Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Siapa kiper yang penampilannya paling mengesankan?

Posisi penjaga gawang atau kiper dalam sepak bola memiliki peran yang sangat penting. Mereka harus selalu tampil sigap agar gawangnya tidak kebobolan. Peran mereka kerap kali kurang mendapat perhatian meskipun tampil luar biasa.

Tak heran jika nilai transfer seorang kiper kalah jauh dari pemain-pemain lainnya khususnya penyerang. Namun berkat penampilan yang impresif, kiper-kiper ini direkrut dengan harga yang cukup tinggi. Berikut enam kiper termahal di dunia sepanjang masa. 

1. Kepa Arrizabalaga - 80 juta euro

Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bolapremierleague.com

Kiper termahal di dunia hingga kini adalah Kepa Arrizabalaga. Ia merupakan kiper berusia 25 yang berasal dari Spanyol. Kepa dibeli Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018.

Demi datangkan Kepa, Chelsea rela menggelontorkan dana hingga 80 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Meskipun menjadi kiper termahal, penampilannya bersama Chelsea dinilai masih kurang memuaskan. 

2. Alisson Becker - 62,5 juta euro

Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bolaskysports.com

Alisson Becker adalah kiper kedua dengan nilai transfer tertinggi. Alisson bergabung dengan Liverpool pada musim 2018/2019. Ia dibeli Liverpool dari AS Roma dengan harga mencapai 62,5 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun.

Memasuki musim kedua, kiper asal Brasil ini cukup sukses bersama The Reds. Alisson turut mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions pada musim lalu. 

3. Gianluigi Buffon - 52 juta euro

Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bolajuventus.com

Jauh sebelum Kepa dan Alisson, rekor kiper termahal di dunia dipegang oleh Gianluigi Buffon. Rekor tersebut tercipta pada musim 2001/2002 saat Juventus membeli Buffon dari Parma.

Saat itu, Buffon masih berusia 23 tahun dan Juventus rela membayar hingga 52,88 juta euro atau setara dengan Rp856 miliar. Buffon menjadi legenda di Juventus dengan loyalitas yang ditunjukkannya. Ia juga turut mengantarkan Juventus meraih berbagai gelar bergengsi. 

Baca Juga: Ini Alasan Pelatih Kiper Asing Persib Mau Berkarier di Indonesia

4. Ederson Moraes - 40 juta euro

Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bolamancity.com

Rekan senegara Alisson yaitu Ederson Moraes berada di posisi keempat. Ederson merupakan kiper yang saat ini membela raksasa Premier League, Manchester City. Pada musim 2017/2018, ia direkrut The Citizens dari Benfica.

Penampilan gemilangnya bersama Benfica membuat City tak ragu menebusnya dengan mahar 40 juta euro atau setara dengan Rp648 miliar. Pembelian Ederson pun tak sia-sia, kiper asal Brasil ini tampil sangat baik dan menjadi pilar utama. 

5. Jasper Cillessen - 35 juta euro 

Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bolaen.as.com

Jasper Cillessen adalah mantan kiper utama di Barcelona. Namun kiper 30 tahun ini tergeser dengan datangnya Ter Stegen. Barcelona pun menjual Cillessen ke Valencia pada awal musim ini.

Meskipun sudah mulai menua, namun Cillessen dibeli Valencia dengan harga yang cukup tinggi. Cillessen ditebus dengan harga 35 juta euro atau setara dengan Rp567 miliar. 

6. Thibaut Courtois - 35 juta euro 

Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bolaespn.com

Kiper terakhir dalam daftar ini adalah Thibaut Courtois. Kiper Belgia ini dibeli Real Madrid dari Chelsea pada awal musim 2018/2019. Courtois yang tampil gemilang bersama Chelsea mengutarakan keinginannya membela El Real.

Hal itu pun menjadi berkah tersendiri bagi Madrid yang membutuhkan kiper baru. Real Madrid membayar 35 juta euro atau setara dengan Rp567 miliar untuk mendatangkan Courtois. Kini Courtois pun menjadi kiper utama di bawah asuhan Zinedine Zidane. 

Itulah enam kiper yang dibeli dengan harga tertinggi sepanjang sejarah. Dari kiper-kiper tersebut, siapa yang penampilannya paling mengesankan?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Premier League, Fantastis!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya