8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!

Casillas hingga van der Sar! 

Sepak bola menjadi olahraga yang digemari dan semakin berkembang hingga saat ini. Banyak pemain-pemain dengan kualitas mumpuni yang menunjukkan aksinya di atas lapangan hijau termasuk seorang kiper. Meskipun jarang disorot, kiper memiliki peran vital dalam sebuah pertandingan.

Mereka harus menjaga gawangnya dari kebobolan selama 90 menit atau biasa disebut clean sheet. Tak banyak kiper yang mampu meraih clean sheet dalam sebuah pertandingan. Namun ada juga beberapa kiper yang catatkan clean sheet terbanyak sejak abad ke-21. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Iker Casillas - 439 clean sheet

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!metro.co.uk

Iker Casillas merupakan kiper legendaris berkebangsaan Spanyol. Kualitas Casillas tentu tak perlu diragukan lagi dalam mengawal gawangnya. Casillas mengawali karier profesionalnya sejak tahun 1999 bersama Real Madrid. Selain Madrid, Casillas juga pernah membela Porto dan tentu saja timnas Spanyol. Sejak abad 21, Casillas mencatatkan 439 clean sheet. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dibanding dengan kiper lainnya. 

2. Gianluigi Buffon - 420 clean sheet 

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!juventus.com

Gianluigi Buffon menjadi kiper senior yang kini masih aktif bermain. Kiper Italia ini mengawali kariernya pada tahun 1994 bersama AC Parma. Namun Buffon lebih banyak menghabiskan kariernya di Juventus hingga saat ini. Tim lain yang pernah dibelanya adalah Paris Saint-Germain. Dengan kualitas yang dimiliki, Buffon juga menjadi andalan di timnas Italia. Buffon mencatatkan 420 clean sheet sepanjang abad 21.

3. Petr Cech - 391 clean sheet 

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!eurosport.com

Berbeda dengan Casillas dan Buffon, Petr Cech menjadi kiper yang membela cukup banyak tim. Sepanjang kariernya, Cech membela lima tim berbeda yaitu Chmel Blsany, Sparta Praha, Stade Rennes, Chelsea dan Arsenal. Selain klub, Cech tentu saja menjadi andalan di bawah mistar gawang timnas Ceko. Di abad ke-21 ini, Cech sukses mencatatkan 391 clean sheet

4. Pepe Reina - 343 clean sheet 

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!acmilan.com

Pepe Reina juga menjadi kiper berpengalaman dengan cukup banyaknya klub yang ia bela. Kiper asal Spanyol ini membela tujuh klub berbeda sepanjang kariernya hingga saat ini. Ketujuh klub tersebut yaitu Barcelona, Villarreal, Liverpool, Napoli, AC Milan, Bayern Munchen dan Aston Villa. Lulusan akademi La Masia ini juga beberapa kali dipanggil timnas Spanyol. Reina mencatatkan 343 clean sheet di abad 21 ini. 

Baca Juga: 6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Champions

5. Manuel Neuer - 327 clean sheet 

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!bundesliga.com

Kiper yang masih aktif bermain lainnya adalah Manuel Neuer. Kiper 34 tahun ini hanya membela dua klub asal Jerman sepanjang kariernya. Kedua tim tersebut yaitu Bayern Munchen dan FC Schalke. Sebagai lulusan akademi Schalke, Neuer justru lebih sukses saat membela Bayern Munchen hingga saat ini. Neuer juga menjadi kiper yang diandalkan timnas Jerman dalam beberapa tahun. Mengawali karier pada tahun 2006, Neuer telah mencatatkan 327 clean sheet

6. Igor Akinfeev - 316 clean sheet 

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!mirror.co.uk

Igor Akinfeev menjadi legenda di klub Rusia yakni CSKA Moscow. Ia menimba ilmu dan mengawali karier profesionalnya bersama CSKA Moscow hingga saat ini. Mengawali karier profesionalnya pada tahun 2003, Akinfeev menjadi kiper Rusia yang hebat. Dengan kualitasnya, Akinfeev tentu saja menjadi andalan timnas Rusia. Hingga saat ini, Akinfeev telah mencatatkan 316 clean sheet

7. Andriy Pyatov - 269 clean sheet 

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!twitter.com/FCShakhtar_eng

Ukraina juga memiliki kiper yang tak kalah hebat dengan negara-negara Eropa lain. Andriy Pyatov menjadi salah satu kiper dengan clean sheet terbanyak di abad 21. Kiper 36 tahun ini mengawali kariernya pada tahun 2004 bersama Vorskla. Selain Vorskla, Pyatov juga membela Shakhtar Donetsk hingga saat ini dan dipercaya menjadi kapten. Sepanjang kariernya, Pyatov sukses mencatatkan 269 clean sheet baik di klub maupun timnas Ukraina. 

8. Edwin van der Sar - 266 clean sheet

8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!goal.com

Kiper terakhir dalam daftar ini juga seorang legenda yaitu Edwin van der Sar. Kiper asal Belanda ini tentu saja sudah cukup dikenal penggemar sepak bola. van der Sar cukup sukses saat membela klub Premier League, Manchester United. Sebelum membela United, ia lebih dulu membela Noordwijk, Ajax Juventus dan Fulham. Ia mengawali karier profesionalnya sejak tahun 1989. Di abad ke-21, van der Sar mencatatkan 266 clean sheet

Kehebatan kiper-kiper tersebut tentu saja tak perlu diragukan lagi. Mereka menjadi legenda sebagai seorang kiper. Siapa dari kiper tersebut yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: 10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggris

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya