Comscore Tracker

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!

Bagaimana kiprahnya? 

Seorang pesepak bola biasanya akan menjalani profesi baru usai pensiun dari dunia lapangan hijau. Profesi yang paling banyak digeluti adalah menjadi seorang pelatih. Profesi tersebut memang yang paling ideal karena masih seputar dunia sepak bola. Saat ini cukup banyak pelatih yang dulunya berposisi sebagai gelandang saat aktif bermain. Terbaru ada Andrea Pirlo yang ditunjuk Juventus untuk menangani Ronaldo dan kolega musim depan.

Sebagai salah satu gelandang top serta legenda La Vecchia Sinyora, Pirlo tentu saja diharapkan mampu membawa Juventus menuju kejayaan. Pirlo bukanlah satu-satunya mantan pemain berposisi gelandang yang saat ini berkarier sebagai pelatih. Selain dirinya, masih terdapat beberapa nama top lainnya. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Zinedine Zidane

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!en.as.com

Tercatat Zidane pernah membela Cannes, Bordeaux, Juventus, dan Real Madrid. Puncak karier Zidane sebagai pemain terjadi saat dirinya membela El Real. Kemudian, ia mengakhiri kariernya pada tahun 2006. Usai pensiun, pria berdarah Prancis tersebut memutuskan untuk terjun ke dunia kepelatihan.

Ia memulainya dengan menjadi asisten pelatih Real Madrid di musim 2013/2014. Semusim berselang, Zidane ditunjuk sebagai asisten pelatih dan pelatih Real Madrid Castilla. Barulah, tepat di musim 2015/2016 hingga saat ini ia melatih Real Madrid meski sempat lepas kontrak selama satu musim. Zidane telah mempersembahkan 3 gelar liga Champions Eropa, 1 gelar La Liga, 2 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 2 gelar UEFA Super Cup untuk El Real. Ia masih terikat kontrak dengan Madrid hingga Juni 2022.

2. Frank Lampard

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!instagram.com/franklampard

Selanjutnya terdapat nama Frank Lampard, pelatih Chelsea saat ini. Ia merupakan mantan pemain berposisi gelandang tengah. Sepanjang kariernya sebagai seorang pemain, Lampard pernah membela beberapa klub, yakni West Ham United, Swansea, Chelsea, Manchester City, dan New York City. Tentunya kita semua tahu bahwa namanya begitu familier saat membela Chelsea. Akhirnya ia gantung sepatu pada tahun 2017.

Di tahun yang sama, Lampard langsung berkecimpung ke dunia kepelatihan. Ia ditunjuk sebagai pelatih tim muda Chelsea. Semusim berselang, Lampard melanjutkan karier kepelatihannya dengan melatih Derby County. Barulah, ia dipanggil untuk melatih Chelsea pada awal musim 2019/2020. Bersama Chelsea, Lampard mampu membawa klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut bersaing di papan atas Premier League. Pria asal Inggris ini terikat kontrak dengan The Blues hingga Juni 2022.

3. Steven Gerrard

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!liverpool.com

Steven Gerrard juga merupakan mantan pemain berposisi gelandang yang saat ini berkarier sebagai pelatih. Dalam kariernya sebagai seorang pemain, ia hanya pernah membela Liverpool dan LA Galaxy. Gerrard merupakan sosok yang begitu melegenda bersama The Reds. Klub asal kota Merseyside tersebut menjadi tempat berkarier Gerrard sejak usianya yang masih belia sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2017.

Sebulan setelah pensiun, pria berdarah Inggris tersebut langsung diangkat sebagai pelatih tim muda Liverpool. Setengah musim berselang, Gerrard ditunjuk sebagai pelatih Liverpool U18. Namun, hanya berjarak dua bulan kemudian ia sempat ditunjuk menjadi pelatih Liverpool. Gerrard meninggalkan Liverpool di musim 2018/2019 usai ditunjuk sebagai pelatih klub asal Scotlandia, Rangers. Bersama Rangers, ia memiliki kontrak hingga Mei 2024.

Baca Juga: Termasuk Casemiro, 5 Gelandang Bertahan Terbaik di Eropa Saat Ini

4. Ryan Giggs

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!espn.com

Nama yang satu ini juga tak asing di telinga pencinta sepak bola. Siapa lagi kalau bukan Ryan Giggs, sang legenda Manchester United. Giggs juga mantan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Ia merupakan jebolan akademi United meski sempat menimba ilmu di akademi klub sekota, Manchester City. Pria berdarah Wales tersebut hanya pernah membela satu klub di sepanjang kariernya, yakni Manchester United. Giggs memutuskan pensiun pada tahun 2014.

Usai pensiun, Giggs langsung diangkat menjadi asisten pelatih Manchester United di tahun yang sama. Ia mendampingi dua pelatih berbeda, yakni David Moyes dan Louis Van Gaal. Sempat menjadi analis pertandingan, Giggs kemudian dipercaya untuk membesut timnas Wales pada awal tahun 2018 dan diikat kontrak hingga Juni 2022. Tak hanya itu, ia juga menjadi pemilik salah satu klub asal Inggris yang berkompetisi di kasta ke-empat Liga Inggris, Salford City.

5. Xavi Hernandez

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!bleacherreport.com

Mantan gelandang yang saat ini menjadi pelatih selanjutnya adalah Xavi Hernandez. Ia merupakan mantan pemain berposisi gelandang tengah yang menjadi legenda hidup Barcelona. Xavi juga dikenal sebagai sosok yang sangat setia dengan klub. Sejak usia belia hingga penghujung kariernya, ia habiskan untuk Barcelona. Walaupun dirinya sempat membela klub asal Qatar, Al Sadd, sebelum memilih pensiun pada tahun 2019.

Setelah gantung sepatu, Xavi tak meninggalkan klub asal Qatar begitu saja. Ia langsung diangkat menjadi pelatih klub yang bermarkas di Jassim bin Hamad Stadium tersebut. Xavi telah berhasil mempersembahkan satu gelar Qatari Cup untuk Al Sadd. Pria berdarah Spanyol tersebut masih memiliki masa bakti untuk Al Sadd hingga Juni 2021.

6. Mikel Arteta

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!standard.co.uk

Mikel Arteta juga menjadi sosok yang populer di dunia sepak bola. Ia juga mantan pemain gelandang tengah yang saat ini menjadi seorang pelatih. Selama aktif bermain, Arteta malang melintang bersama banyak klub. Barcelona, PSG, Rangers, Real Sociedad, Everton, dan Arsenal menjadi tim yang pernah dibelanya. Namun, masa bakti terlama dan puncak performa Arteta terjadi saat membela Arsenal. Ia mengakhiri perjalanan kariernya sebagai pemain di tahun 2016.

Dalam perjalanan karier sebagai juru taktik, Arteta mengawalinya dengan menjadi asisten pelatih Manchester City mendampingi Pep Guardiola. Kemudian, tepat di pertengahan musim 2019/2020 ia hijrah ke Arsenal dengan menjabat sebagai pelatih menggantikan Unai Emery. Namun, Arteta belum mampu mendongkrak prestasi Arsenal yang saat ini masih berkutat di papan tengah Premier League. Pelatih asal Spanyol ini diikat kontrak oleh The Gunners hingga Juni 2023.

7. Andrea Pirlo

7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!bleacherreport.com

Sosok terakhir mantan gelandang yang saat ini menjadi pelatih adalah Andrea Pirlo. Tentu namanya juga tak kalah populer dengan nama-nama sebelumnya. Pirlo memiliki posisi dominan sebagai gelandang bertahan. Sepanjang kariernya sebagai pemain, ia telah membela banyak klub, yakni Brescia, Inter Milan, Reggina, AC Milan, Juventus, dan New York City. Namun, puncak kariernya terjadi saat berseragam AC Milan dan Juventus. Pirlo sendiri memutuskan pensiun pada tahun 2018.

Andrea Pirlo bisa dibilang sebagai 'bocah baru' di dunia kepelatihan. Ia baru saja akan memulai perjalanan kariernya sebagai pelatih setelah mendapat lisensi dari FIGC. Pirlo digadang-gadang akan menangani skuat utama Juventus pada musim depan. Pria berkebangsaan Italia ini akan didampingi menggantikan Maurizio Sarri yang baru saja didepak Juve. Tentunya, sangat patut kita nantikan kiprah Pirlo sebagai juru taktik.

Gelandang-gelandang tersebut tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya saat menjadi pemain. Menurutmu, siapa yang terbaik di antara mereka? 

Baca Juga: 5 Pelatih Hebat Ini Ternyata Gak Berprestasi Saat Jadi Pemain 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya