2002/2003. Mantan pemain Real Madrid itu membela United dalam 388 pertandingan.

Sama seperti legenda United lainnya, Beckham juga turut menjadi bagian dalam kesuksesan United meraih trofi bergengsi. Sepanjang kariernya bersama klub Manchester itu, ia berhasil menorehkan 85 gol dan 98 assist.

6. Nicky Butt

6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyakmanchestereveningnews.co.uk

Gelandang terakhir yang juga sering membela Manchester United adalah Nicky Butt. Pemain berkebangsaan Inggris ini merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Butt menjadi bagian Setan Merah selama 12 musim. Ia promosi ke tim utama United pada musim 1994/1995, hingga akhir hengkang pada musim 2003/2004. Selama berseragam United, Butt bermain dalam 384 pertandingan di semua kompetisi.

Dari penampilannya tersebut, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2011 itu mencatatkan 26 gol dan 20 assist. Ia juga sukses mengantarkan United menjuarai berbagai kompetisi seperti Premier League hingga Liga Champions.

 

Itulah enam gelandang dengan pertandingan terbanyak bersama Manchester United. Para gelandang tersebut tentu saja berperan penting dalam kesuksesan United. Siapa gelandang favoritmu?

Baca Juga: 5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya