Comscore Tracker

5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

Deretan kiper top dunia!

Liga Champions merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi di Eropa hingga dunia. Persaingan antar klub terbaik di Eropa menjadi daya tarik tersendiri. Pemain-pemain yang berlaga pun memiliki kualitas yang terbaik. Persaingan yang ketat membuat para pemain harus menampilkan permainan terbaiknya agar terus mendapat kepercayaan tampil.

Khususnya di posisi penjaga gawang, ada beberapa kiper yang mampu tampil konsisten dan menjadi andalan di tim yang mereka bela. Berikut daftar kiper dengan pertandingan terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

1. Iker Casillas (181 Pertandingan)

5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Championsmetro.co.uk

Iker Casillas menjadi kiper dengan pertandingan terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Kiper asal Spanyol ini membela dua tim selama berlaga di Liga Champions. Kedua tim tersebut yaitu Real Madrid dan FC Porto. Casillas mencatatkan 182 penampilan selama bermain di Liga Champions dan membuatnya menjadi pemain dengan penampilan terbanyak.

Dari penampilannya tersebut Casillas sukses meraih 59 clean sheet. Sementara untuk jumlah kebobolan, ada 200 gol yang bersarang di gawangnya. Dengan catatan tersebut, Casillas sukses meraih tiga trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Ia mengakhiri karier sebagai pesepak bola pada akhir musim lalu. 

2. Gianluigi Buffon (132 Pertandingan)

5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Championsjuventus.com

Kehebatan Gianluigi Buffon tak perlu diragukan lagi. Meskipun sudah berusia 43 tahun, namun Buffon masih aktif bermain hingga saat ini. Pada ajang Liga Champions, Buffon juga menunjukkan performa gemilang. Di mana hingga saat ini ia telah mencatatkan 132 penampilan dengan catatan 52 clean sheet dan 118 kebobolan.

Kiper Italia tersebut masih berpeluang menambah catatan penampilannya di Liga Champions. Selama bermain di Liga Champions, Buffon membela tiga tim berbeda yaitu Parma, PSG dan Juventus. Namun kehebatan Buffon belum sempurna karena ia belum pernah meraih gelar Liga Champions. 

3. Manuel Neuer (119 Pertandingan)

5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Championstwitter.com/FCBayernEN

Kiper ketiga dalam daftar ini adalah Manuel Neuer yang juga masih aktif bermain dengan membela Bayern Munchen. Kiper Jerman ini juga memiliki kualitas yang mumpuni dan berlaga di Liga Champions. Sebelum membela Munchen, Neuer juga pernah tampil di Liga Champions bersama FC Schalke.

Hingga saat ini Neuer telah mencatatkan 119 penampilan di Liga Champions dengan torehan 46 clean sheet dan 106 kebobolan. Kiper 34 tahun ini juga pernah meraih gelar Liga Champions bersama Bayern Munchen. Sama seperti Buffon, Neuer juga masih berkesempatan menambah catatan penampilannya karena masih aktif bermain. 

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffon

4. Petr Cech (111 Pertandingan) 

5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Championseurosport.com

Petr Cech menjadi kiper yang membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Selain itu, Cech juga pernah membela Sparta Praha di Liga Champions. Bersama ketiga tim tersebut, Cech telah mencatatkan 111 penampilan.

Dari penampilannya tersebut, Cech juga harus kebobolan 100 gol dan menorehkan 49 clean sheet. Cech sukses menjuarai Liga Champions pada saat membela The Blues. Kiper asal Republik Ceko ini mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2019 lalu. 

5. Victor Valdes (110 Pertandingan)

5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Championsespn.co.uk

Victor Valdes menjadi satu-satunya kiper dalam daftar ini yang hanya membela satu klub di Liga Champions. Di masa jayanya, Valdes menjadi kiper andalan Barcelona. Bersama El Barca, Valdes telah mencatatkan 110 pertandingan dengan torehan 45 clean sheet.

Sementara untuk jumlah kebobolan, Valdes harus kebobolan sebanyak 89 gol. Valdes jug sukses mengantarkan Barcelona meraih gelar Liga Champions sebanyak tiga kali. Kiper Spanyol ini memutuskan gantung sepatu pada tahun 2017.

Itulah lima kiper dengan pertandingan terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Kualitas para kiper tersebut tak perlu diragukan lagi hingga selalu di andalkan di Liga Champions. Siapa kiper favoritmu?

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya