Comscore Tracker

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarah

Rangers FC ungguli Juventus hingga Real Madrid!

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia, terlebih khusus di Eropa. Hampir setiap negara di Eropa memiliki kompetisi sepak bola yang berjalan setiap tahunnya. Dalam sejarah, ada beberapa klub Eropa yang sangat sukses di kompetisi liga domestik masing-masing. Beberapa di antaranya adalah Juventus dan Real Madrid.

Namun, ternyata masih banyak klub lain yang memiliki jumlah trofi liga domestik di atas kedua klub tersebut. Berikut daftar klub Eropa dengan trofi liga domestik terbanyak sepanjang sejarah. 

1. Rangers FC - Skotlandia (55 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahuefa.com

Klub Eropa dengan trofi liga domestik terbanyak adalah Rangers FC. Rival abadi Celtic ini merupakan klub yang berdiri pada tahun 1872. Sepanjang sejarah Liga Skotlandia, Rangers telah menjadi juara sebanyak 55. Jumlah tersebut tentu saja menjadi yang terbanyak dibanding klub lain di dunia. Trofi ke-55 yang mereka raih terjadi pada musim ini di bawah asuhan Steven Gerrard.

Baca Juga: 5 Pemain Rangers FC yang Paling Diandalkan Steven Gerrard, Kunci Juara

2. Linfield - Irlandia Utara (54 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahirishnews.com

Dari negara tetangga Skotlandia, Irlandia Utara, ada Linfield FC yang menjadi klub tersukses. Klub yang bermarkas di Windsor Park ini telah meraih juara Liga Irlandia Utara sebanyak 54 kali. Terakhir kali mereka juara kasta teratas liga Irlandia Utara tersebut pada musim 2011/2012.

3. Glasgow Celtic - Skotlandia (51 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahscotsman.com

Celtic merupakan salah satu klub elite di Liga Skotlandia. Musim 2019/2020 lalu mereka berhasil meraih juara. Keberhasilannya ini membuat klub yang didirikan pada 6 November 1887 tersebut telah juara Liga Skotlandia sebanyak 51 kali. Namun, mereka bukanlah tim tersukses di Skotlandia karena masih kalah dari Rangers FC.

4. Olympiacos - Yunani (45 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahthegreekobserver.com

Olympiacos menjadi klub tersukses dalam sejarah Liga Yunani. Klub yang bermarkas di Stadio Georgios ini telah juara Liga Yunani sebanyak 45 kali. Mereka baru saja memastikan gelar ke-45 mereka pada musim 2019/2020. Pada musim ini mereka juga sangat berpeluang meraih trofi Liga Yunani kembali.

5. Benfica - Portugal (37 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahbleacherreport.com

Benfica menjadi klub tersukses dalam sejarah Liga Portugal. Klub yang berdiri pada 28 Februari 1904 ini telah menjuarai Liga Portugal sebanyak 37 kali. Terakhir kali Benfica meraih trofi kompetisi kasta teratas Liga Portugal tersebut adalah pada musim 2018/2019.

6. Juventus - Italia (36 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahespn.co.uk

Salah satu klub top Eropa yang juga sangat sukses dalam liga domestik adalah Juventus. Klub yang berdiri pada 1 November 1897 ini menjadi tim tersukses di Liga Italia. Hingga saat ini Juventus telah merengkuh trofi Liga Italia sebanyak 36 kali. Mereka menambah koleksi gelar tersebut pada musim 2019/2020 lalu.

7. Real Madrid - Spanyol (34 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Kepopuleran Real Madrid sudah tak perlu diragukan lagi. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini menjadi klub tersukses dalam sejarah Liga Spanyol yang saat ini bernama LaLiga. El Real baru saja memastikan gelar ke-34 LaLiga mereka pada musim 2019/2020 lalu. Pertama kali mereka juara Liga Spanyol yaitu pada musim 1931/1932.

8. Ajax Amsterdam - Belanda (34 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahweaintgotnohistory.sbnation.com

Dari Liga Belanda ada Ajax Amsterdam yang menjadi klub tersukses. Klub yang berdiri pada 18 Maret 1900 ini menjadi juara Eredivisie pada musim 2019/2020 ini. Raihan tersebut membuat Ajax telah meraih trofi Liga Belanda sebanyak 34 kali.

9. RSC Anderlecht - Belgia (34 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahtwitter.com/rscanderlecht

RSC Anderlecht merupakan klub yang didirikan pada 27 Mei 1908. Klub yang bermarkas di Lotto Park ini menjadi tim tersukses di Liga Belgia. Hingga saat ini Anderlecht telah meraih trofi Liga Belgia sebanyak 34 kali. Terakhir mereka menjuarai kasta teratas Liga Belgia tersebut pada musim 2016/2017.

10. Sparta Praha - Republik Ceko (34 Trofi)

10 Klub Eropa dengan Trofi Liga Domestik Terbanyak Sepanjang Sejarahdw.com

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Sparta Praha. Klub yang berdiri pada 16 November 1893 tersebut merupakan klub tersukses di Liga Republik Ceko. Hingga saat ini, Sparta Praha telah merengkuh trofi Liga Republik Ceko sebanyak 34 kali. Terakhir kali mereka merasakannya adalah pada musim 2013/2014.

 

Itulah sepuluh klub Eropa dengan trofi liga domestik terbanyak sepanjang sejarah. Sangat superior, ya?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Praha Saat Musim Dingin

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya