5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga Champions

Manchester City menang melawan Sevilla

Manchester City menjadi klub yang belum pernah merasakan juara Liga Champions Eropa (UCL). Namun, klub asal Inggris ini kerap menjadi kandidat juara dalam beberapa musim terakhir. Pencapaian terbaiknya di kompetisi antarklub Eropa ini adalah runner-up pada 2020/2021.

Konsisten menjadi wakil Inggris di Liga Champions membuat Manchester City telah menghadapi klub-klub dari berbagai negara. Beberapa di antaranya klub dari Spanyol, yang beberapa kali juga merepotkan The Cityzens.

Pada 2022/2023 ini, mereka satu grup dengan klub Spanyol, Sevilla. Total ada lima klub Spanyol yang pernah dihadapi Manchester City di Liga Champions.

1. Real Madrid

5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga ChampionsManchester City vs Real Madrid (uefa.com)

Real Madrid jadi klub Spanyol yang paling sering dihadapi Manchester City di Liga Champions. Klub ibukota ini memang konsisten menjadi wakil Spanyol di kompetisi antarklub Eropa.

Di Liga Champions sendiri, Manchester City telah menghadapi El Real dalam delapan pertandingan. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada babak semifinal Liga Champions 2021/2022 lalu. Sayangnya, Manchester City gagal mengalahkan Los Blancos dan kalah dengan agregat 5-6.

Secara total, The Cityzens memiliki rekor pertemuan yang cukup seimbang dengan Real Madrid. Mereka meraih 3 kemenangan, 2 imbang, dan 3 kekalahan.

2. Barcelona

5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga ChampionsManchester City melawan Barcelona. (uefa.com)

Raksasa Spanyol lainnya, Barcelona, juga kerap menghadapi Manchester City di Liga Champions. Dibanding Real Madrid, Blaugrana justru menjadi salah satu klub yang masih sulit ditaklukkan The Cityzens hingga saat ini.

Dari enam pertandingan yang sudah dilakoni kedua tim, Manchester City baru sekali menang atas Barca. Klub Manchester Biru itu harus mengakui keunggulan Barca dalam lima pertandingan lainnya.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 2016 pada babak grup. Saat itu, Manchester City yang sempat kalah 1-4 di Camp Nou berhasil balas dendam di kandangnya sendiri dengan skor 3-1.

Baca Juga: 5 Pemain yang Punya Kontrak Panjang bersama Manchester City

3. Sevilla

5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga ChampionsManchester City menghadapi Sevilla. (twitter.com/ManCity)

Sevilla yang satu grup di Liga Champions musim ini jadi klub Spanyol yang sering dihadapi Manchester City. The Cityzens berhasil mengalahkan Sevilla, baik di kandang maupun tandang, dalam dua pertandingan babak grup Liga Champions 2022/2023.

Secara total, Manchester City telah menghadapi Sevilla dalam empat pertandingan Liga Champions. Sebelum musim ini, kedua tim pernah satu grup di Liga Champions 2015/2016. 

Dari empat pertandingan yang sudah kedua tim lakoni, The Cityzens masih terlalu tangguh bagi Sevilla. Klub asal Spanyol satu ini harus mengakui keunggulan Manchester City dalam empat pertandingan.

4. Atletico Madrid

5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga ChampionsManchester City melawan Atletico Madrid. (twitter.com/SquawkaNews)

Atletico Madrid jadi klub Spanyol lainnya yang pernah dihadapi Manchester City di Liga Champions. Klub ibu kota ini memang menjadi salah satu klub yang sering mewakili Spanyol di kompetisi antarklub Eropa.

Hingga saat ini, The Cityzens telah berhadapan dengan Atletico Madrid dalam dua pertandingan Liga Champions. Dari jumlah tersebut, Manchester City berhasil mengungguli Atletico Madrid dalam 1 pertandingan dan bermain imbang pada 1 pertandingan lainnya.

Momen pertemuan kedua tim ini terjadi pada perempat final Liga Champions 2021/2022. Saat itu, Manchester City berhasil menang 1-0 saat bermain di Etihad Stadium. Hasil imbang pada leg kedua sudah cukup bagi Manchester City untuk melaju ke babak berikutnya.

5. Villarreal 

5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga ChampionsManchester City vs Villarreal. (skysports.com)

Klub Spanyol kelima yang pernah dihadapi Manchester City di Liga Champions adalah Villarreal. Prestasi Villarreal mungkin tak terlalu mentereng. Klub kuning ini beberapa kali tampil di Liga Champions.

Mereka tak terhindarkan bertemu Manchester City di kompetisi antarklub Eropa tersebut. Hingga saat ini, Villarreal telah menghadapi The Cityzens dalam dua pertandingan.

Dari dua laga tersebut, Manchester City menyapu bersih pertemuan dengan kemenangan. Kedua tim ini bertemu pada babak grup Liga Champions 2011/2012.

Secara keseluruhan, Manchester City mampu mengimbangi klub-klub Spanyol yang dikenal cukup berprestasi di Eropa. Pada babak gugur musim ini, hanya Real Madrid yang mungkin bakal dihadapi The Cityzens.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester City

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya