5 Klub Paling Sering Ditaklukkan Real Madrid di Copa del Rey

Barcelona salah satunya

Real Madrid akan menjalani final Copa del Rey menghadapi Osasuna pada Minggu (7/5/2023) dini hari WIB. Momen ini menjadi kesempatan Los Blancos menambah torehan trofi Copa del Rey.

Sebelum final pada 2022/2023, Real Madrid tercatat sebagai klub tersukses ketiga di turnamen ini. Terakhir kali mereka menjadi juara terjadi pada 2013/2014.

Meski bukan tim paling superior di Copa del Rey, Real Madrid patut diwaspadai lawan-lawannya. Tercatat, ada beberapa klub yang kerap menjadi korban keganasan Los Blancos.

Lantas, klub apa saja yang paling sering ditaklukkan Real Madrid di Copa del Rey?

1. Atletico Madrid

5 Klub Paling Sering Ditaklukkan Real Madrid di Copa del ReyReal Madrid menghadapi Atletico Madrid. (atleticodemadrid.com)

Klub paling sering dikalahkan Real Madrid di Copa del Rey adalah Atletico Madrid. Klub sekota ini memang cukup sering bersua Los Blancos, termasuk di turnamen ini.

Hingga saat ini, keduanya telah berduel di Copa del Rey dalam 26 pertandingan. Dari pertandingan tersebut, Los Blancos menaklukkan Atletico Madrid dalam 13 pertandingan.

Di kubu lawan, Los Rojiblancos hanya mampu menang dalam delapan pertandingan lainnya. Duel terakhir keduanya terjadi pada babak perempat final 2022/2023.

2. Barcelona

5 Klub Paling Sering Ditaklukkan Real Madrid di Copa del ReyReal Madrid melawan Barcelona. (laliga.com)

Berikutnya, ada Barcelona yang tercatat sebagai klub tersukses di Copa del Rey. Meski begitu, Blaugrana kerap menemui kesulitan saat bersua Real Madrid.

Salah satunya terjadi di final 2013/2014 yang dimenangi Los Blancos. Hingga saat ini, Real Madrid telah menaklukkan Barcelona dalam 13 pertandingan dari 38 pertandingan Copa del Rey.

Barcelona sendiri masih unggul dalam rekor pertemuan. Klub Catalan tersebut sukses mengalahkan Real Madrid dalam 17 pertandingan lainnya.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Real Madrid 2010-an yang Menjadi Pelatih pada 2022/2023

3. Athletic Bilbao

5 Klub Paling Sering Ditaklukkan Real Madrid di Copa del ReyAthletic Bilbao menghadapi Real Madrid. (athletic-club.eus)

Athletic Bilbao menjadi klub tersukses kedua di Copa del Rey. Namun, sama seperti Barcelona, mereka juga kerap kesulitan melawan Real Madrid.

Dari 31 pertandingan, Athletic Bilbao kalah dalam 12 pertandingan. Meski begitu, klub asal Basque ini masih unggul dengan raihan 16 kemenangan.

Terakhir kali keduanya bertemu di Copa del Rey terjadi di perempat final 2021/2022. Kala itu, Los Blancos harus mengakui keunggulan Athletic Bilbao.

4. Racing Santander

5 Klub Paling Sering Ditaklukkan Real Madrid di Copa del ReyRacing Santander (uefa.com)

Racing Santander menjadi salah satu klub yang pernah eksis di persepakbolaan Spanyol. Mereka juga kerap bersua Real Madrid di Copa del Rey.

Real Madrid masih terlalu tangguh bagi Racing Santander. Dari 14 pertemuan, Los Blancos sukses menang dalam 9 pertandingan di antaranya.

Momen terakhir pertemuan kedua tim ini terjadi sudah cukup lama. Tepatnya pada Copa del Rey 1998/1999 yang kala itu dimenangi Real Madrid.

5. Valencia

5 Klub Paling Sering Ditaklukkan Real Madrid di Copa del ReyReal Madrid melawan Valencia. (valenciacf.com)

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Valencia. Sama seperti beberapa klub sebelumnya, Valencia menjadi salah satu klub yang cukup konsisten di Spanyol.

Di Copa del Rey, Valencia tak terhindarkan bertemu Real Madrid. Hingga saat ini, keduanya sudah bertemu dalam 18 pertandingan.

Hasilnya, Los Blancos menang dalam 9 pertandingan dan kalah dalam 6 pertandingan lainnya. Pertandingan perempat final 2012/2013 menjadi momen terakhir keduanya bertarung di Copa del Rey.

Patut kita nantikan kiprah Real Madrid di partai final Copa del Rey 2022/2023. Akankah Los Blancos menambah koleksi gelar di ajang ini atau justru bakal terjungkal?

Baca Juga: Carlo Ancelotti Tak Sabar Angkat Trofi Copa del Rey! 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya