5 Klub Spanyol Paling Sering Menaklukkan Barcelona, El Real Teratas

Barcelona dan Real Madrid bertemu di El Clasico

Barcelona menjadi salah satu raksasa sepak bola Spanyol. Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut menjadi rival abadi Real Madrid. Tak hanya di LaLiga, tetapi juga di ajang lain, seperti Copa del Rey.

Pada Jumat (3/3/2023) dini hari WIB, misalnya, kedua tim bertarung pada leg pertama semifinal Copa del Rey. Real Madrid yang bertindak sebagai tuan rumah harus mengakui keunggulan Blaugrana. Namun, Real Madrid masih menjadi klub Spanyol paling sering menaklukkan Barca.

Selain Real Madrid, ada juga klub Spanyol lain yang kerap menyulitkan El Barca. Berikut daftar klub Spanyol yang paling sering mengalahkan Barcelona.

1. Real Madrid

5 Klub Spanyol Paling Sering Menaklukkan Barcelona, El Real TeratasReal Madrid menghadapi Barcelona. (fcbarcelona.com)

Real Madrid menjadi klub Spanyol paling sering mengalahkan Barcelona. Klub berjuluk Los Blancos ini menjadi salah satu rival besar Blaugrana. Lebih spesialnya lagi, pertemuan kedua klub memiliki tajuk tersendiri, yakni El Clasico.

Barcelona telah menghadapi Real Madrid dalam 252 pertandingan di berbagai kompetisi. Dari jumlah tersebut, El Barca harus mengakui keunggulan Los Blancos dalam 102 pertandingan.

Di sisi lain, Blaugrana mencatatkan kemenangan atas El Real dalam 99 pertandingan. Pada 2022/2023 ini saja, keduanya sudah bertemu dalam tiga pertandingan. Barca berhasil mengungguli El Real dalam dua pertandingan.

2. Athletic Bilbao

5 Klub Spanyol Paling Sering Menaklukkan Barcelona, El Real TeratasBarcelona melawan Athletic Bilbao. (fcbarcelona.com)

Klub Spanyol kedua yang sering mengalahkan Barcelona adalah Athletic Bilbao. Blaugrana kerap kesulitan saat berhadapan dengan klub asal Basque tersebut.

Dari 237 pertandingan, Barcelona harus mengakui keunggulan Athletic Bilbao 79 kali. Meski begitu, Blaugrana masih memiliki catatan yang cukup bagus atas Athletic Bilbao. Mereka berhasil mengungguli Los Leones dalam 119 pertandingan.

Dalam sejarah, kekalahan terbesar Barcelona dari Athletic Bilbao terjadi pada 1931 dengan skor 1-12. Namun, pada pertandingan perdana LaLiga 2022/2023, Barcelona berhasil menaklukkan Athletic Bilbao.

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Bersua Real Madrid di Copa del Rey, Ada Barcelona

3. Atletico Madrid

5 Klub Spanyol Paling Sering Menaklukkan Barcelona, El Real TeratasBarcelona menghadapi Atletico Madrid. (fcbarcelona.com)

Atletico Madrid juga jadi klub Spanyol yang sering mengalahkan Barcelona. Kedua klub tersebut telah berhadapan dalam 239 pertandingan di berbagai kompetisi.

Los Rojiblancos berhasil mengungguli Blaugrana dalam 76 pertandingan di antaranya. Kemenangan terbesar Atletico Madrid atas Barcelona terjadi dengan skor 4-0 pada 1942 dan 1981.

Sayangnya, Atletico Madrid gagal mengalahkan Barcelona dalam pertemuan perdana di LaLiga 2022/2023 ini. Blaugrana juga memiliki rekor lebih bagus saat berhadapan dengan Atletico, yakni dengan mengantongi 107 kemenangan.

4. Valencia

5 Klub Spanyol Paling Sering Menaklukkan Barcelona, El Real TeratasBarcelona melawan Valencia. (fcbarcelona.com)

Klub keempat dalam daftar ini adalah Valencia. Klub satu ini menjadi salah satu klub Spanyol yang sering mengalahkan Barcelona. Kedua klub telah berhadapan dalam 224 pertandingan.

Valencia berhasil mengalahkan Blaugrana dalam 59 pertandingan. Momen terakhir Valencia mengalahkan Barcelona terjadi pada 2020 dengan skor 2-0.

Blaugrana tentu saja masih memiliki rekor bagus saat berhadapan dengan Los Che. Dari jumlah pertandingan yang sudah dilakoni, El Barca berhasil menaklukkan Valencia dalam 109 pertandingan.

5. Sevilla

5 Klub Spanyol Paling Sering Menaklukkan Barcelona, El Real TeratasBarcelona bersua Sevilla. (fcbarcelona.com)

Sevilla juga menjadi salah satu klub Spanyol yang sulit dihadapi Barcelona. Dari 197 pertandingan, mereka berhasil mengalahkan Blaugrana dalam 45 pertandingan.

Meskipun demikian, El Barca masih memiliki catatan yang cukup bagus saat melawan Sevilla. Sebanyak 113 pertandingan lainnya berhasil dimenangi Barcelona.

Dalam dua pertemuan terakhir pada 2022/2023 ini, Sevilla harus mengakui keunggulan Barcelona, baik kandang maupun tandang. Sementara, momen terakhir Sevilla mengalahkan El Barca terjadi pada 2021 dengan skor 2-0.

Dari daftar di atas, Real Madrid menjadi rival abadi Barcelona. Mereka bahkan masih sering menang melawan Blaugrana. Namun, Barca berhasil mengalahkan Real Madrid pada leg pertama semifinal c 2022/2023.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Barcelona sejak Ditangani Xavi Hernandez, Bertalenta

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya