5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!

Buffon berpeluang pecahkan rekor!

Serie A menjadi salah satu liga top Eropa yang memiliki kualitas cukup baik. Persaingan antar tim hingga pertarungan pemain-pemain kelas dunia menjadi daya tarik tersendiri. Namun tak sedikit pencinta sepak bola yang menyebut Serie A sebagai tempatnya pemain senior. Anggapan tersebut memang tidak bisa disalahkan, karena cukup banyak pemain senior yang membela klub Serie A.

Salah satunya yaitu Gianluigi Buffon yang sudah berusia 42 tahun namun masih dikontrak Juventus. Ternyata, Buffon bukanlah kiper tertua yang bermain di Serie A. Khususnya dalam abad 21, ada beberapa kiper yang tetap bermain di usia 40 ke atas. Berikut daftar kiper tertua yang tampil di Serie A pada abad 21. 

1. Marco Ballotta (Lazio)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!goal.com

Pemegang rekor kiper tertua yang tampil di Serie A abad 21 adalah Marco Ballotta. Tak hanya dalam jajaran kiper, ia juga menjadi pemain tertua di Serie A abad 21. Kiper berkebangsaan Italia ini terakhir kali tampil di Serie A pada 11 Mei 2008. Saat itu Ballotta membela Lazio dalam pekan 37 Serie A menghadapi Genoa.

Dalam pertandingan tersebut, ia sudah berusia 44 tahun, 1 bulan dan 8 hari. Selama berkarier di Serie A, Ballotta mencatatkan 223 penampilan. Dari penampilannya tersebut ia harus merasakan 300 kebobolan dan catatkan 61 clean sheet. Ballotta meraih trofi Serie A satu kali bersama Lazio. 

2. Francesco Antonioli (Cesena)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!zimbio.com

Di posisi kedua ada Francesco Antonioli yang terakhir kali tampil di Serie A bersama Cesena. Kiper berkebangsaan Italia ini menjalani laga terakhir di Serie A saat Cesena menghadapi Novara. Pada pertandingan yang digelar 6 Mei 2012 tersebut, Antonioli sudah berusia 42 tahun, 7 bulan dan 22 hari.

Kiper yang pensiun pada tahun 2012 ini sudah malang melintang membela klub Serie A. Antonioli mencatatkan 416 pertandingan di Serie A dengan menorehkan 120 clean sheet serta harus kebobolan sebanyak 505 gol. Ia berhasil meraih 3 scudetto saat membela AS Roma dan AC Milan.

3. Gianluigi Buffon (Juventus) 

5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!juventus.com

Pemain berikutnya yaitu Gianluigi Buffon yang saat ini masih aktif bermain di Serie A. Buffon tentu saja menorehkan rekor baru jika musim depan ia tampil membela Juventus. Di mana pada musim 2019/2020 laga terakhir yang dimainkan Buffon bersama Juventus saat menghadapi Cagliari dalam pekan 37 Serie A.

Pada pertandingan yang digelar 29 Juli 2020 tersebut, Buffon telah menginjak usia 42 tahun, 6 bulan dan 1 hari. Sejauh ini kiper Italia tersebut telah tampil dalam 649 pertandingan Serie A. Buffon kebobolan sebanyak 527 gol dan mencatatkan 296 clean sheet. Untuk masalah trofi, Buffon telah menjuarai Serie A sebanyak 10 kali. 

Baca Juga: 5 Kiper Tertua yang Tampil di Liga Champions Sepanjang Masa, Veteran!

4. Alberto Fontana (Palermo)

5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!cesenatoday.it

Alberto Fontana menjadi salah satu kiper yang membela cukup banyak klub Serie A. Di antaranya ada Atalanta, Napoli, Inter Milan dan di penghujung kariernya ia membela Palermo. Kiper asal Italia ini terakhir kali tampil di Serie A pada 15 November 2008. Saat itu Fontana membela Palermo menghadapi Inter Milan dalam pekan 12 Serie A.

Saat menjalani laga tersebut, Fontana sudah berusia 41 tahun, 9 bulan dan 23 hari. Selama berkarier di Serie A, ia mencatatkan 240 penampilan. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 57 clean sheet dan harus kebobolan sebanyak 335 gol. Sayangnya ia gagal meraih trofi Serie A hingga ia pensiun pada tahun 2009.

5. Roberto Colombo (Cagliari) 

5 Kiper Tertua yang Tampil di Serie A Abad 21, Buffon Salah Satunya!zimbio.com

Kiper terakhir dalam daftar ini adalah Roberto Colombo yang menjalani laga terakhir di Serie A bersama Cagliari. Tepatnya pada 15 April 2017 saat menghadapi Chievo di pekan 32 Serie A. Dalam pertandingan tersebut, Colombo telah menginjak usia 41 tahun, 7 bulan dan 22 hari.

Sebelum berseragam Cagliari, kiper berkebangsaan Italia ini telah membela beberapa klub Serie A seperti Napoli dan AC Milan. Sepanjang kariernya, Colombo hanya mencatatkan 9 penampilan di Serie dengan catatan 9 kebobolan dan 4 clean sheet. Cagliari menjadi tim terakhir yang ia bela sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2017. 

Itulah 5 kiper tertua yang tampil di Serie A pada abad 21. Akankah Buffon menorehkan rekor baru pada musim depan? 

Baca Juga: 5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya