Comscore Tracker

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21

Ada kiper favoritmu?

Seorang penjaga gawang menjadi sosok yang sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Meskipun tak terlibat dalam permainan, namun para kiper harus siap sepanjang laga berlangsung. Salah satu momen krusial bagi kiper adalah saat penalti. Mereka harus berhadapan satu lawan satu dengan penendang penalti.

Meskipun penendang lebih diuntungkan, tak sedikit kiper yang berhasil menggagalkan penalti. Apalagi kiper liga top Eropa yang dituntuk memiliki kemampuan lebih. Lalu siapa saja kiper liga top Eropa yang lakukan penyelamatan penalti terbanyak di abad 21? Dilansir dari Transfermarkt, berikut ulasannya.

10. Frank Rost - 20 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21twitter.com/s04

Frank Rost merupakan kiper asal Jerman yang pensiun pada tahun 2012. Saat masih aktif bermain, Rost pernah membela beberapa klub liga top Eropa, diantaranya Werder Bremen, Schalke dan Hamburger SV. Pria yang kini berusia 47 tahun tersebut dikenal cukup jago saat menjadi kiper. Di abad 21, Rost berhasil menggagalkan 20 penalti di semua kompetisi.

9. Benoit Costil - 20 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21twitter.com/OptaJean

Berikutnya ada Benoit Costil yang saat ini masih aktif bermain dengan membela Bordeaux. Sebelum membela Bordeaux, kiper berusia 33 tahun ini juga pernah membela klub Prancis lainnya seperti Stade Rennes. Kiper berkebangsaan Prancis ini juga tak kalah hebat dalam menghadapi penalti. Costil berhasil menggagalkan 20 tendangan penalti di semua kompetisi hingga saat ini.

8. Iker Casillas - 20 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21metro.co.uk

Penggemar sepak bola pasti cukup familier dengan nama yang satu ini, yakni Iker Casillas. Legenda sepak bola Spanyol ini cukup lama berseragam Real Madrid hingga akhirnya pensiun pada tahun 2019 lalu bersama Porto. Kemampuan Casillas sudah tak perlu diragukan lagi termasuk dalam menggagalkan penalti. Di mana ia berhasil menyelamatkan gawangnya dari penalti sebanyak 20 kali di abad 21.

7. Petr Cech - 21 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21eurosport.com

Kiper berikutnya juga cukup dikenal penggemar sepak bola dan baru pensiun pada tahun 2019 lalu. Petr Cech juga salah satu kiper yang malang melintang bersama klub elite Eropa seperti Stade Rennes, Chelsea dan Arsenal. Kiper berkebangsaan Republik Ceko ini telah menggagalkan 21 penalti selama membela liga top Eropa di semua kompetisi. 

6. Mickael Landreau - 21 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21bleacherreport.com

Mickael Landreau menjadi salah satu kiper hebat yang berasal dari Prancis. Kiper yang pensiun pada tahun 2014 ini pernah membela beberapa klub Prancis, seperti Nantes, Bastia, Lille hingga Paris Saint-Germain. Landreau juga cukup sering menggagalkan eksekusi penalti. Di abad 21, ia sukses melakukan penyelamatan penalti sebanyak 21 kali di semua kompetisi. 

Baca Juga: 3 Kiper Ini Jadi Pilihan Chelsea untuk Pengganti Kepa Arrizabalaga

5. Andrea Consigli - 21 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21goal.com

Sementara dari Italia ada Andrea Consigli yang saat ini membela Sassuolo. Sebelum bergabung dengan Sassuolo, kiper berusia 33 tahun ini juga pernah membela Atalanta. Membela klub medioker, Consigli menjadi kiper yang tak bisa dianggap remeh. Di abad 21 ini, Consigli telah menggagalkan penalti sebanyak 21 kali. 

4. Manuel Neuer - 25 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21bundesliga.com

Manuel Neuer menjadi salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Kiper berkebangsaan Jerman ini menjadi andalan tim raksasa Bundesliga, Bayern Munchen. Sebelum bergabung dengan The Bavarians, Neuer merupakan produk akademi FC Schalke. Sebagai salah satu kiper ternama, kiper berusia 34 tahun ini tentu saja cukup jago dalam menghalau tendangan penalti. Neuer telah menggagalkan penalti sebanyak 25 kali di semua kompetisi.

3. Diego Alves - 26 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21beinsports.com

Diego Alves merupakan kiper berkebangsaan Brasil yang kini berusia 35 tahun. Kiper yang saat ini berseragam Flamengo ini pernah berkarier di Eropa pada 2007 hingga 2017. Alves membela dua klub LaLiga, yakni Almeria dan Valencia. Meskipun hanya 10 musim di Eropa, Alves mencatatkan penyelamatan penalti yang cukup banyak, yaitu 26 kali di semua kompetisi.

2. Gianluigi Buffon - 30 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21juventus.com

Gianluigi Buffon merupakan salah satu kiper veteran yang masih aktif bermain hingga saat ini. Kiper berusia 42 tahun ini masih akan bermain satu musim ke depan bersama Juventus. Legenda La Vecchia Sinyora ini juga pernah berseragam Paris Saint-Germain selama semusim. Buffon berhasil menggagalkan penalti sebanyak 30 kali di abad 21 ini. 

1. Samir Handanovic - 38 penyelamatan

10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21goal.com

Kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak di abad 21 adalah Samir Handanovic. Kiper berkebangsaan Slovenia ini menjadi andalan Inter Milan hingga kini. Sebelum bergabung dengan Nerazzurri, kiper berusia 36 tahun ini pernah membela Udinese dan Lazio. Handanovic sukses menggagalkan penalti sebanyak 38 kali di semua kompetisi. 

Itulah 10 kiper yang berhasil gagalkan penalti terbanyak di abad 21. Siapa kiper favoritmu?

Baca Juga: 8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya