5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal Terbaru

Villarreal menjadi juara Europa League 2020/21

Spanyol menjadi salah satu negara yang memiliki kekuatan sepak bola cukup maju. Tak hanya timnas mereka yang cukup kuat, klub-klub asal Spanyol juga dikenal mampu bersaing di kompetisi antar klub. Khususnya di ajang Europa League, setidaknya ada 5 klub asal Spanyol yang sudah merasakan menjadi juara.

Terbaru ada Villarreal yang berhasil mengalahkan Manchester United di partai puncak. Selain itu, klub Spanyol lainnya yaitu Sevilla juga menjadi klub tersukses di ajang ini. Lantas, mana saja klub asal Spanyol yang pernah menjuarai Europa League? Berikut ulasannya.

1. Sevilla

5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal TerbaruSevilla (fcbayern.com/Lars Baron)

Salah satu klub asal Spanyol yang pernah menjuarai Europa League adalah Sevilla. Klub asal Spanyol tersebut telah merengkuh trofi Europa League sebanyak 6 kali termasuk musim lalu. Di mana Sevilla meraihnya pada tahun 2006, 2007, 2014, 2015, 2016 dan terakhir 2020 kemarin.

Dengan status yang dimilikinya tersebut, Los Nervionenses tentu layak disebut tim spesialis Europa League. Apalagi mereka belum pernah gagal dalam partai final. Sevilla menjadi klub tersukses dalam sejarah Europa League.

2. Atletico Madrid

5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal TerbaruAtletico Madrid (goal.com)

Klub Spanyol kedua yang juga cukup sukses dalam sejarah Europa League ada Atletico Madrid. Klub Spanyol tersebut juga mengumpulkan trofi Europa League yang tak kalah banyak. Hingga kini, Atletico telah menjuarai Europa League sebanyak 3 kali.

Kesuksesan Los Colchoneros tersebut terjadi pada tahun 2010, 2012 serta 2018. Sama seperti Sevilla, Atletico juga menjadi tim yang menyapu bersih laga final Europa League dengan kemenangan.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Menjuarai Europa League Berulang Kali, Siapa Saja?

3. Real Madrid

5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal TerbaruReal Madrid (uefa.com)

Dikenal sebagai klub tersukses dalam sejarah Liga Champions, Real Madrid juga ternyata pernah juara di Europa League. Kejayaan El Real di Europa League memang terjadi sudah sangat lama.

Di mana mereka telah meraih trofi Europa League sebanyak 2 kali. Dua trofi tersebut mereka raih pada masa 80-an, tepatnya pada tahun 1985 dan 1986. Mereka hanya meraih dua trofi di Europa League karena lebih sering berlaga di Liga Champions. 

4. Valencia

5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal TerbaruValencia (twitter.com/EuropaLeague)

Berikutnya ada Valencia yang juga pernah menjuarai Europa League. Saat ini, Valencia memang tak mampu bersaing di papan atas LaLiga. Hal itu membuat mereka kerap gagal untuk tampil di kompetisi antar klub Eropa.

Los Che mengalami masa kejayaannya di awal 2000-an. Di mana pada musim 2003/04, mereka begitu perkasa dengan menjuarai LaLiga. Tak hanya LaLiga, pada musim itu juga mereka berhasil merengkuh trofi Europa League. Keberhasilan itu menjadi satu-satunya bagi Valencia sejauh ini.

5. Villarreal

5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal TerbaruVillarreal juara Europa League 2020/21 (theathletic.com)

Klub terakhir dalam daftar ini tentu saja Villarreal yang baru saja memastikan gelar Europa League. Klub dengan ciri khas kuning ini menjadi tim kuda hitam di Europa League musim ini. Mereka tentu saja bukan tim unggulan karena cukup banyak klub elit yang bersaing.

Namun anak asuh Unai Emery ini mematahkan anggapan itu dengan mengalahkan Manchester United di partai puncak. Trofi ini juga menjadi satu-satunya trofi bergengsi yang mereka raih sejauh ini. Villarreal berhasil meraih trofi Europa League di kesempatan pertama melaju ke final.

 

Klub-klub Spanyol memang menunjukkan keperkasaannya di kompetisi antar klub. Mereka mampu bersaing dengan klub dari liga lain termasuk Premier League yang dikenal paling bergengsi.

Baca Juga: Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya