Comscore Tracker

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21

Ada Buffon hingga Casillas!

Kiper menjadi sosok yang memiliki peran penting dalam pertandingan sepak bola apalagi dalam kompetisi bergengsi Liga Champions. Dengan persaingan yang ketat antar tim terbaik di Eropa, seorang kiper harus sigap menjaga gawangnya dari kebobolan. Di abad 21 ini, ada beberapa kiper yang harus merasakan jumlah kebobolan cukup banyak di Liga Champions.

Nama-nama besar juga masuk dalam daftar ini. Hal tersebut karena mereka memiliki jumlah pertandingan yang cukup banyak karena tim yang mereka bela juga jarang absen. Berikut daftar kiper dengan kebobolan terbanyak di Liga Champions pada abad 21.

10. Antonis Nikopolidis - 81 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21goal.com

Kiper pertama dalam daftar ini adalah Antonis Nikopolidis yang telah pensiun pada tahun 2011. Kiper Yunani tersebut hanya membela dua tim selama kariernya, yakni Olympiacos dan Panathinaikos. Di ajang liga Champions, Nikopolidis total kebobolan 81 gol dari 61 laga di abad 21. 

9. Victor Valdes - 88 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21espn.co.uk

Victor Valdes pernah menjadi kiper yang diandalkan klub raksasa Spanyol, Barcelona. Kiper asal Spanyol ini membela El Barca pada musim 2002/2003 hingga 2013/2014. Setelah hengkang dari Barca, karier Valdes menurun saat bergabung dengan Manchester United dan Middlesbrough. Di abad 21, kiper yang pensiun pada tahun 2017 ini kebobolan 88 gol dari 106 laga Liga Champions. 

8. Hugo Lloris - 91 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21skysports.com

Hugo Lloris menjadi salah kiper yang masih aktif bermain hingga saat ini. Kiper berkebangsaan Prancis tersebut membela Lyon dan Tottenham Hotspur dalam ajang Liga Champions. Secara total Lloris telah memainkan 64 laga di Liga Champions dan harus kebobolan sebanyak 91 gol. 

7. Hans Jorg Butt - 94 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21transfermarkt.com

Hans Jorg Butt merupakan salah satu kiper legendaris dari Jerman. Di abad 21, Butt pernah membela Bayer Leverkusen, Benfica dan Bayern Munchen. Dengan kualitas yang dimilikinya, kiper yang pensiun pada tahun 2012 ini tentu saja tampil di ajang Liga Champions. Dalam ajang tersebut, Butt harus kebobolan sebanyak 94 gol dari 62 penampilan. 

6. Igor Akinfeev - 98 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21mirror.co.uk

Igor Akinfeev menjadi kiper veteran Rusia yang masih aktif bermain hingga saat ini. Kiper berusia 34 tahun tersebut hanya membela satu klub hingga menjadi legenda CSKA Moscow. Di ajang Liga Champions, Akinfeev tampil dalam 60 laga dan harus kebobolan sebanyak 98 gol. 

Baca Juga: Kebobolan Terbanyak, 5 Rekor Usai Bayern Bantai Barcelona 2-8

5. Petr Cech - 103 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21eurosport.com

Kiper berikutnya yaitu Petr Cech yang telah pensiun pada tahun 2019 lalu. Kiper asal Ceko ini pernah menjadi andalan duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Di ajang Liga Champions, Cech harus kebobolan sebanyak 103 gol dari 111 penampilan di abad 21. Ia pernah meraih trofi Liga Champions bersama Chelsea pada musim 2011/2012. 

4. Manuel Neuer - 103 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21bundesliga.com

Kualitas Manuel Neuer sudah tak diragukan lagi. Kiper asal Jerman ini menjadi andalan Bayern Munchen hingga saat ini. Sebelum membela Bayern, Neuer pernah berseragam Schalke. Di abad 21 ini, kiper 34 tahun ini telah kebobolan sebanyak 103 gol dari 108 penampilan di ajang Liga Champions. 

3. Gianluigi Buffon - 114 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21juventus.com

Gianluigi Buffon tentu saja menjadi kiper veteran yang masih aktif bermain meskipun sudah berusia 42 tahun. Selain membela Juventus, Buffon hanya satu musim berseragam Paris Saint-Germain. Di abad 21 ini, kiper Italia ini harus menerima gawangnya dibobol sebanyak 114 gol dari 117 pertandingan Liga Champions. 

2. Andriy Pyatov - 114 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21twitter.com/FCShakhtar_eng

Diurutan kedua ada kiper asal Ukraina yakni Andriy Pyatov. Kiper berusia 36 tahun ini membela Shakhtar Donetsk dalam ajang Liga Champions. Pyatov memiliki jumlah kebobolan sama dengan Buffon, namun ia kebobolan 114 gol hanya dalam 68 pertandingan Liga Champions. 

1. Iker Casillas - 196 gol

10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21metro.co.uk

Kiper dengan kebobolan terbanyak di Liga Champions adalah Iker Casillas. Meskipun berhasil menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali, Casillas bukan tanpa kekurangan. Selain membela Real Madrid, kiper asal Spanyol ini juga pernah membela FC Porto. Di abad 21 ini, Casillas harus kebobolan sebanyak 196 kali dari 174 pertandingan Liga Champions. 

Itulah 10 kiper dengan kebobolan terbanyak di Liga Champions pada abad 21. Ada kiper yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: 10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya