Comscore Tracker

5 Klub yang Pernah Dibela Arjen Robben Sebelum Gantung Sepatu

Happy retirement, Robben!

Arjen Robben akhirnya benar-benar memutuskan gantung sepatu sebagai pemain sepak bola. Pada musim panas 2019 sempat memutuskan pensiun setelah terakhir membela Bayern Munchen. Namun pada awal musim 2020/21, Robben memutuskan kembali merumput bersama klub pertamanya, Groningen.

Pemain berkebangsaan Belanda ini salah satu pemain top yang pernah menghiasi persaingan sepak bola Eropa. Ia bisa dibilang cukup sukses bersama klub maupun saat berseragam timnas Belanda. Sebanyak lima klub pernah ia singgahi sebelum akhirnya gantung sepatu. Mana saja?

1. Groningen

5 Klub yang Pernah Dibela Arjen Robben Sebelum Gantung SepatuArjen Robben (theathletic.com)

Klub pertama yang pernah dibela Arjen Robben adalah Groningen. Pria kelahiran Belanda 37 tahun lalu itu menjadikan Groningen sebagai tempat menimba ilmu sepak bola. Setelah memperkuat tim muda, Robben akhirnya dikontrak tim utama sejak Januari 2001. Saat itu usianya masih sangat belia, yakni 18 tahun.

Tak hanya sebagai tim pertama, Groningen juga menjadi klub terakhir yang diperkuat Robben. Setelah melanglang buana bersama klub lain, ia kembali ke Groningen pada musim 2020/21. Selama memperkuat Groningen, Robben mencatatkan 59 pertandingan dengan torehan 12 gol dan 7 assist. 

2. PSV Eindhoven

5 Klub yang Pernah Dibela Arjen Robben Sebelum Gantung SepatuArjen Robben (fcbayern.com)

Bakat Arjen Robben saat masih muda langsung tercium oleh klub elite Eredivisie, PSV Eindhoven. Enam bulan setelah Robben dikontrak tim utama Groningen, PSV datang merekrutnya. Pemain muda itu ditebus PSV dengan mahar 4,3 juta euro atau sekitar Rp73 miliar.

Robben membela PSV selama dua musim, sebelum akhirnya diboyong Chelsea. Bersama klub berjuluk Red White Army itu, Robben berhasil merengkuh trofi Eredivisie. Untuk catatan pribadi, Robben membela PSV dalam 75 pertandingan dengan catatan 21 gol dan 21 assist. 

Baca Juga: Kenapa Arjen Robben Dijuluki Pangeran Kaca?

3. Chelsea

5 Klub yang Pernah Dibela Arjen Robben Sebelum Gantung SepatuArjen Robben (chelseafc.com)

Setelah menjalani musim luar biasa di Eredivisie, Robben diboyong Chelsea yang saat itu sedang memboyong banyak pemain bintang. Pada musim 2004/05, ia bergabung dengan The Blues setelah ditebus dengan mahar 18 juta euro atau sekitar Rp307 miliar. Harga tersebut sesuai dengan kualitas Robben yang akhirnya meraih kesuksesan bersama Chelsea.

Ia menjadi bagian awal kesuksesan klub London Barat di bawah kepemimpinan Roman Abramovich. Robben berhasil meraih 2 trofi Premier League, 1 trofi Piala FA dan 2 trofi Piala Liga. Sebelum hengkang pada tahun 2007, ia mencatatkan 106 pertandingan dengan torehan 19 gol dan 22 assist. 

4. Real Madrid

5 Klub yang Pernah Dibela Arjen Robben Sebelum Gantung SepatuArjen Robben (eurosport.com)

Suksesnya Robben di Chelsea mendapat perhatian dari raksasa Spanyol, Real Madrid. Pada musim panas 2007, ia bergabung dengan El Real dengan nilai transfer mencapai 36 juta euro atau sekitar Rp615 miliar. Angka tersebut cukup fantastis pada saat itu. Karier Robben sebenarnya berjalan mulus dalam dua musim awal.

Namun, kembalinya Florentino Perez ke kursi presiden Los Blancos membuatnya terdepak. Perez membangun kembali Los Galacticos pada musim 2009/10. Banyaknya bintang yang didatangkan membuat Robben terdepak ke Bayern Munchen. Robben membela Madrid dalam 65 pertandingan dengan catatan 13 gol dan 15 assist. 

5. Bayern Munchen

5 Klub yang Pernah Dibela Arjen Robben Sebelum Gantung SepatuArjen Robben (bundesliga.com)

Klub kelima yang pernah dibela Arjen Robben adalah Bayern Munchen. Raksasa Jerman ini menjadi klub yang paling lama dibela Robben. Selain itu, Bayern juga menjadi tempat Robben menikmati kekayaan kariernya. Setelah terdepak dari Real Madrid, ia gabung Munchen pada musim panas 2009.

Pemain yang ini bertahan hingga musim panas 2019, di mana ia sempat menyampaikan gantung sepatu. Bersama The Bavarians, Robben meraih banyak sekali trofi. Di antaranya ada 8 trofi Bundesliga, 5 trofi DFB Pokal dan 1 trofi Liga Champions. Ia pun menorehkan 144 gol dan 101 assists dari 309 pertandingan.

 

Robben adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada. Mempopulerkan posisi inverted winger dan dijuluki Si Manusia Kaca. Happy retirement, Robben!

Baca Juga: Arjen Robben: Besar di Chelsea, Sukses di Bayern Muenchen

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya