5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga Europa 2022/2023, Kokoh!

Tak ada yang membawa klubnya juara

Liga Europa 2022/2023 telah berakhir dengan Sevilla keluar sebagai juara. Kepastian itu didapat setelah Sevilla menaklukkan AS Roma dalam laga final yang digelar pada Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. Ini makin memantapkan Sevilla sebagai penguasa Liga Europa dengan koleksi tujuh trofi.

Di Liga Europa musim ini, persaingan antartim yang berlaga cukup ketat. Pertandingan yang sengit membuat para kiper bekerja ekstra keras untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Tak sedikit dari kiper yang berlaga di Liga Europa musim ini melakukan penyelamatan gemilang.

Hingga berakhirnya ajang ini, ada beberapa nama yang tercatat melakukan penyelamatan cukup banyak. Kiper-kiper ini pun layak mendapat apresiasi meski tak semuanya bisa sukses bersama klubnya. Lantas, siapa saja kiper dengan penyelamatan terbanyak di Liga Europa 2022/2023?

1. Alban Lafont (Nantes) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga Europa 2022/2023, Kokoh!Alban Lafont (fcnantes.com)

Alban Lafont menjadi kiper teratas dengan penyelamatan terbanyak di Liga Europa 2022/2023. Kiper asal Prancis ini menjadi andalan FC Nantes di Liga Europa musim ini. Lafont sendiri membela Nantes dalam delapan pertandingan di Liga Europa.

Ia tampil gemilang dengan catatan 36 penyelamatan dari penampilannya tersebut. Lafont mencatatkan 1 clean sheet dan harus kebobolan sebanyak 15 gol. Sayangnya, Lafont yang tampil gemilang dengan penyelamatannya tersebut gagal membawa Nantes juara.

2. Rui Patricio (AS Roma)

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga Europa 2022/2023, Kokoh!Rui Patricio (uefa.com)

Rui Patricio menjadi salah satu pemain kunci dalam kesuksesan AS Roma di Liga Europa 2022/2023. Meski gagal juara, Patricio yang tampil gemilang di bawah mistar gawang layak mendapat apresiasi. Kiper veteran asal Portugal itu membela I Giallorossi dalam 14 pertandingan di Liga Europa musim ini.

Dari jumlah pertandingan tersebut, Patricio mencatatkan 35 penyelamatan. Hebatnya, ia berhasil menorehkan 6 clean sheet dan hanya kebobolan 9 gol. Prestasi sebagai runner-up Liga Europa musim ini pun patut disyukuri Patricio dan kolega.

Baca Juga: Sialnya AS Roma di Final Liga Europa, Kena Mental!

3. Denes Dibusz (Ferencvaros) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga Europa 2022/2023, Kokoh!Denes Dibusz (fradi.hu)

Ferencvaros memang harus terhenti di babak 16 besar Liga Europa 2022/2023 setelah kalah dari Bayer Leverkusen. Namun, penampilan kiper mereka, yakni Denes Dibusz, layak mendapat apresiasi. Kiper asal Hungaria itu telah berusaha keras menjaga gawang Ferencvaros agar tetap kokoh.

Dibusz sendiri membela Ferencvaros dalam delapan pertandingan di Liga Europa musim ini. Ia tampil gemilang dengan catatan 31 penyelamatan. Sayangnya, ia hanya mencatatkan 1 assist dan harus kebobolan sebanyak 13 gol.

4. Justin Bijlow (Feyenoord)

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga Europa 2022/2023, Kokoh!Justin Bijlow (feyenoord.com)

Berikutnya ada Justin Bijlow yang membela Feyenoord di Liga Europa 2022/2023. Bijlow yang tampil apik di bawah mistar gawang hanya mampu mengantarkan Feyenoord ke babak perempat final. Di Liga Europa musim ini, kiper asal Belanda ini tampil dalam delapan pertandingan.

Bijlow sendiri menorehkan 29 penyelamatan dari penampilannya tersebut. Catatan apik lainnya yaitu berhasil mengoleksi tiga clean sheet. Sayangnya, Bijlow harus memungut bola dari gawangnya sebanyak 13 kali.

5. David De Gea (Manchester United)

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga Europa 2022/2023, Kokoh!David De Gea (premierleague.com)

David De Gea juga tak mau kalah dengan kiper-kiper lain di Liga Europa 2022/2023. Kiper asal Spanyol ini sebenarnya tampil gemilang di bawah mistar gawang Manchester United. Sayangnya, beberapa kesalahan lini belakang Setan Merah membuat mereka harus terhenti pada babak perempat final.

Di Liga Europa musim ini, De Gea membela Manchester United dalam 12 pertandingan. Ia pun berhasil mencatatkan 29 penyelamatan dan 5 clean sheet. Untuk urusan kebobolan, De Gea memungut bola dari gawangnya sebanyak 12 kali.

Aksi para kiper ini menjadi hiburan tersendiri bagi penggemar sepak bola. Sayangnya, aksi gemilang para kiper tersebut belum cukup untuk membawa klubnya melaju jauh di Liga Europa 2022/2023.

Baca Juga: Sevilla Juara Liga Europa, Tegaskan Status Raja

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya