6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Champions

Ada kiper yang membela tim favoritmu? 

Penjaga gawang atau kiper memiliki peran yang tak kalah penting dalam pertandingan. Mereka harus selalu sigap selama laga berlangsung agar gawangnya tidak kebobolan. Sebagai kompetisi paling bergengsi, Liga Champions menjadi tempat pemain-pemain bintang berlaga.

Para kiper pun harus bekerja keras menghalau serangan pemain-pemain bintang tersebut. Meskipun rak mudah, ada beberapa kiper yang tampil gemilang dan mengamankan gawangnya dari kebobolan. Lalu siapa saja kiper yang memiliki catatan clean sheet terbanyak di Liga Champions? Berikut ulasannya. 

1. Iker Casillas - 59 clean sheet 

6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Championsmetro.co.uk

Iker Casillas menjadi kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di Liga Champions. Kiper asal Spanyol ini membela dua tim selama berlaga di Liga Champions. Kedua tim tersebut yaitu Real Madrid dan FC Porto. Casillas sukses meraih 59 clean sheet dari 177 penampilan.

Sementara untuk jumlah kebobolan, ada 200 gol yang bersarang di gawangnya. Dengan catatan tersebut, Casillas sukses meraih tiga trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Ia mengakhiri karier sebagai pesepak bola pada akhir musim lalu. 

2. Edwin van der Sar - 51 clean sheet 

6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Championsgoal.com

Edwin van der Sar menjadi kiper selanjutnya yang memiliki catatan clean sheet terbanyak di Liga Champions. Mantan kiper Manchester United ini mencatatkan 51 clean sheet dari 98 penampilan. Sementara itu, Van der Sar juga harus kebobolan 75 gol.

Selain membela United, Van der Sar juga tampil membela Juventus dan Ajax Amsterdam di Liga Champions. Pemain asal Belanda ini juga telah meraih gelar Liga Champions sebanyak dua kali saat membela MU dan Ajax. 

3. Gianluigi Buffon - 51 clean sheet 

6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Championsjuventus.com

Kehebatan Gianluigi Buffon tak perlu diragukan lagi. Meskipun sudah berusia 42 tahun, namun Buffon masih aktif bermain. Pada ajang Liga Champions, Buffon juga tampil gemilang. Ia telah mencatatkan 51 clean sheet dari 123 penampilan.

Kiper Italia tersebut masih berpeluang menambah catatan clean sheet dan melewati catatan Van der Sar hingga Casillas. Pada ajang Liga Champions, Buffon membela tiga tim berbeda yaitu Parma, PSG dan Juventus. Namun kehebatan Buffon belum sempurna karena ia belum pernah meraih gelar Liga Champions. 

4. Petr Cech - 49 clean sheet 

6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Championseurosport.com

Petr Cech menjadi kiper yang membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Selain itu, Cech juga pernah membela Sparta Praha di Liga Champions. Bersama ketiga tim tersebut, Cech telah mencatatkan 49 clean sheet dari 111 penampilan.

Dari penampilannya tersebut, Cech juga harus kebobolan 11 gol. Cech sukses menjuarai Liga Champions pada saat membela The Blues. Kiper asal Republik Ceko ini mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2019 lalu. 

Baca Juga: 10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggris

5. Victor Valdes - 45 clean sheet

6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Championsespn.co.uk

Victor Valdes menjadi satu-satunya kiper dalam daftar ini yang hanya membela satu klub di Liga Champions. Di masa jayanya, Valdes menjadi kiper andalan Barcelona. Bersama El Barca, Valdes sukses mencatatkan 45 clean sheet dari 106 pertandingan.

Sementara untuk jumlah kebobolan, Valdes harus kebobolan sebanyak 89 gol. Valdes jug sukses mengantarkan Barcelona meraih gelar Liga Champions sebanyak tiga kali. Kiper Spanyol ini memutuskan gantung sepatu pada tahun 2017. 

6. Manuel Neuer - 42 clean sheet

6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Championsbundesliga.com

Kiper terakhir dalam daftar ini adalah Manuel Neuer. Kiper Jerman ini juga memiliki kualitas yang mumpuni dan berlaga di Liga Champions. Sebelum membela Bayern Munchen, Neuer juga pernah tampil di Liga Champions bersama FC Schalke.

Neuer mencatatkan 42 clean sheet dari 107 penampilannya di Liga Champions. Kiper 34 tahun ini juga pernah meraih gelar Liga Champions bersama Bayern Munchen. Sama seperti Buffon, Neuer juga masih berkesempatan menambah catatan clean sheet karena masih aktif bermain. 

Itulah enam kiper yang memiliki catatan clean sheet terbanyak di Liga Champions. Dari daftar kiper tersebut, siapa yang penampilannya paling mengesankan?

Sumber 

https://www.transfermarkt.com/uefa-champions-league/weisseweste/pokalwettbewerb/CL/saison_id/gesamt/plus/1

Baca Juga: Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya