20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21

Di posisi berapa klub favoritmu? 

Dalam sepak bola modern, persaingan antar klub semakin ketat. Apalagi klub-klub liga top Eropa yang memperkuat tim setiap musimnya. Tak hanya mencetak gol, sebuah tim sepak bola juga berusaha agar tidak kebobolan dalam sebuah pertandingan atau biasa disebut clean sheet.

Hal tersebut tentu saja menjadi keberhasilan tersendiri bagi sebuah tim. Lalu klub mana di liga top Eropa yang catatkan clean sheet terbanyak di abad 21? Berikut ulasannya.

20. Sevilla (LaLiga)

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21twitter.com/SevillaFC

Sevilla menjadi salah satu klub asal Spanyol yang cukup bersaing di LaLiga maupun kompetisi bergengsi lainnya. Di abad 21 ini, Sevilla sukses catatkan clean sheet sebanyak 242 kali dan menempatkan mereka di urutan ke-20 dalam daftar ini. 

19. Olympique Marseille (Ligue 1) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21racingpost.com

Berikutnya ada klub dari Ligue 1 yaitu Olympique Marseille. Marseille menjadi salah satu klub yang konsisten dalam sepak bola Prancis. Mereka berhasil mencatatkan 252 clean sheet di abad 21. 

18. Manchester City (Premier League) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21premierleague.com

Manchester City menjelma menjadi salah satu tim terkuat di Premier League dalam sedekade terakhir. Dihuni para pemain bintang, The Citizens berhasil meraih 253 clean sheet di abad 21 ini. 

17. Valencia (LaLiga) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21transfermarkt.com

Diurutan ke-17 ada klub asal Spanyol yaitu Valencia yang mampu bersaing di papan atas LaLiga. Klub yang identik dengan kelelawar ini berhasil mencatatkan 253 clean sheet di abad 21.

16. AS Roma (Serie A) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21goal.com

Klub yang berkompetisi di Serie A yaitu AS Roma juga memiliki catatan clean sheet tak kalah banyak di abad 21 ini. Klub asal ibukota Italia tersebut berhasil mencatatkan 264 clean sheet.

15. Real Madrid (LaLiga) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21managingmadrid.com

Klub raksasa Spanyol yaitu Real Madrid hanya menempati urutan ke-15 dalam daftar ini. El Real dikenal sebagai tim yang dihuni kiper berkualitas seperti Iker Casillas dan saat ini ada Thibaut Courtois. Di abad 21, Los Blancos sukses meraih 270 clean sheet

14. Girodins Bordeaux (Ligue 1) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21worldfootball.net

Bordeaux menjadi salah satu tim elite Ligue 1 sebelum dikuasai Paris Saint-Germain. Di abad 21, Bordeaux berhasil mencatatkan 271 clean sheet

13. AC Milan (Serie A)

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21lesoir.be

AC Milan sempat menjadi klub terkuat di Serie A bahkan Eropa pada tahun 2000an. Mereka juga pernah dibela kiper hebat seperti Dida dan saat ini ada Gianluigi Donnarumma. Rossoneri berhasil meraih 275 clean sheet di abad 21. 

12. LOSC Lille (Ligue 1) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21lequipe.fr

Sama seperti Bordeaux, Lille merupakan salah satu klub yang pernah menjuarai Ligue 1. Tim yang dikenal sebagai pencetak pemain potensial ini berhasil mencatatkan 276 clean sheet di abad 21. 

11. Arsenal (Premier League) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21premierleague.com

Meskipun saat ini tampil kurang maksimal, Arsenal pernah menjadi tim terkuat di Premier League. Klub asal London tersebut berhasil mencatatkan 280 clean sheet di abad 21. 

Baca Juga: 8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!

10. Inter Milan (Serie A) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21inter.it

Klub sekota AC Milan yaitu Inter Milan juga menjadi salah satu tim kuat di Serie A hingga Eropa. Klub dengan ciri khas jersey biru hitam ini berhasil mencatatkan 282 clean sheet

9. Olympique Lyon (Ligue 1) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21worldfootball.net

Diurutan ke-9 ada klub asal Prancis yaitu Olympique Lyon. Lyon menjadi tim elite di Ligue 1 dan jadi pesaing Paris Saint-Germain. Di abad 21, Lyon berhasil mencatatkan 282 clean sheet

8. Atletico Madrid (LaLiga) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21sillyseason.com

Rival sekota Real Madrid justru memiliki catatan clean sheet lebih baik. Atletico Madrid menjadi tim yang konsisten menyaingi dua raksasa LaLiga yaitu El Real dan El Barca. Atletico menjadi tim Spanyol yang jago dalam menghasilkan kiper hebat. Tak heran jika mereka berhasil meraih 284 clean sheet di abad 21. 

7. Bayern Munchen (Bundesliga) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21fcbayern.com

Bayern Munchen menjadi tim tersukses dalam sejarah Bundesliga. Bahkan mereka berhasil meraih trofi Bundesliga dalam delapan musim terakhir. Selama abad 21, The Bavarians sukses mencatatkan 296 clean sheet

6. Paris Saint-Germain (Ligue 1) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21france24.com

Sama seperti Manchester City, Paris Saint-Germain menjadi kekuatan baru pada abad 21. Mereka tak ragu mengeluarkan dana besar untuk dapatkan pemain bintang. Selama abad 21, PSG berhasil mencatatkan 298 clean sheet

5. Liverpool (Premier League) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21liverpoolfc.com

Sang juara Premier League musim ini yaitu Liverpool menempati urutan kelima. Meskipun baru meraih trofi pertama di era Premier League, namun The Reds tampil konsisten tiap musimnya. Di abad 21, Liverpool mencatatkan 315 clean sheet

4. Juventus (Serie A) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21juvefc.com

Kehebatan Juventus sudah tak perlu diragukan lagi. La Vecchia Sinyora juga mendominasi Serie A dalam 9 musim terakhir. Gianluigi Buffon menjadi andalan Juve di bawah mistar gawang. Di abad 21, Juventus berhasil mencatatkan 326 clean sheet

3. Manchester United (Premier League) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21premierleague.com

Manchester United merupakan klub Premier League yang ditakuti saat ditangani Sir Alex Ferguson. Dimasa kejayaannya Setan merah dihuni pemain-pemain berkualitas di semua posisi termasuk kiper. Di abad 21, United berhasil mencatatkan 327 clean sheet.

2. Barcelona (LaLiga) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21fcbarcelonanoticias.com

Diurutan kedua ada Barcelona yang cukup konsisten di abad 21 ini. Klub Spanyol ini berhasil menjuarai LaLiga hingga kompetisi mancanegara. El Barca berhasil mencatatkan 330 clean sheet selama abad 21. 

1. Chelsea (Premier League) 

20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21twitter.com/EuropaLeague

Klub liga top Eropa yang catatkan clean sheet terbanyak di abad 21 adalah Chelsea. The Blues menjadi tim yang disegani sejak dimiliki Roman Abramovich pada awal 2000an. Hal tersebut membuat mereka memiliki pemain-pemain berkualitas di semua lini. Klub London barat tersebut sukses menorehkan 335 clean sheet di abad 21.

Kehebatan sebuah tim tak hanya dari jumlah mencetak gol. Namun dalam sepak bola modern, pertahanan juga menjadi hal yang penting. Tim mana yang menjadi favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 6 Kiper yang Berhasil Catat Clean Sheet Terbanyak di Liga Champions

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya