Comscore Tracker

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga, Casillas Salah Satunya

Kualitasnya tak diragukan lagi!

Dalam pertandingan sepak bola, kiper menjadi posisi yang mungkin jarang disorot. Namun sebenarnya, peran kiper terbilang sangat penting. Mereka harus selalu siap dalam menahan serangan lawan.

Apalagi jika dalam kompetisi yang sengit seperti LaLiga. Kasta teratas liga Spanyol tersebut juga kerap melahirkan kiper ternama. Iker Casillas menjadi salah satu nama yang mungkin paling populer.

Selain Casillas, ada beberapa kiper LaLiga lain yang tak kalah berkualitas. Mereka pun mencatatkan pertandingan cukup banyak di LaLiga. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Andoni Zubizarreta (617 penampilan)

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga, Casillas Salah Satunyafcbarcelona.com

Andoni Zubizarreta menjadi kiper dengan penampilan terbanyak terbanyak di LaLiga. Mantan kiper Barcelona itu mencatatkan 617 penampilan di LaLiga. Dari penampilannya tersebut, kiper berkebangsaan Spanyol itu harus kebobolan 625 gol dan catatkan 235 clean sheet.

Selain membela Blaugrana, kiper yang pensiun pada tahun 1998 itu juga pernah membela Deportivo Alaves, Athletic Bilbao dan Valencia. Dari catatan penampilannya tersebut, Zubizarreta telah meraih gelar LaLiga sebanyak enan kali saat membela Barcelona dan Athletic Bilbao. 

2. Paco Buyo (542 penampilan)

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga, Casillas Salah Satunyatransfermarkt.com/Imago Images

Paco Buyo menjadi kiper yang cukup lama membela Real Madrid. Selain itu, ia juga pernah membela beberapa klub Spanyol lain seperti Deportivo La Coruna dan Sevilla. Selama bermain di LaLiga, Buyo telah mencatatkan 542 penampilan.

Dari penampilannya tersebut, Buyo mencatatkan 213 clean sheet dan harus kebobolan 543 gol. Dengan torehannya tersebut, ia sukses menjuarai LaLiga sebanyak 6 kali bersama Real Madrid. Kiper asal Spanyol ini mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 1997 lalu. 

Baca Juga: 7 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di LaLiga Hingga Kini, Setia!

3. Iker Casillas (510 penampilan)

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga, Casillas Salah Satunyagoal.com/Getty Images

Iker Casillas menjadi salah satu kiper dengan catatan penampilan cukup banyak di LaLiga. Seperti yang kita tahu, kiper asal Spanyol ini hanya membela satu tim selama berlaga di LaLiga.

Klub yang dimaksud yaitu Real Madrid sebelum akhirnya hengkang pada musim 2015/2016. Casillas mencatatkan 510 penampilan di LaLiga. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 177 clean sheet.

Sementara untuk jumlah kebobolan, ada 524 gol yang bersarang di gawangnya. Dengan catatan tersebut, Casillas sukses meraih 5 trofi LaLiga bersama Real Madrid. Ia mengakhiri karier sebagai pesepak bola pada tahun 2020 lalu. 

4. Luis Arkonada (418 penampilan)

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga, Casillas Salah Satunyaas.com

Kiper keempat dalam daftar ini adalah Luis Arkonada. Kiper asal Spanyol ini juga memiliki kualitas yang mumpuni di masa jayanya saat berlaga di LaLiga. Real Sociedad menjadi satu-satunya klub LaLiga yang pernah ia bela bahkan sepanjang kariernya.

Arkonada mencatatkan 418 penampilan di LaLiga. Sama seperti kiper lainnya dalam daftar ini, penampilan apiknya di bawah mistar gawang membuahkan trofi LaLiga. Kiper yang pensiun pada tahun 1989 itu mengantarkan Sociedad menjuarai LaLiga sebanyak dua kali dengan menorehkan 150 clean sheet.

5. Jose Francisco Molina (395 penampilan)

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga, Casillas Salah Satunyaelfutbolesinjusto.com

Kiper terakhir dengan penampilan cukup banyak di LaLiga ada Jose Francisco Molina. Kiper yang satu ini juga berasal dari Spanyol. Selama bermain di LaLiga, Molina pernah membela empat klub berbeda. Keempat klub yang pernah ia bela ada Albacete, Atletico Madrid, Deportivo La Coruna dan Levante.

Bersama keempat klub tersebut, kiper yang pensiun pada tahun 2007 ini menorehkan 395 penampilan di LaLiga. Dari penampilannya tersebut, ia harus kebobolan 493 gol dan menorehkan 118 clean sheet. Ia pernah satu kali menjuarai LaLiga saat berseragam Atletico Madrid.

 

Kiper-kiper tersebut memiliki masa kejayaan masing-masing di LaLiga. Mereka juga kerap menjadi andalan timnas Spanyol. Siapa kiper favoritmu yang kini bermain di LaLiga?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Paling Loyal bagi Klubnya di LaLiga, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya