6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22

Terbenam di papan bawah klasemen!

Pertarungan sengit untuk memperebutkan juara Premier League makin sengit antara Manchester City dan Liverpool. Persaingan poin yang ketat membuatnya layak dipantau hingga akhir musim.

Selain itu perebutan tiket Champions League musim depan juga seru dinanti hingga akhir musim. Akan tetapi, yang tak kalah seru lainnya ialah pertarungan sengit di zona degradasi.

Beberapa tim sedang berjuang agar tetap di kasta teratas. Setidaknya ada 6 tim hingga pekan ke-30 yang masih berpeluang turun kasta musim ini.

Mengingat yang terdegradasi hanya tiga tim, manakah yang akan terdegradasi dari Premier League musim ini? Berikut ulasannya. 

1. Brentford

6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22Brentford (eurosport.com)

Tim pertama yang bertarung agar terhindar dari zona degradasi adalah Brentford. Klub promosi tersebut kini berada di urutan ke-15 dengan koleksi 30 poin dari 30 laga yang sudah dijalani. Performa Brentford mulai menurun sejak Januari 2022.

Di mana mereka hanya mampu meraih 1 poin dari 8 pertandingan yang dilakoni. Hasil buruk The Bees terlihat dari menurunnya pemain kunci. Seiring kembalinya mereka dan tambahan amunisi seperti Christian Eriksen, performa Brentford mulai membaik.

Di laga sisa, mereka masih harus menghadapi Chelsea, Tottenham dan Manchester United. Paling tidak mereka harus mengamankan laga melawan Watford, Everton dan Leeds agar terhindar dari zona degradasi. 

2. Leeds United

6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22Leeds United (leeds-live.co.uk)

Klub kedua yang juga berjuang menghindari zona degradasi ada Leeds United. Klub sensasional musim lalu itu kini terpuruk di papan bawah klasemen.

Leeds berada di posisi 16 dengan koleksi 29 poin dari 30 laga. Kehadiran Jesse Marsch yang ditunjuk menggantikan Bielsa mempunyai tugas sangat berat.

Ia harus memperbaiki mental pemain setelah hanya meraih 1 poin dari 8 laga sebelum ditinggalkan Bielsa. Hasil positif datang saat berhasil menang melawan Norwich dan Wolves.

Akan tetapi jalan masih panjang, karena mereka masih harus menghadapi klub sekelas Manchester City, Arsenal dan Chelsea. Mereka harus menang saat melawan tim semacam Watford, Crystal Palace maupun Brentford. 

Baca Juga: Everton Kian Dekat dengan Jurang Degradasi, Ada Apa?

3. Everton

6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22Everton (premierleague.com)

Tim ketiga yang mengejutkan berada di papan bawah Premier League musim ini adalah Everton. The Toffees kini terbenam di posisi 17 dengan raihan 25 poin. Akan tetapi mereka baru menjalani 27 pertandingan.

Menurunnya mereka disinyalir sejak ditangani Rafa Benitez sebelum hengkang pada Januari lalu. Kedatangan Frank Lampard sebagai suksesor Benitez sempat membawa angin segar. Tambahan pemain baru seperti Donny van de Beek dan Delle Ali membuat amunisi Lampard di Everton makin lengkap.

Namun ia dianggap belum berhasil hingga pekan 27 karena baru menang 2 kali. Di laga sisa, Lampard diharapkan jadi juru selamat Everton dari zona degradasi. 

4. Watford

6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22Watford (watfordfc.com)

Watford juga terperosok di jurang degradasi dengan koleksi 22 poin dari 29 laga dan menempatkan mereka di posisi 18 klasemen. Beberapa kali ganti pelatih dari Xisco, Raineri dan kini Roy Hodgson belum juga mampu mengangkat performa The Hornets.

Watford terus menurun performanya sejak November 2021. Dengan skuad yang ada, mereka masih harus menghadapi Liverpool, Chelsea hingga Manchester City di laga sisa. Kesempatan meraih poin mereka berada saat melawan Leeds, Brentford dan Burnley. 

5. Burnley

6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22Burnley (independent.co.uk)

Burnley yang hampir lama bertahan di Premier League juga terancam terdegradasi musim ini. Setelah menjalani 27 pertandingan, Burnley masih terperosok di posisi 19 dengan koleksi 21 poin.

Meskipun masih ada 3 laga sisa, The Clarets tampaknya akan sulit keluar dari zona degradasi. Komposisi pemain yang tidak banyak berubah membuat mereka keteteran musim ini.

Kesempatan sisa yang bisa menyelamatkan Burnley dari degradasi adalah saat menghadapi Watford, Norwich, Newcastle dan Everton. Sisanya adalah partai berat, di mana harus menghadapi Manchester City dan Tottenham Hotspur. 

6. Norwich City

6 Klub yang Berpotensi Terdegradasi dari Premier League Musim 2021/22Norwich City (premierleague.com)

Klub terakhir yang berpeluang terdegradasi adalah klub yang saat ini berada di dasar klasemen Premier League yakni Norwich City. Klub yang kerap keluar masuk Premier League ini baru mengumpulkan 17 poin dari 29 pertandingan.

Dipecatnya sang pelatih Daniel Farke dan diganti pelatih baru Dean Smith, tampaknya tidak mengubah apapun. Sempat ada perubahan, hingga kini performa buruknya kembali setelah 6 kali laga tak pernah menang. Kesempatan laga yang bisa menyelamatkan mereka adalah saat melawan Brighton dan Burnley.

 

Patut kita nantikan, klub mana yang bakal terdegradasi dari Premier League musim ini. Sisa laga berikutnya akan sangat menentukan nasib keenam klub tersebut. Bagaimana prediksi kalian?

Baca Juga: 5 Pemain Klub Calon Degradasi yang Cetak Banyak Gol Musim Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya