5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!

Adakah yang membela tim favoritmu?

Premier League menjadi panggung para seniman terbaik sepak bola. Anggapan tersebut tentu saja tak berlebihan karena kasta teratas liga Inggris ini menjadi kompetisi paling bergengsi di dunia. Para tim yang berlaga pun mengandalkan pemain-pemain berkualitas agar bisa bersaing. Tak hanya pemain depan, sang penjaga gawang pun tak kalah diperhatikan.

Namun ternyata, ada beberapa kiper yang masih dipercaya tampil di Premier League meskipun usianya sudah tak muda lagi. Bahkan dalam daftar lima besar, usia mereka sudah di atas 42 tahun. Berikut kiper tertua yang tampil di Premier League sepanjang sejarah.

1. John Burridge (Manchester City)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!mancity.com

Kiper tertua yang tampil di Premier League sepanjang sejarah adalah John Burridge. Kiper berkebangsaan Inggris ini juga menjadi pemain tertua yang pernah berlaga di Premier League. Momen tersebut terjadi pada 14 Mei 1995.

Di mana ia membela Manchester City saat menghadapi Queens Park Rangers. Dalam pertandingan tersebut, Burridge telah menginjak usia 43 tahun, 5 bulan dan 11 hari. Di era Premier League ia hanya tampil dalam 4 pertandingan dengan catatan 5 kebobolan dan 1 clean sheet

2. Alec Chamberlain (Watford) 

5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!watfordobserver.co.uk

Kiper tertua selanjutnya yaitu Alec Chamberlain yang menjalani laga terakhirnya di Premier League bersama Watford. Tepatnya pada 13 Mei 2007 saat Watford menghadapi Newcastle United di pekan terakhir Premier League. Saat menjalani laga tersebut, kiper berkebangsaan Inggris ini sudah berusia 42 tahun, 10 bulan dan 23 hari.

Laga tersebut sekaligus menjadi pertandingan terakhirnya sebagai pemain sepak bola. Sebelum berseragam Watford ia pernah membela klub lain seperti Sunderland dan Chelsea. Chamberlain tampil dalam 28 pertandingan Premier League dengan 61 kebobolan dan 4 clean sheet.

3. Steve Ogrizovic (Coventry City)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!ccfc.co.uk

Kiper berikutnya yaitu Steve Ogrizovic ditampilkan saat Coventry City menghadapi Sheffield Wednesday pada pekan 37 Premier League. Laga tersebut digelar pada 6 Mei 2000 dan usia Ogrizovic sudah memasuki 42 tahun, 7 bulan dan 24 hari.

Kiper berkebangsaan Inggris telah berseragam Coventry sejak musim 1984. Di era Premier League, kiper yang pensiun pada tahun 2000 ini tampil dalam 191 pertandingan. Dari penampilannya tersebut Ogrizovic harus kebobolan sebanyak 251 gol dan mencatatkan 54 clean sheet

Baca Juga: 5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!

4. Brad Friedel (Tottenham Hotspur)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!skysports.com

Tak hanya kiper asal Inggris, Brad Friedel menjadi kiper asing yang kenyang pengalaman di Premier League. Kiper berkebangsaan Amerika Serikat ini mencatatkan penampilan terakhirnya di Premier League pada 10 November 2013. Saat itu Friedel membela Tottenham Hotspur saat berhadapan dengan Newcastle United.

Dalam laga tersebut, ia sudah berusia 42 tahun, 5 bulan dan 23 hari. Klub Inggris lain yang pernah ia bela adalah Aston Villa, Blackburn Rovers hingga Liverpool. Friedel mencatatkan 450 penampilan di Premier League dengan torehan 132 clean sheet dan harus kebobolan sebanyak 567 gol. 

5. Mark Schwarzer (Leicester City)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!premierleague.com

Tak hanya Brad Friedel, kiper asing yang cukup berpengalaman di Premier League adalah Mark Schwarzer. Kiper berkebangsaan Australia ini menjalani laga terakhir di Premier League dengan membela Leicester City. Tepatnya saat Leicester berhadapan dengan Hull City pada 14 Mei 2015.

Dalam pekan terakhir Premier League tersebut, Schwarzer telah menginjak usia 42 tahun, 5 bulan dan 8 hari. Bradford, Middlesbrough, Fulham hingga Chelsea menjadi tim Inggris lain yang pernah dibela Schwarzer. Di Premier League, ia tampil dalam 514 pertandingan dengan 653 kebobolan dan 153 clean sheet. Ia juga sukses meraih trofi Premier League saat berseragam Leicester City.

Itulah 5 kiper tertua yang tampil di Premier League sepanjang sejarah. Siapa kiper selanjutnya yang akan memecahkan rekor tersebut? 

Baca Juga: 5 Kiper Tertua yang Tampil di Liga Champions Sepanjang Masa, Veteran!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya