4 Klub Terakhir yang Menjuarai Coppa Italia, Inter Milan Terbaru!

Inter bekuk Fiorentina di final Coppa Italia 2022/2023

Coppa Italia merupakan ajang tahunan yang mempertemukan klub-klub Italia dari beberapa divisi. Ajang ini mungkin masih kalah bergengsi dibanding liga utama Italia, Serie A. Meski begitu, tak jarang klub-klub papan atas Italia menargetkan juara di ajang ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, klub-klub elite Italia sangat mendominasi dalam daftar peraih gelar Coppa Italia. Terbaru, ada Inter Milan yang keluar sebagai juara usai menumbangkan Fiorentina di partai final. Ini menjadi kali kedua beruntun bagi Nerazzurri menjuarai Coppa Italia.

Tak hanya Inter Milan, klub elite Italia lain, seperti Juventus dan Napoli juga berhasil menjadi juara di ajang ini. Bahkan, tak jarang mereka meraih trofi Coppa Italia secara beruntun. Berikut daftar klub terakhir yang menjuarai Coppa Italia.

1. Inter Milan

4 Klub Terakhir yang Menjuarai Coppa Italia, Inter Milan Terbaru!Selebrasi para pemain Inter Milan saat menjuarai Coppa Italia 2021/2022. (inter.it)

Inter Milan berhasil keluar sebagai juara Coppa Italia 2022/2023. Dalam laga final yang digelar, Kamis (25/5/2023) dini hari WIB, Nerazzurri berhasil menaklukkan Fiorentina dengan skor 2-1. Keberhasilan ini menjadi yang kesembilan bagi Inter Milan dalam menjuarai Coppa Italia.

Inter Milan berhasil mempertahankan dominasi mereka di ajang ini. Pada gelaran musim 2021/2022, anak asuh Simone Inzaghi juga berhasil menjadi yang terbaik di ajang Coppa Italia. Pada partai final edisi sebelumnya, Nerazzurri berhasil menumbangkan Juventus dengan skor 4-2.

Baca Juga: Inter Juara Coppa Italia, Dzeko dan Inzaghi Malah Ribut

2. Juventus

4 Klub Terakhir yang Menjuarai Coppa Italia, Inter Milan Terbaru!Juventus menjuarai Coppa Italia 2020/2021. (juventus.com)

Sebelum 2 musim beruntun Inter Milan menjadi penguasa, Juventus merupakan tim yang cukup merajai kompetisi ini. Pada musim 2020/2021, klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut berhasil meraih trofi Coppa Italia ke-14 mereka. Kala itu, Juventus memupus harapan Atalanta di laga final dengan keunggulan 2-1.

Hingga saat ini, Juventus menjadi klub tersukses di ajang Coppa Italia. Mereka unggul lima trofi dari Inter Milan dan AS Roma yang menempati urutan kedua. Sebelum meraih trofi Coppa Italia ke-14 tersebut, Juventus sempat meraihnya dalam 4 musim beruntun, tepatnya pada 2014/2015 hingga 2017/2018. Kala itu, Massimiliano Allegri menjadi sosok dibalik superioritas Juventus di Coppa Italia.

3. Napoli

4 Klub Terakhir yang Menjuarai Coppa Italia, Inter Milan Terbaru!Napoli menjuarai Coppa Italia 2019/2020. (twitter.com/sscnapoli)

Napoli merupakan klub yang berhasil menjadi juara Serie A 2022/2023. Mereka harus menunggu hingga 31 tahun untuk meraih trofi kasta teratas Liga Italia tersebut. Namun, sebenarnya Napoli tak terlalu lama puasa gelar.

Di ajang Coppa Italia, Napoli kerap menjadi juara dalam beberapa edisi terakhir. Klub berjuluk I Partenopei tersebut berhasil menjuarai Coppa Italia pada musim 2019/2020. Kala itu, Napoli menaklukkan Juventus di laga final dengan keunggulan 4-2 melalui drama adu penalti.

Keberhasilan tersebut menjadi yang keenam bagi Napoli menjuarai ajang tahunan ini. Sebelum musim tersebut, Napoli berhasil menjadi juara Coppa Italia pada musim 2011/2012 dan 2013/2014. Napoli sendiri sudah merasakan sepuluh kali atmosfer final di ajang ini.

4. Lazio

4 Klub Terakhir yang Menjuarai Coppa Italia, Inter Milan Terbaru!Lazio menjuarai Coppa Italia 2018/2019. (sslazio.it)

Salah satu klub terakhir yang berhasil menjadi juara di ajang Coppa Italia adalah Lazio. Klub ibukota Italia itu sudah cukup lama tak menjuarai Serie A. Namun, penantian tersebut sedikit terobati dengan keberhasilan Lazio meraih trofi di Coppa Italia.

Momen terakhir kali Lazio menjadi juara Coppa Italia terjadi pada musim 2018/2019. Simone Inzaghi menjadi sosok di balik kesuksesan Lazio tersebut. Kala itu, mereka mampu menaklukkan Atalanta dengan skor 2-0 di partai final.

Sebelum musim tersebut, Lazio juga berhasil menjuarai Coppa Italia pada musim 2012/2013. Dalam catatan sejarah, Lazio telah mengoleksi tujuh gelar juara Coppa Italia. Torehan tersebut diraih dari sepuluh kali mereka bermain di partai puncak.

Uniknya, sejak musim 2008/2009 hingga sekarang, hanya empat klub tersebut yang sukses menjadi juara di ajang Coppa Italia. Selebihnya, klub lain hanya mentok sampai ke laga final. Akankah ada juara baru pada gelaran Coppa Italia musim 2023/2024 musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Kunci yang Bawa Inter Milan Juara Coppa Italia 2022/2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya