Comscore Tracker

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Champions

Ternyata berani bersaing, lho!

Liga Champions Eropa merupakan ajang pertarungan klub-klub terbaik di benua biru. Setiap mata penggemar sepak bola selalu tertuju ke ajang ini setiap musimnya. Tak bisa dipungkiri jika klub-klub liga top Eropa begitu mendominasi, seperti liga Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, atau Italia.

Dalam 16 musim terakhir, klub yang keluar sebagai juara merupakan klub dari liga top Eropa. Begitu juga dengan klub tersukses, di mana Real Madrid yang berasal dari Spanyol begitu perkasa. Klub di luar liga top Eropa yang terakhir menjuarai ajang ini adalah FC Porto pada tahun 2004.

Sebenarnya tak hanya Porto, dalam sejarah ada beberapa klub liga top Eropa yang sukses menjuarai Liga Champions. Sudah tahu klub mana saja? Berikut ulasannya.

1. Ajax Amsterdam

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsuefa.com/Getty Images

Salah satu klub di luar liga top Eropa yang pernah menjuarai Liga Champions adalah Ajax Amsterdam. Klub asal Belanda tersebut menjadi yang salah satu yang tersukses di ajang ini.

Hingga saat ini, De Amsterdammers telah merengkuh trofi Liga Champions sebanyak 4 kali. Terakhir kali mereka merasakan juara Liga Champions pada musim 1994/1995. Sementara tiga trofi lainnya mereka raih tiga tahun beruntun sejak 1971 hingga 1973.

2. FC Porto

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsuefa.com/Bongarts

Seperti yang kita ketahui, FC Porto menjadi klub di luar liga top Eropa terakhir yang juara Liga Champions. Trofi yang mereka raih pada musim 2003/2004 bukanlah satu-satunya.

Sepanjang sejarah, mereka telah merengkuh trofi Liga Champions sebanyak 2 kali. Satu trofi lainnya mereka raih pada musim 1986/1987 setelah menghempaskan perlawanan Bayern Munchen di partai final.

3. Benfica

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsgoal.com

Tak hanya Porto, klub asal Portugal lainnya yang juga pernah merengkuh trofi Liga Champions adalah Benfica. Mereka juga telah menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali.

Terakhir kali Benfica mengangkat trofi Si Kuping Besar yaitu pada musim 1961/1962. Sementara trofi Liga Champions pertamanya diraih pada musim sebelumnya. Barcelona dan Real Madrid menjadi korban keganasan Benfica dalam dua musim tersebut.

4. Feyenoord

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsuefa.com/Getty Images

Jika Ajax Amsterdam menjadi klub Belanda tersukses, maka Feyenoord menjadi klub Belanda pertama yang menjuarai Liga Champions. Momen tersebut terjadi pada musim 1969/1970 yang finalnya digelar di Milan, Italia. Dalam laga tersebut, Feyenoord mengalahkan Celtic dengan skor 2-1.

Baca Juga: Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!

5. PSV Eindhoven

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsuefa.com/Getty Images

Klub asal Belanda lainnya yang juga tak disangka pernah menjuarai Liga Champions adalah PSV Eindhoven. Keberhasilan mereka menjadi juara terjadi pada musim 1987/1988 saat final Liga Champions digelarnya di Stuttgart, Jerman. Dalam partai final tersebut, PSV menyudahi perlawanan sengit Benfica lewat adu penalti.

6. Red Star Belgrade

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsgoal.com

Berikutnya mungkin tak banyak yang tahu bahwa Red Star Belgrade pernah menjadi juara Liga Champions. Klub yang memiliki nama lain Crvena Zvezda tersebut berasal dari Serbia. Mereka berhasil menjuarai Liga Champions pada musim 1990/1991 yang finalnya digelar di Bari, Italia.

Dalam partai final tersebut, mereka menghadapi wakil Prancis, Olympique Marseille. Red Star Belgrade keluar sebagai juara setelah menang lewat adu tendangan penalti.

7. FC Steaua Bucharest

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsuefa.com/Getty Images

FC Steaua Bucharest merupakan klub yang berasal Romania. Klub yang satu ini menjadi klub Eropa Timur pertama yang menjuarai Liga Champions. Tepatnya saat mengalahkan tim favorit, Barcelona, pada final musim 1986/1987. Pada final yang digelar di Sevilla, Spanyol, tersebut, FCSB berhasil mengalahkan Barca lewat adu penalti.

8. Celtic

8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Championsuefa.com/Getty Images

Celtic merupakan klub asal Skotlandia yang cukup dikenal. Namun, tak banyak yang tahu bahwa klub hijau-putih ini pernah menjuarai Liga Champions. Gelar Liga Champions tersebut mereka raih pada musim 1966/1967. Celtic mengalahkan Inter Milan dengan skor 2-1 dalam final yang digelar di Lisbon, Portugal.

 

Itulah delapan klub di luar liga top Eropa yang pernah menjuarai Liga Champions. Meskipun berasal dari liga yang dinilai kurang kompetitif, mereka tak boleh dipandang sebelah mata. Akankah ada kejutan lagi dari klub di luar liga top Eropa di ajang Liga Champions? Patut kita nantikan!

Baca Juga: 10 Klub dengan Kemenangan Terbanyak di Liga Champions, Ada Jagoanmu?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya