Comscore Tracker

5 Klub Terakhir yang Jadi Korban Keganasan Real Madrid di Final UCL

Real Madrid masih jadi raja Eropa

Real Madrid masih menjadi raja UEFA Champions League (UCL). El Real telah memenangi pertarungan klub-klub terbaik Eropa ini sebanyak 13 kali.

Dalam 1 dekade terakhir saja, Los Blancos mampu menjuarai Liga Champions sebanyak 5 kali. Mereka memang klub yang sangat ganas ketika mencapai final Liga Champions.

Inilah klub terakhir yang jadi korban keganasan Real Madrid di final UCL.

1. Liverpool

5 Klub Terakhir yang Jadi Korban Keganasan Real Madrid di Final UCLLiverpool (twitter.com/ChampionsLeague)

Klub terakhir yang menjadi korban keganasan Real Madrid di final Liga Champions adalah Liverpool. Klub asal Inggris ini bahkan harus mengakui keunggulan El Real dalam dua pertemuan final UCL.

Pada 2021/2022 lalu, Liverpool mengusung misi balas dendam setelah kalah dari El Real pada 2017/2018. Namun, misi The Reds gagal terwujud setelah kembali takluk dengan skor 0-1 karena gol tunggal Vinicius Junior. Sementara, pada final 2017/2018, Liverpool takluk 1-3.

Real Madrid akan menjadi lawan Liverpool lagi pada babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Mereka tidak bertemu di final, tetapi babak 16 besar tetap menjadi babak bergengsi.

2. Juventus

5 Klub Terakhir yang Jadi Korban Keganasan Real Madrid di Final UCLJuventus (twitter.com/ChampionsLeague)

Sebelum juara Liga Champions 2017/2018, Real Madrid juga berhasil mengangkat trofi UCL pada musim sebelumnya. Kali itu giliran Juventus yang menjadi korbannya setelah dibantai El Real di partai puncak. 

Pada laga final Liga Champions 2016/2017 tersebut, Los Blancos menaklukkan Si Nyonya Tua dengan skor 4-1. Pada laga ini, Cristiano Ronaldo berhasil mencatatkan brace.

Dua gol lainnya diciptakan Casemiro dan Marco Asensio. Sementara itu, satu gol Mario Mandzukic tak cukup membawa Juventus mengangkat trofi Si Kuping Besar.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga Champions

3. Atletico Madrid

5 Klub Terakhir yang Jadi Korban Keganasan Real Madrid di Final UCLAtletico Madrid (uefa.com)

Klub berikutnya adalah Atletico Madrid, yang bernasib sama dengan Liverpool. Klub sekota Real Madrid ini harus mengakui keunggulan rivalnya dalam dua final Liga Champions terakhir mereka.

Tepatnya pada gelaran Liga Champions 2013/2014 dan 2015/2016, Atletico Madrid berhasil melaju ke final UCL. Uniknya, Real Madrid menjadi lawan Atletico Madrid di dua final tersebut.

Setelah kalah 1-4 di final UCL 2013/2014, Los Rojiblancos tentu saja mengusung misi balas dendam di final keduanya. Mampu menahan imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu, Atletico Madrid ternyata harus tertunduk lesu setelah kalah pada babak penalti.

4. Bayer Leverkusen

5 Klub Terakhir yang Jadi Korban Keganasan Real Madrid di Final UCLBayer Leverkusen (twitter.com/bayer04_en)

Jauh sebelum tiga klub di atas, Bayer Leverkusen menjadi klub yang merasakan keganasan Real Madrid di final Liga Champions. Klub asal Jerman itu melaju ke partai final UCL pada 2001/2002. Dalam satu-satunya kesempatan final tersebut, Leverkusen tak berdaya membendung Los Galacticos.

Final yang digelar di Hampden Park Glasgow ini berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Los Blancos. Zinedine Zidane dan Raul Gonzalez menjadi pembeda dalam laga ini setelah masing-masing mencetak satu gol untuk El Real. Sementara, satu gol Leverkusen dalam laga ini diciptakan Lucio.

5. Valencia

5 Klub Terakhir yang Jadi Korban Keganasan Real Madrid di Final UCLValencia melawan Real Madrid (twitter.com/ChampionsLeague)

Klub kelima dalam daftar ini adalah klub yang berasal dari Spanyol, yakni Valencia. Pada 1999/2000, Valencia mencatatkan sejarah klub dengan melaju ke final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Sayangnya, mereka harus bertemu Real Madrid pada laga final yang berstatus sebagai raja di kompetisi ini. Menjalani final UCL perdana, Valencia pun tak mampu mengimbangi El Real.

Dalam final yang digelar di Stade de France Paris tersebut, Los Blancos mengungguli Valencia dengan skor 3-0. Raul Gonzalez, Steve McManaman, dan Fernando Morientes masing-masing mencetak satu gol dalam laga ini.

Real Madrid benar-benar menjadi raja di kompetisi antarklub Eropa. Patut kita nantikan apakah El Real akan melaju ke final Liga Champions musim ini.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua Real Madrid di Liga Champions

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya