Comscore Tracker

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchen

Akankah ada kejutan baru di musim ini?

Bundesliga bisa dibilang sangat identik dengan Bayern Munchen. Bagaimana tidak, The Bavarians menjadi klub tersukses di kasta teratas liga Jerman tersebut. Apalagi dalam delapan musim terakhir, Bayern selalu mengangkat trofi Bundesliga di akhir musim.

Keperkasaan mereka memang sungguh luar biasa khususnya di Bundesliga. Klub-klub lain sebenarnya selalu mencoba menghentikan dominasi Bayern, namun kebanyakan dari mereka seperti kehabisan bensin di tengah jalan.

Mungkin sampai-sampai kita lupa, klub mana yang terakhir juara Bundesliga selain Bayern Munchen. Nah, bagi kamu yang penasaran atau mungkin lupa, berikut kami sajikan lima klub yang pernah menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchen. Klub mana saja?

1. Borussia Dortmund (2011/2012)

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchenbundesliga.com

Sebelum Bayern Munchen juara Bundesliga dalam delapan edisi terakhir, Borussia Dortmund menjadi klub yang berhasil juara. Tepatnya pada musim 2011/2012 saat mereka meraih trofi Bundesliga kelima.

Dortmund sendiri menjadi klub tersukses kedua setelah Bayern. Tak heran, jika mereka menjadi klub yang setidaknya bisa menyulitkan Munchen dalam beberapa musim terakhir. Bahkan pada musim 2010/2011, Dortmund juga berhasil meraih trofi Bundesliga.

Momen dua kali beruntun juara Bundesliga tentu saja sangat spesial bagi Dortmund. Saat itu, mereka dilatih oleh Jurgen Klopp dan mengandalkan pemain-pemain ternama. Di antaranya ada Mario Gotze, Lucas Barrios, hingga Robert Lewandowski.

2. Wolfsburg (2008/2009)

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchen90min.com

Berikutnya ada Wolfsburg, yang menjuarai Bundesliga pada musim 2008/2009. Keberhasilan klub berjuluk Die Wolfe menjadi kampiun Bundesliga saat itu terbilang sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, pada musim sebelumnya, mereka mengakhiri musim di posisi ke-15 atau satu strip di atas zona degradasi.

Penunjukan mantan pelatih Bayern Munchen, yakni Felix Magath, terbilang sangat tepat. Selain itu, Wolfsburg memiliki pemain-pemain yang mampu tampil bersinar. Di lini depan ada Grafite, Edin Dzeko, dan Zvjezdan Misimovic.

Ketiganya menjadi motor utama penyerangan tim hingga akhirnya Grafite menjadi top skor dengan 28 gol. Gelar yang diraih Wolfsburg pada musim 2008/2009 itu menjadi yang pertama sepanjang sejarah klub. 

Baca Juga: Mengesankan! 10 Klub Bundesliga dengan Skuad Termuda Musim 2020/2021

3. Vfb Stuttgart (2006/2007)

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchendw.com

Vfb Stuttgart menjadi klub yang boleh dibilang cukup sukses dalam sejarah Bundesliga. Di mana klub berjuluk Die Schwaben itu telah merengkuh trofi kasta teratas Liga Jerman sebanyak tiga kali. Terakhir kali mereka juara Bundesliga adalah pada musim 2006/2007.

Sosok di balik kesuksesan Stuttgart adalah pelatih asal Jerman Armin Veh. Selain itu, mereka juga diperkuat pemain ternama seperti Sami Khedira hingga Mario Gomez.

Persaingan Bundesliga pada musim 2006/2007 sangat ketat. Mereka harus bersaing dengan Schalke 04 hingga pertandingan terakhir untuk menentukan juara. Hingga akhirnya, Stuttgart mengungguli Schalke dengan hanya terpaut dua poin saja.

Hebatnya lagi, Stuttgart menjuarai Bundesliga dengan rata-rata skuat termuda saat itu. Sementara Bayern Munchen, pada saat itu finis di posisi keempat dan gagal bermain di Liga Champions pada musim berikutnya.

4. Werder Bremen (2003/2004)

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchenweser-kurier.de/Imago

Werder Bremen menjadi tim yang memiliki sejarah panjang dalam gelaran Bundesliga. Mereka menjadi klub tersukses ketiga sepanjang sejarah Bundesliga dengan raihan empat gelar.

Terakhir kali mereka menjadi kampiun kasta teratas Liga Jerman itu pada musim 2003/2004. Musim tersebut menjadi masa keemasan klub berjuluk The Green-White. Tak hanya merengkuh trofi Bundesliga, mereka juga menjadi juara di ajang DFB Pokal.

Kesuksesan Bremen pada saat itu tak lepas dari tangan dingin sang legenda klub, Thomas Schaaf. Mereka juga mengandalkan Ailton yang merebut sepatu emas Bundesliga pada musim yang sama. Bremen sendiri unggul enam poin dari Bayern Munchen di klasemen akhir.

5. Kaiserslautern (1997/1998)

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchendw.com

FC Kaiserslautern mungkin tidak terlalu familier karena saat ini mereka bermain di kasta ketiga Liga Jerman. Namun, mereka pernah mencatatkan momen mengejutkan dalam sejarah Bundesliga. Di mana Kaiserslautern berstatus sebagai tim promosi saat menjuarai Bundesliga pada musim 1997/1998.

Mantan pelatih Bayern Munchen yang dipecat pada musim sebelumnya, yaitu Otto Rehhagel, menjadi sosok di balik kejutan besar tersebut. Mereka harus bersaing ketat dengan Bayern Munchen, di mana penentuan juara masih diperebutkan hingga pertandingan terakhir.

Hingga akhir musim, klub berjuluk Die Roten Teufel itu unggul dua poin dari Bayern Munchen. Kaiserslautern menjadi klub promosi pertama dan satu-satunya yang berhasil menjadi juara Bundesliga.

 

Itulah lima klub terakhir yang pernah menjuarai Bundesliga selain Bayern Munchen. Apakah akan ada kejutan di Bundesliga musim ini?

Baca Juga: Tak Hanya Juara, Ini Bukti Klub Bundesliga Rajai Liga Champions

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya