Comscore Tracker

5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!

Akankah membawa Spurs juara?

Jose Mourinho kembali menjadi buah bibir setelah sukses membawa Tottenham Hotspur memuncaki Premier League. Entrenador asal Portugal ini memang istimewa. Anggapan itu bukanlah tanpa alasan. Sejak membawa FC Porto mengejutkan Eropa, Mourinho seperti kecanduan menjadi juara. Praktis, paling tidak ada satu gelar yang diberikan Mou kepada klub yang ia asuh.

Julukan yang ia buat sendiri yakni "The Special One" pun dibuktikan dengan gelontoran trofi hingga saat ini. Tottenham Hotspur yang sudah lama sekali puasa gelar tentu saja menunggu magis dari sang juru taktik asal Portugal ini. Paling tidak mengikuti tradisi klub-klub sebelumnya yang pernah dilatih Mou dalam meraih prestasi. Lantas, klub mana yang paling sukses saat diasuh Jose Mourinho? Berikut ulasannya, check it out!

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Jose Mourinho dalam Sedekade Terakhir, Siapa Saja? 

1. Chelsea

5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!premierleague.com

Chelsea menjadi klub tersukses yang pernah dilatih Jose Mourinho hingga saat ini. Datang ke Stamford Bridge setelah sukses di FC Porto, Mou membuktikan bahwa dirinya adalah pelatih berkualitas. Mourinho sendiri melatih The Blues dalam dua periode, yakni pada 2004--2007 dan 2013--2015.

Selama menjadi arsitek klub London itu, Mourinho sukses meraih 8 trofi dengan rincian 3 trofi Premier League, 3 trofi Piala Liga, 1 trofi Piala FA, dan 1 trofi Community Shield. Sayangnya, kesuksesan Mou bersama The Blues hanya terjadi di level domestik.

2. FC Porto

5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!desporto.sapo.pt

Awal cerita Jose Mourinho dimulai saat menjadi juru taktik FC Porto. Di sinilah pelatih asal Portugal ini berhasil menghipnotis Eropa dengan raihan prestasi bersama klub berjuluk The Dragon. Tak hanya di level domestik, Mou juga membawa Porto berjaya di Eropa.

Total 6 trofi diraih Mourinho saat menangani Porto sejak Januari 2002 hingga Juni 2004. Keenam trofi tersebut adalah 2 trofi Liga Portugal, 1 trofi Taca de Portugal, 1 trofi Super Cup Portugal, 1 trofi UEFA Cup, dan 1 trofi Liga Champions.

3. Inter Milan

5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!goal.com

Setelah dipecat Chelsea pada September 2007, Jose Mourinho akhirnya mendapat pekerjaan kembali pada Juni 2008. Ia ditunjuk sebagai pelatih klub Italia, Inter Milan. Bersama Nerazzurri, Mou juga berhasil mencatatkan tinta emas bagi Inter dengan membawanya kembali berjaya di kompetisi Eropa.

Salah satu yang fenomenal tentu saja raihan tiga trofi dalam semusim, yakni pada musim 2009/2010.  Tak hanya tiga trofi tersebut, total ada 5 titel juara yang diraih The Special One bersama Inter. Rinciannya adalah 2 trofi Serie A, 1 trofi Coppa Italia, 1 trofi Supercoppa Italia, dan 1 trofi Liga Champions. 

4. Real Madrid

5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!fcbarcelonanoticias.com

Sebagai salah satu klub terbaik di dunia, Real Madrid juga tak ingin ketinggalan merasakan taji Jose Mourinho. Setelah meraih treble winner bersama Inter, musim berikutnya ia ditunjuk sebagai pelatih El Real. Sayangnya, Mou tak terlalu sukses saat membesut Los Galaticos.

Bertahan hingga tiga musim, Mourinho hanya mampu mempersembahkan tiga gelar untuk Madrid. Ketiga gelar tersebut juga di kompetisi domestik, yakni 1 trofi Copa del Rey, 1 trofi Super Cup Spanyol, dan 1 trofi LaLiga. Namun, paling tidak, Mourinho melanjutkan tradisi meraih gelar bersama klub yang dia latih.

5. Manchester United

5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!https://twitter.com/zecln

Sebelum menjadi juru taktik Tottenham Hotspur, Jose Mourinho juga melatih klub Inggris lainnya, yakni Manchester United. Menangani United sejak musim 2016/2017, karier Mou di Old Trafford berujung pemecatan. Padahal, ia sukses membawa Setan merah meraih trofi, bahkan berhasil menjuarai Europa League.

Sebelum diberhentikan pada Desember 2018, The Special One meraih 3 trofi bersama MU. Ketiga trofi tersebut adalah 1 trofi Piala Liga, 1 trofi Piala FA, dan 1 trofi Europa League. Taji Mou dalam meraih trofi masih terjaga walaupun sedikit menurun.

Ujian berat bagi The Special One untuk membawa Tottenham meraih trofi. Namun, hal itu tentu saja tak mustahil bagi entrenador asal Portugal ini. Apalagi, kualitas pemain Spurs juga cukup mumpuni. Akankah Mou mengakhiri dahaga gelar Tottenham Hotspur?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya