Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023

Manchester City menaklukkan MU di partai final

Manchester City berhasil menjadi yang terbaik di Piala FA 2022/2023. The Cityzens yang melawan Manchester United di final sukses mendapat satu trofi tambahan di ajang ini. Dalam laga tersebut, Manchester City menang dengan skor 2-1.

Manchester City sendiri telah meraih trofi Piala FA sebanyak tujuh kali. Jumlah tersebut kalah jauh dari Arsenal sebagai klub tersukses dengan raihan 14 trofi. Namun, The Cityzens bisa saja menyalip torehan Arsenal itu pada masa mendatang.

Di Piala FA musim ini, Manchester City tampil trengginas dengan menyingkirkan beberapa klub elite. Sebanyak enam klub menjadi korban keganasan Manchester City hingga menjadi juara. Mari kita ulas kembali perjalanan Manchester City hingga menjuarai Piala FA 2022/2023.

1. Menang mudah atas Chelsea pada babak 64 besar

Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023Riyad Mahrez, pemain Manchester City, mengeksekusi penalti ke gawang Chelsea. (mancity.com)

Manchester City langsung dihadapkan dengan lawan yang cukup sulit pada babak awal Piala FA 2022/2023. The Cityzens bersua Chelsea pada ronde keempat atau babak 64 besar. Namun, hal itu sama sekali bukan hambatan bagi anak Pep Guardiola.

Bermain di Etihad Stadium, Manchester City berhasil menyingkirkan The Blues tanpa perlawanan berarti. Dalam laga yang digelar pada 8 Januari 2023, The Cityzens menggulung Chelsea dengan skor 4-0. Keempat gol Manchester City tersebut Phil Foden, Julian Alvarez, dan dua gol Riyad Mahrez. 

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Menaklukkan Manchester United di Piala FA

2. Menyingkirkan Arsenal pada babak 32 besar

Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023Bukayo Saka berduel dengan Nathan Ake saat Arsenal bersua Manchester City di Piala FA 2022/2023. (mancity.com)

Ujian Manchester City di Piala FA 2022/2023 berlanjut saat memasuki babak 32 besar. Kali ini, giliran Arsenal yang berusaha menghadang laju The Cityzens. Namun, nasib The Gunners senada dengan Chelsea.

Arsenal harus mengakui keunggulan Manchester City dalam laga yang digelar pada 27 Januari 2023 itu. Nathan Ake menjadi pahlawan Manchester City melalui golnya ke gawang Arsenal. Skor 1-0 tersebut sudah cukup untuk menyingkirkan The Gunners dan melaju ke babak berikutnya.

3. Melewati adangan Bristol City pada babak 16 besar

Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023Manchester City menghadapi Bristol City di Piala FA 2022/2023. (mancity.com)

Setelah menghadapi klub top Inggris dalam dua laga awal Piala FA 2022/2023, langkah Manchester City justru semakin mudah. Pada babak 16 besar, Manchester City hanya menghadapi klub kasta kedua Liga Inggris, yakni Bristol City. Dalam laga yang digelar pada 28 Februari 2023 itu, Manchester City bertindak sebagai tim tamu.

Manchester City pun tak menemui kendala berarti. The Cityzens berhasil menyingkirkan Bristol City dengan keunggulan 3-0. Gol Manchester City dalam laga ini dicetak oleh Kevin De Bruyne dan dua gol Phil Foden.

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Menaklukkan Manchester United di Piala FA

4. Tak terbendung saat melawan Burnley pada babak perempat final

Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023Manchester City bersua Burnley pada babak perempat final Piala FA 2022/2023. (mancity.com)

Laju Manchester City semakin tak terbendung setelah pada babak perempat final kembali melawan klub yang relatif mudah. Pada babak ini, Manchester City menjamu Burnley di Etihad Stadium. Seperti yang sudah diprediksi, The Cityzens dengan mudah menyudahi perlawanan klub kasta kedua Liga Inggris tersebut.

Dalam laga yang digelar pada 18 Maret 2023, Erling Haaland dan kolega berpesta dengan kemenangan 6-0. Erling Haaland sendiri mencetak hatrick dalam laga ini. Sementara, 3 gol lainnya dicetak Cole Palmer dan 2 gol Julian Alvarez.

5. Masih terlalu tangguh bagi Sheffield United pada babak semifinal

Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023Riyad Mahrez, pemain Manchester City, mengeksekusi penalti ke gawang Sheffield United. (mancity.com)

Manchester City lagi-lagi mendapat lawan dari kasta kedua Liga Inggris. Setelah Bristol City dan Burnley, kini giliran Sheffield United yang dipertemukan dengan Manchester City. Sheffield United menjadi kejutan dengan mampu melaju hingga babak semifinal.

Namun, kisah dongeng mereka berakhir di tangan The Cityzens. Bermain pada 22 April 2023, Manchester City mengalahkan Sheffield United dengan skor 3-0. Riyad Mahrez menjadi bintang The Cityzens dalam laga yang digelar di Etihad Stadium itu dengan mencatatkan hatrick.

6. Menjadi juara setelah menaklukkan Manchester United di partai final

Melihat Kembali Kiprah Manchester City Menjuarai Piala FA 2022/2023Ilkay Gundogan, pemain Manchester City, mencetak dua gol ke gawang Manchester United di final Piala FA 2022/2023. (mancity.com)

Manchester City mendapat tantangan serius dari Manchester United di laga final Piala FA 2022/2023. Kedua tim Manchester itu sama-sama telah merengkuh satu trofi musim ini. Namun, Manchester City tampaknya masih lebih unggul atas Manchester United.

Dalam laga yang digelar pada 3 Juni 2023 itu, The Cityzens langsung mencetak gol saat laga belum genap 1 menit. Bruno Fernandes sempat menyamakan kedudukan melalui gol penaltinya. Namun, Ilkay Gundogan yang mencetak brace membawa The Cityzens menang dengan skor 2-1.

Manchester City benar-benar superior di Piala FA 2022/2023. Dari enam pertandingan yang sudah dilakoni, Manchester City hanya sekali mengalami kebobolan. Tak heran jika akhirnya The Cityzens keluar sebagai juara di ajang ini.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Mencetak Brace di Final Piala FA

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya