6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah Satunya

Juventus akan bersua Sevilla di semifinal Liga Europa

Juventus akan bersua dengan Sevilla dalam babak semifinal Liga Europa 2022/2023, Jumat (12/5/2023). Pertandingan ini diprediksi tidak akan mudah bagi La Vecchia Signora. Klub asal Spanyol itu merupakan klub tersukses di ajang ini dengan raihan enam gelar juara.

Meski begitu, menghadapi klub Spanyol bukan sesuatu yang asing lagi bagi Juventus, khususnya di kompetisi antarklub Eropa. Pengalaman melawan klub Spanyol bisa menjadi modal berharga bagi Juventus sebelum bersua Sevilla. Lalu, klub Spanyol mana saja yang paling sering dihadapi Juventus?

1. Real Madrid

6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah SatunyaPara pemain Juventus coba merebut bola dari Cristiano Ronaldo, penyerang Real Madrid, saat berlaga di Liga Champions Eropa. (uefa.com)

Klub Spanyol paling sering dihadapi Juventus adalah Real Madrid. Klub berjuluk Los Blancos ini cukup sering dihadapi Juventus di kompetisi antarklub Eropa. Total, kedua tim tersebut telah berhadapan dalam 21 pertandingan.

Sayangnya, Juventus masih kalah dalam rekor pertemuan melawan Real Madrid. La Vecchia Signora baru bisa menaklukkan Real Madrid dalam 8 pertandingan dan harus takluk dalam 11 pertandingan lainnya. Terakhir keduanya saling berhadapan yaitu pada musim 2017/2018 di babak perempat final Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Sevilla 

2. Barcelona

6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah SatunyaCristiano Ronaldo, penyerang Juventus dikejar Lionel Messi, penyerang Barcelona, saat bersua di Liga Champions Eropa. (uefa.com)

Berikutnya ada Barcelona yang menjadi salah satu lawan Juventus dalam babak penyisihan grup Liga Champions Eropa 2022/2023. Sebelum musim ini, kedua tim tersebut juga sudah cukup sering saling berhadapan. Secara total, Juventus telah menghadapi Barcelona dalam 15 pertandingan.

Hebatnya, Juventus mampu mengungguli Barcelona sebanyak enam kali. Di sisi lain, La Vecchia Signora mengakui keunggulan Barcelona dalam lima pertandingan lainnya. Salah satu laga penting antara keduanya pernah terjadi di final Liga Champions 2014/2015 yang akhirnya dimenangi Barcelona.

3. Atletico Madrid

6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah SatunyaCristiano Ronaldo, penyerang Juventus, merayakan gol ke gawang Atletico Madrid di Liga Champions Eropa. (uefa.com)

Atletico Madrid juga cukup sering berhadapan dengan Juventus. Hingga saat ini keduanya telah berhadapan dalam sebelas pertandingan. Hasilnya 6 kemenangan untuk Juventus dan 3 pertandingan lainnya dimenangi Atletico Madrid.

Momen terakhir keduanya bertarung terjadi dalam babak penyisihan grup Liga Champions 2019/2020. Kala itu, Juventus bertemu Atletico Madrid dalam babak penyisihan grup. Selain berduel di Liga Champions, Juventus dan Atletico Madrid juga pernah bertarung di ajang Fairs Cup. 

4. Deportivo La Coruna

6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah SatunyaDeportivo La Coruna (uefa.com)

Deportivo La Coruna pernah menjadi salah satu klub yang sering mewakili Spanyol di kompetisi antarklub Eropa. Mereka pun tak terhindarkan bertemu Juventus, khususnya di Liga Champions. Namun, momen terakhir keduanya saling berhadapan sudah terjadi cukup lama, yakni pada musim 2003/2004.

Secara total, Juventus telah menghadapi Deportivo La Coruna dalam delapan pertandingan. Uniknya, Juventus memiliki rekor yang buruk saat bertemu Deportivo La Coruna. Dari jumlah tersebut, Juventus kalah 3 kali dan baru menang dalam 1 pertandingan.

Baca Juga: 5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah Satunya

5. Athletic Bilbao

6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah SatunyaAthletic Bilbao (twitter.com/Athletic_en)

Athletic Bilbao memang pernah beberapa kali bertemu dengan Juventus. Namun, momen terakhir pertemuan kedua tim ini sudah terjadi cukup lama. Terakhir, keduanya saling berhadapan yaitu pada musim 1998/1999 di ajang Liga Champions. Juventus telah menghadapi Athletic Bilbao dalam enam pertandingan. Rekor pertemuan keduanya cukup berimbang, di mana masing-masing telah meraih dua kemenangan. 

6. Sevilla

6 Klub Spanyol Paling Sering Bersua Juventus, Sevilla Salah SatunyaGonzalo Higuain, penyerang Juventus, berduel dengan pemain Sevilla dalam pertandingan Liga Champions Eropa. (uefa.com)

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Sevilla yang akan dihadapi Juventus dalam babak semifinal Liga Europa 2022/2023. Sebelum laga semifinal musim ini, Juventus telah bersua Sevilla dalam empat pertandingan. Juventus memiliki rekor lebih bagus atas Sevilla dengan dua kemenangan. Mereka baru sekali kalah dari klub asal Spanyol itu.

Patut kita nantikan duel Juventus melawan Sevilla di semifinal Liga Europa 2022/2023. Keduanya memiliki tujuan yang sama untuk menjadi juara Liga Europa musim ini. Klub mana yang akan melaju ke partai final?

Baca Juga: 6 Mantan Juara Liga Champions Berebut Trofi Liga Europa 2022/2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya