Comscore Tracker

5 Gelandang Muda yang Berpotensi Meraih Ballon d'Or di Masa Depan

Akankah hal itu terwujud?

Ballon d'Or bisa dibilang sebagai penghargaan individu paling bergengsi dalam sepak bola. Namun penghargaan ini lebih didominasi oleh pemain depan. Pemain gelandang dan Bintang Real Madrid dan Kroasia, Luka Modric, memenangkan penghargaan ini pada 2018.

Tetapi, Ballon d'Or telah didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam beberapa dekade terakhir. Gelandang sangat jarang memenangkan Ballon d'Or, bahkan pemain kelas dunia seperti Xavi dan Andres Iniesta gagal meraihnya.

Setelah Messi dan Ronaldo mulai menurun, ada peluang bagi para pemain lain termasuk bek dan gelandang untuk meraihnya. Beberapa gelandang muda ini pun mungkin berpotensi meraih Ballon d'Or di masa mendatang. Siapa saja?

1. Nicolo Barella (Inter Milan)

5 Gelandang Muda yang Berpotensi Meraih Ballon d'Or di Masa DepanNicolo Barella (inter.it)

Nicolo Barella salah satu gelandang terbaik di Serie A musim lalu setelah berkembang pesat di bawah asuhan Antonio Conte. Barella awalnya bergabung dengan Inter Milan dengan status pinjaman dari Cagliari pada 2019 dan kemudian dipermanenkan. Pemain berusia 24 tahun itu tampil apik hingga membantu Inter meraih Scudetto.

Pemain gelandang itu memainkan peran penting saat Italia memenangkan Piala Eropa 2020 beberapa hari lalu. Pelatih Roberto Mancini secara konsisten memainkannya di turnamen tersebut. Meski dikaitkan dengan Liverpool dan Manchester United, Inter Milan telah menegaskan bahwa Barella tidak akan dijual.

2. Phil Foden (Manchester City)

5 Gelandang Muda yang Berpotensi Meraih Ballon d'Or di Masa DepanPhil Foden (goal.com)

Phil Foden juga tampil mengesankan, dan pujian harus diberikan kepada Pep Guardiola karena memanfaatkannya dengan baik. Tidak ada yang meragukan bakat yang dimiliki Foden. Sebagai produk akademi Manchester City, ia menjadi pemain yang diorbitkan Guardiola.

Foden membuat 17 penampilan sebagai starter di Premier League musim lalu, mencetak 9 gol dan memberikan 5 assist. Seorang pemain yang sangat kreatif dan mampu bermain di lini tengah maupun sebagai penyerang. Ia juga sudah membela timnas Inggris di Piala Eropa 2020. Pemain berusia 21 tahun itu adalah masa depan Manchester City dan Inggris, dan bisa memenangkan Ballon d'Or.

Baca Juga: 5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!

3. Eduardo Camavinga (Rennes)

5 Gelandang Muda yang Berpotensi Meraih Ballon d'Or di Masa DepanEduardo Camavinga (goal.com)

Performa Eduardo Camavinga bersama Rennes memang selalu dibicarakan publik. Camavinga melakukan debutnya untuk Rennes di usia 16 tahun pada 2019. Gelandang asal Prancis itu menjadi salah satu talenta paling dicari klub top.

Dengan penampilannya yang mengesankan, tak sedikit klub elite Eropa yang mengincarnya. Camavinga membuat 28 penampilan sebagai starter di Ligue 1 musim lalu, mencetak satu gol dan memberikan dua assist.

Manchester United, Paris Saint-Germain dan Real Madrid telah dikaitkan sebagai tujuan potensial untuk pemain berusia 18 tahun itu. Jika ia bisa bersinar bersama klub elit, bukan tidak mungkin akan menjadi kandidat peraih Ballon d'Or di masa mendatang.

4. Frenkie de Jong (Barcelona)

5 Gelandang Muda yang Berpotensi Meraih Ballon d'Or di Masa DepanFrenkie De Jong (goal.com)

Sudah lama disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia sepak bola, Frenkie de Jong mulai menunjukkan kualitasnya. Setelah berkembang bersama Ajax di musim 2018/19, de Jong hengkang ke Barcelona pada 2019. De Jong telah menunjukkan bahwa ia memiliki kapasitas untuk menjalankan lini tengah Barcelona.

Pemain berkebangsaan Belanda itu adalah salah satu gelandang terbaik di Piala Eropa 2020. Pemain berusia 24 tahun ini mampu beroperasi di berbagai peran lini tengah. Jika ia menunjukkan performa seperti saat di timnas Belanda, bukan tidak mungkin De Jong menjadi kandidat Ballon d'Or.

5. Pedri (Barcelona)

5 Gelandang Muda yang Berpotensi Meraih Ballon d'Or di Masa DepanPedri (dok. Gettyimage/David Ramos)

Pedri menjadi pilar penting Spanyol di Piala Eropa 2020, dan merupakan salah satu pemain terbaik di turnamen tersebut. Pada usia 18, Pedri memiliki segalanya sebagai seorang gelandang. Ia bergabung dengan Barcelona dari Las Palmas musim panas lalu. Tak terlalu disorot, Pedri membuktikan dirinya sebagai starter di lini tengah Barcelona selama musim 2020/21.

Untuk Spanyol di Piala Eropa, dia bisa dibilang pemain terbaik mereka. Pedri menjadi pemain muda terbaik dan masuk 11 pemain terbaik turnamen. Seorang pemain yang memiliki teknik dengan visi yang sangat baik dan kemampuan passing, Pedri adalah seorang bintang.

 

Bukan hal yang mustahil bagi seorang gelandang untuk meraih Ballon d'Or. Luka Modric telah membuktikannya, bahkan saat masih ada Ronaldo dan Lionel Messi.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala Eropa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya