Comscore Tracker

5 Klub Paling Mengejutkan yang Menjuarai Liga Domestik, Kuda Hitam!

Akankah ada kejutan lagi musim ini?

Hampir setiap musim kita disuguhi persaingan yang sengit di liga-liga top Eropa. Mereka bersaing memperebutkan gelar juara liga domestik. Masing-masing liga top Eropa mungkin memiliki klub yang sudahenjadi unggulan. Klub-klub tersebut bersaing di papan atas dan menjadi kandidat kuat juara.

Namun, terkadang jalannya musim tidak sesuai prediksi banyak orang. Ada saja klub-klub yang tampil mengejutkan setiap musimnya. Bahkan, beberapa dari mereka sukses merengkuh trofi liga. Lantas, klub mana saja yang paling mengejutkan dalam menjuarai liga domestik? Berikut ulasannya.

1. Montpellier, Juara Ligue 1 Musim 2011/2012

5 Klub Paling Mengejutkan yang Menjuarai Liga Domestik, Kuda Hitam!90min.com

Salah satu klub yang mampu mengejutkan penggemar sepak bola adalah Montpellier. Klub yang satu ini terbilang bukan klub elite di kancah sepak bola Prancis. Saat ini mungkin banyak yang tak tahu Montpellier. Montpellier berhasil membuat kejutan dalam gelaran Ligue 1 musim 2011/2012.

Pada musim tersebut, klub-klub elite seperti Lille, Lyon, Marseille, dan Paris Saint-Germain yang mempunyai pemilik baru menjadi unggulan. Olivier Giroud menjadi salah satu pemain yang diandalkan Montpellier dalam menjuarai Ligue 1 saat itu, bahkan menjadi top skor. Hingga saat ini mereka belum mampu lagi membuat kejutan di kasta teratas liga Prancis.

2. Napoli, Juara Serie A Musim 1986/1987

5 Klub Paling Mengejutkan yang Menjuarai Liga Domestik, Kuda Hitam!thesefootballtimes.co

Napoli mungkin merupakan klub yang cukup familier hingga saat ini. Meskipun kerap bersaing di papan atas, Il Partenopei jarang sekali menjuarai Serie A. Mereka pernah memberikan kejutan besar bagi sepak bola Italia dengan meraih trofi Serie A pertama sepanjang sejarah. Momen tersebut terjadi pada musim 1986/1987.

Saat itu, Napoli diperkuat oleh legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona. Kesuksesan tersebut menandai kejayaan Napoli dalam beberapa musim berikutnya. Terakhir kali mereka menjadi juara Serie A yaitu pada musim 1989/1990.

3. 1. FC Kaiserslautern, Juara Bundesliga Musim 1997/1998

5 Klub Paling Mengejutkan yang Menjuarai Liga Domestik, Kuda Hitam!dw.com

1. FC Kaiserslautern mungkin tidak terlalu familier karena saat ini mereka bermain di kasta ketiga Liga Jerman. Namun, mereka pernah mencatatkan momen mengejutkan dalam sejarah Bundesliga. Kaiserslautern saat itu berstatus sebagai tim promosi dan menjuarai Bundesliga pada musim 1997/1998.

Mantan pelatih Bayern Munchen yang dipecat pada musim sebelumnya, Otto Rehhagel, menjadi sosok di balik kejutan besar tersebut. Mereka harus bersaing ketat dengan Bayern Munchen, bahkan penentuan juara masih diperebutkan hingga pertandingan terakhir.

4. AS Monaco, Juara Ligue 1 Musim 2016/2017

5 Klub Paling Mengejutkan yang Menjuarai Liga Domestik, Kuda Hitam!espn.com/Jean Catuffe/Getty Images

Tak hanya Montpelier, klub Prancis lainnya yang pernah membuat kejutan di Ligue 1 adalah AS Monaco. Mereka berhasil memutus dominasi Paris Saint-Germain yang juara empat musim beruntun. Pada musim 2016/2017, Monaco diperkuat generasi emas hingga mampu juara Ligue 1. Salah satu bintangnya tentu saja Kylian Mbappe.

Trofi tersebut mereka raih untuk terakhir kalinya pada musim 1999/2000. Berkat penampilan luar biasa, pemain-pemain Monaco menjadi incaran klub-klub elite. Monaco pun meraih keuntungan dari penjualan pemain-pemain tersebut.

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa AS Monaco, Ada George Weah!

5. Leicester City, Juara Premier League Musim 2015/2016

5 Klub Paling Mengejutkan yang Menjuarai Liga Domestik, Kuda Hitam!premierleague.com

Satu musim sebelum AS Monaco mengejutkan Ligue 1, penggemar sepak bola dunia dikejutkan dengan Leicester City yang menjuarai Premier League 2015/2016. Tentu saja tak ada yang menyangka bahwa The Foxes akan mengungguli klub-klub elite seperti Manchester City dan Chelsea yang saat itu sedang berjaya.

Leicester baru promosi ke Premier League pada musim 2013/2014. Di musim perdananya mereka bahkan terbilang beruntung karena bisa bertahan di Premier League. Penunjukkan Claudio Ranieri untuk menyelamatkan klub tersebut sangat tepat dan menjadi sosok di balik kejutan besar ini.

 

Kejutan-kejutan tersebut membuat kompetisi liga top Eropa tidak membosankan dan meninggalkan cerita tersendiri. Akankah ada kejutan lagi musim ini?

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Leicester City, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya