5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester United

Barcelona kembali berduel dengan Setan Merah

Barcelona akan berduel dengan Manchester United pada Jumat (24/2/2023) dini hari WIB. Pertandingan itu menjadi leg kedua dari playoff babak gugur UEFA Europa League (UEL) alias Liga Europa. Bermain imbang pada leg pertama, kedua punya peluang lolos yang sama ke babak berikutnya.

Bagi Barcelona, menghadapi klub asal Inggris bukan sesuatu yang asing. Apalagi, Blaugrana kerap mewakili Spanyol di kompetisi antarklub Eropa.

Termasuk Manchester United, berikut daftar klub Inggris paling sering dihadapi Barcelona.

1. Chelsea

5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester UnitedBarcelona menghadapi Chelsea. (uefa.com)

Chelsea adalah klub Inggris pertama yang paling sering dihadapi Barcelona. Klub asal London ini cukup konsisten berlaga di kompetisi antarklub Eropa.

Chelsea tak terhindarkan bertemu Blaugrana di berbagai ajang, khususnya Liga Champions Eropa. Kedua tim ini terakhir bertemu pada babak 16 besar Liga Champions 2017/2018.

Hingga saat ini, The Blues telah menghadapi Barcelona dalam 17 pertandingan. Dari jumlah laga tersebut, Barcelona masih unggul rekor pertemuan. Blaugrana menang dalam 6 pertandingan dan kalah dalam 5 pertandingan.

2. Manchester United

5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester UnitedBarcelona melawan Manchester United. (uefa.com)

Klub kedua dalam daftar ini adalah Manchester United. Klub satu ini juga tak kalah konsisten menjadi wakil Inggris di kompetisi antarklub Eropa.

Barcelona telah menghadapi Setan Merah dalam 14 pertandingan. Mereka unggul rekor pertemuan dengan 6 kali menang dan 3 kali kalah.

Salah satu pertandingan paling menarik dari duel dua tim ini adalah final Liga Champions 2008/2009 dan 2010/2011. Kala itu, Blaugrana berhasil menaklukkan Setan Merah dalam dua final tersebut.

Baca Juga: Permintaan Khusus Ten Hag Jelang Duel Hidup-Mati MU Vs Barcelona

3. Liverpool

5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester UnitedBarcelona menghadapi Liverpool. (uefa.com)

Liverpool juga kerap menjadi lawan Barcelona. Berbeda dengan dua klub sebelumnya, The Reds menjadi klub Inggris yang lebih menyulitkan Barcelona.

Dari sepuluh pertandingan yang sudah dilakoni kedua tim, Barcelona kalah rekor pertemuan. Klub Spanyol itu harus mengakui keunggulan The Reds dalam 4 pertandingan dan memenangi 3 pertandingan lainnya.

Momen terakhir kedua tim bertemu terjadi pada semifinal Liga Champions 2018/2019. Saat itu, Liverpool berhasil comeback setelah sempat takluk pada leg pertama.

4. Arsenal

5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester UnitedBarcelona menghadapi Arsenal. (uefa.com)

Arsenal jadi klub Inggris berikutnya yang sering dilawan Barcelona. Saat ini, Arsenal juga menjadi salah satu wakil Inggris di Liga Europa.

Hingga saat ini, Barcelona telah berhadapan dengan Arsenal dalam sembilan pertandingan. Dari jumlah tersebut, Blaugrana unggul jauh dalam rekor pertemuan. Arsenal harus mengakui keunggulan Barca dalam 6 pertandingan dan baru memenangi 1 pertandingan lainnya.

Momen terakhir pertemuan kedua tim ini terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2015/2016. Saat itu, Blaugrana berhasil menaklukkan Arsenal.

5. Manchester City

5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Barcelona, Ada Manchester UnitedBarcelona melawan Manchester City. (uefa.com)

Manchester City adalah klub terakhir dalam daftar ini. Secara total, Barcelona telah menghadapi mereka dalam enam pertandingan.

Dari enam pertandingan yang sudah mereka lakoni, Barcelona masih terlalu tangguh bagi Manchester City. Klub Inggris ini harus mengakui keunggulan Blaugrana dalam 5 pertandingan dan baru memenangi 1 pertandingan lainnya.

Terakhir kali kedua tim bertemu pada fase grup Liga Champions 2016/2017. Kala itu, mereka saling mengalahkan saat bertindak sebagai tuan rumah.

Patut kita nantikan duel Barcelona dan Manchester United pada leg kedua nanti. Akankah Blaugrana mampu menyingkirkan Setan Merah?

Baca Juga: 3 Nama yang Cemerlang di Laga Barcelona Lawan MU

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya