5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga Champions

Akankah musim ini ada klub yang menyingkirkan El Real?

Real Madrid menjadi klub tersukses dalam sejarah Liga Champions. Total 13 trofi sudah diraih El Real di kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi ini. Bahkan, mereka pernah merajai Eropa dalam tiga musim beruntun.

Saat ini saja Los Blancos berstatus sebagai juara bertahan setelah menjuarai Liga Champions musim lalu. Dengan catatan tersebut, menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions seolah menjadi prestasi tersendiri bagi klub lain. Pada musim 2022/2023, El Real kembali lolos ke babak gugur dan patut kita nantikan tim mana yang akan menjadi lawan mereka.

Meskipun sulit, bukan mustahil menyingkirkan El Real di Liga Champions. Berikut kami sajikan ulasan lima klub terakhir yang sukses singkirkan Real Madrid di Liga Champions.

1. Chelsea - 2020/2021

5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga ChampionsMason Mount (premierleague.com)

Klub terakhir yang sukses menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions adalah Chelsea. Momen tersebut terjadi pada 2020/2021 dan terjadi di babak semifinal.

Bertindak sebagai tuan rumah di leg pertama, Los Blancos harus puas bermain imbang 1-1 menghadapi The Blues. Hasil itu juga membuat Chelsea lebih percaya diri di leg kedua karena bermain di kandangnya sendiri.

Betul saja, klub London itu membuat El Real tak berdaya dengan skor akhir 2-0 untuk kemenangan tuan rumah. Akhirnya, tim yang ditangani Thomas Tuchel itu keluar sebagai juara Liga Champions di musim tersebut.

2. Manchester City - 2019/2020

5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga ChampionsManchester City vs Real Madrid (uefa.com)

Sebelum Chelsea, Manchester City lebih dulu menjadi klub Inggris yang sukses menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions. Pada gelaran Liga Champions 2019/2020, El Real langsung mendapat lawan tangguh di babak 16 besar.

The Cityzens asuhan Pep Guardiola pun mampu membuat Los Blancos angkat kaki lebih cepat dari Liga Champions. Tak hanya lolos ke babak perempat final, City sukses membuat Madrid bertekuk lutut dalam dua leg yang dijalani.

Baik kandang maupun tandang, City berhasil mengalahkan El Real dengan skor identik 2-1. Sayangnya, langkah City harus terhenti di babak perempat final Liga Champions musim tersebut.

Baca Juga: 5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions League

3. Ajax Amsterdam - 2018/2019

5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga ChampionsAjax Amsterdam (uefa.com)

Setelah meraih tiga trofi Liga Champions beruntun, Real Madrid seperti kehilangan tajinya. Apalagi, mereka ditinggal dua aktor utama, yakni Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane. Hal itu pun langsung terbukti di ajang Liga Champions 2018/2019.

Meskipun berhasil lolos dari babak grup, langkah mereka di babak gugur langsung dihentikan oleh Ajax Amsterdam. Berhasil menang di kandang lawan pada leg pertama, El Real justru dikejutkan oleh penampilan spartan penggawa Ajax.

Skor 1-2 di leg pertama seperti tak berarti karena Ajax sukses melumat Los Blancos dengan skor 1-4 di kandangnya sendiri. Pada musim tersebut, performa Ajax memang luar biasa meskipun akhirnya terhenti di babak semifinal.

4. Juventus - 2014/2015

5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga ChampionsJuventus vs Real Madrid (uefa.com)

Sebelum raihan tiga gelar sensasional Real Madrid di Liga Champions, Juventus menjadi klub yang pernah menyingkirkan El Real. Tepatnya pada 2014/2015, klub asal Italia itu menghentikan langkah Los Blancos di babak semifinal.

Kemenangan 2-1 di leg pertama membuat Juve hanya membutuhkan hasil imbang saat bermain di leg kedua. Benar saja, Si Nyonya Tua yang menargetkan hasil imbang akhirnya membuat El Real gagal melaju ke final.

Namun, di laga puncak, Juve justru tak mampu kalahkan klub Spanyol lainnya, yaitu Barcelona. Klub asal Turin ini harus puas mengakhiri musim sebagai runner-up Liga Champions.

5. Borussia Dortmund - 2012/2013

5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga ChampionsBorussia Dortmund melawan Real Madrid (uefa.com)

Klub kelima dalam daftar ini adalah Borussia Dortmund pada 2012/2013. Klub asal Jerman ini juga menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions di babak semifinal. Dortmund yang saat itu masih diperkuat Robert Lewandowski sukses membuat El Real tak berdaya.

Di leg pertama, Dortmund yang bertindak sebagai tuan rumah sukses meraih kemenangan 4-1. Hasil itu menjadi modal berharga bagi Die Borussen untuk menghadapi leg kedua di Santiago Bernabeu.

Meskipun harus kalah 2-0, Dortmund tetap melaju ke final Liga Champions musim tersebut. Sayangnya, mereka harus puas sebagai runner-up setelah dikalahkan Bayern Munich di partai puncak.

 

Patut kita nantikan klub mana yang akan menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions 2022/2023. Dengan perpaduan pemain muda dan berpengalaman, performa El Real cukup konsisten di bawah asuhan Carlo Ancelotti musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro Odriozola

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya