6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!

Bagaimana dengan Real Madrid?

Copa del Rey merupakan turnamen sepak bola yang ada di Spanyol. Turnamen yang satu ini tak kalah bergengsi dengan kompetisi utama, yaitu LaLiga. Copa del Rey sendiri pertama kali digelar pada tahun 1902. Meskipun kalah pamor dari LaLiga, Copa del Rey menyajikan keseruan tersendiri setiap musimnya.

Bagaimana tidak, kejuaraan ini mempertemukan hampir semua klub yang ada di Spanyol, tepatnya dari kasta teratas hingga kasta ketiga. Tak jarang klub-klub LaLiga bertemu dengan klub yang kastanya di bawahnya.

Nah, mungkin kita sudah cukup paham dengan fakta-fakta tersebut. Namun, tahukah kamu klub mana yang menjadi raja di Copa del Rey? Bagi kamu yang penasaran, berikut daftar klub tersukses dalam sejarah Copa del Rey.

1. Barcelona (30 Trofi)

6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!fcbarcelona.com

Klub tersukses dalam sejarah Copa del Rey adalah Barcelona. El Barca memang cukup sering melaju ke partai final. Hingga saat ini, Blaugrana telah merengkuh trofi Copa del Rey sebanyak 30 kali.

Mereka langsung melaju ke final pada edisi pertama tahun 1902, namun mereka kalah dari Bizcaya di laga tersebut. Mereka merengkuh trofi pertama Copa del Rey pada tahun 1910.

Terbaru, Barca meraih trofi Copa del Rey pada tahun 2018 lalu. Barcelona juga mencatatkan 12 kali runner-up. Pada gelaran musim ini, mereka juga berkesempatan menambah koleksi gelar Copa del Rey setelah melaju ke partai final.

Baca Juga: Barcelona Aneh, Bidik Arteta yang Susah Angkat Arsenal

2. Athletic Bilbao (23 Trofi)

6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!twitter.com/espana_sr

Berikutnya ada Athletic Bilbao yang menjadi pesaing terdekat Barcelona. Bilbao memang tidak terlalu sukses di LaLiga. Meskipun demikian, mereka tak boleh diremehkan di ajang Copa del Rey. Hingga saat ini Los Leones telah melaju ke partai final Copa del Rey sebanyak 34 kali. Dari kesempatan tersebut, mereka berhasil merengkuh trofi Copa del Rey sebanyak 23 kali. Dengan 11 lainnya mereka berstatus sebagai runner-up.

Athletic Bilbao pertama kali menjuarai ajang ini pada tahun 1903. Saat itu mereka mengalahkan Madrid di partai final. Terakhir kali mereka merasakan juara Copa del Rey adalah pada tahun 1984. Bilbao sempat beberapa kali melaju ke babak final, namun mereka selalu kalah di final.

3. Real Madrid (19 Trofi)

6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!goal.com

Real Madrid juga menjadi klub yang cukup sering menjuarai Copa del Rey. Dalam sejarah, El Real telah melaju ke partai puncak Copa del Rey sebanyak 39 kali. Pertama kali mereka mencapai final pada tahun 1903, namun dikalahkan oleh Athletic Bilbao.

Baru pada kesempatan final kedua, Madrid meraih trofi Copa del Rey perdana setelah mengalahkan Athletic Bilbao. Mereka sudah cukup lama tak mencapai partai puncak. Terakhir kali Madrid melaju ke final dan juara Copa del Rey adalah pada tahun 2014. Hingga saat ini, Los Blancos telah merengkuh trofi Copa del Rey sebanyak 19 kali dan 20 kali menjadi runner-up.

4. Atletico Madrid (10 Trofi)

6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!cbc.ca/Pierre-Philippe Marcou/AFP/Getty Images

Klub Madrid lainnya yang juga terbilang cukup sukses di Copa del Rey adalah Atletico Madrid. Klub asal Madrid yang satu ini memiliki raihan trofi Copa del Rey sebanyak 10 trofi.

Mereka baru mampu menjadi juara Copa del Rey pada kesempatan final keempat. Tepatnya pada tahun 1960 dengan mengalahkan Real Madrid. Namun, akhir-akhir ini mereka tak bisa berbuat banyak di Copa del Rey. Terakhir kali Atletico melaju ke final adalah pada tahun 2013.

Saat itu, mereka juga mengalahkan Real Madrid dan menjadi trofi Copa del Rey terakhir Atletico hingga saat ini. Sementara untuk catatan runner-up, mereka telah tercatat sebanyak 9 kali.

5. Valencia (8 Trofi)

6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!en.as.com

Sebagai salah satu klub ternama di Spanyol, Valencia juga tak mau kalah dengan klub-klub sebelumnya. Hingga saat ini, Los Che telah melaju ke partai final Copa del Rey sebanyak 18 kali. Final pertama kali bagi Valencia di Copa del Rey terjadi pada tahun 1934. Namun sayangnya, mereka gagal di kesempatan pertama tersebut setelah kalah dari Real Madrid.

Valencia baru bisa merengkuh trofi Copa del Rey pada kesempatan final ketiga, tepatnya pada tahun 1941 setelah berhasil mengalahkan Espanyol. Terakhir kali mereka melaju ke final adalah pada tahun 2019 dan mereka berhasil juara. Total Valencia meraih trofi Copa del Rey sebanyak 8 kali serta 10 lainnya menjadi runner-up.

 

Itulah 5 klub tersukses dalam sejarah Copa del Rey. Musim ini Barcelona berhasil melaju ke final dan masih menunggu pemenang antara Levante dan Athletic Bilbao. Klub manakah yang akan juara musim ini?

Baca Juga: Karena Virus Corona Melanda Spanyol, Final Copa del Rey Resmi Ditunda

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya