5 Klub yang Menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023

Bayern Munich juara Bundesliga musim ini

Bayern Munich akhirnya melanjutkan kembali dominasinya di Bundesliga. Pada gelaran 2022/2023, mereka secara dramatis menjadi juara kasta tertinggi Liga Jerman. Hal itu didapat setelah Die Bayern menaklukkan FC Koeln di laga pemungkas dan Borussia Dortmund imbang melawan Mainz 05.

Kesuksesan ini merupakan kesebelas beruntun bagi Bayern Munich dalam menjuarai Bundesliga. Belum ada klub lain yang memutus dominasi Die Bayern sejak 2012/2013. Hingga saat ini, Bayern Munich telah mengoleksi 33 trofi Bundesliga.

Pada 2022/2023, Bayern Munich sendiri sebenarnya tidak terlalu superior. Namun, mereka cukup beruntung karena hanya kalah dalam 5 pertandingan dari 34 pertandingan yang dilakoni. Lima kekalahan tersebut dialami dari lima klub berbeda. Lantas, klub apa saja yang berhasil menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023?

1. FC Augsburg

5 Klub yang Menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023Mergim Berisha, pemain FC Augsburg, merayakan gol ke gawang Bayern Munich. (fcaugsburg.de)

FC Augsburg menjadi klub pertama yang berhasil menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023. Momen tersebut terjadi pada pekan ke-7 Bundesliga. Dalam laga yang digelar pada 17 September 2022, Bayern Munich kalah tipis 0-1.

Bertandang ke markas Augsburg, Die Bayern yang saat itu dilatih Julian Nagelsmann menurunkan skuad terbaik. Namun, Bayern Munich yang menguasai jalannya pertandingan justru kecolongan pada menit ke-59. Mergim Berisha berhasil menjebol gawang Manuel Neuer. Setelahnya, Bayern Munich gagal menyamakan kedudukan dan mereka pulang dengan tangan kosong.

2. Borussia Moenchengladbach

5 Klub yang Menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023Bayern Munich melawan Borussia Moenchengladbach di Bundesliga 2022/2023. (fcbayern.com)

Bayern Munich sempat tak tersentuh kekalahan di Bundesliga dalam 13 pertandingan setelah terakhir dikalahkan FC Augsburg. Catatan tersebut akhirnya terhenti setelah ditaklukkan Borussia Moenchengladbach pada pekan ke-21. Bertandang ke markas Monchengladbach, Bayern Munich dipecundangi lawannya dengan skor 2-3.

Aroma kekalahan sudah terasa setelah Die Bayern kebobolan saat laga baru berjalan 13 menit. Meski sempat menyamakan kedudukan, Bayern Munich kembali tertinggal 1-3. Satu gol Mathys Tel pada pengujung laga tak cukup untuk menyelamatkan Bayern Munich dari kekalahan.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023

3. Bayer Leverkusen

5 Klub yang Menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023Exequiel Palacios, pemain Bayer Leverkusen, merayakan gol ke gawang Bayern Munich di Bundesliga. (bundesliga.com)

Setelah takluk dari Borussia Moenchengladbach, Bayern Munich sempat bangkit dengan meraih tiga kemenangan beruntun. Hingga akhirnya Die Bayern melawan Bayer Leverkusen pada pekan ke-25. Saat itu, mereka sedang di atas angin karena menduduki peringkat pertama.

Bayern Munich sempat diprediksi akan menang dalam laga ini setelah Joshua Kimmich mencetak gol pada menit ke-22. Sayangnya, mereka harus terkena hukuman penalti pada babak kedua. Exequiel Palacios yang menjadi eksekutor sukses mencetak dua gol dari titik putih. Bayern Munich kalah 1-2 dan harus rela disalip Borussia Dortmund di papan klasemen Bundesliga.

4. 1.FSV Mainz 05

5 Klub yang Menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023Pemain Mainz 05 merayakan gol ke gawang Bayern Munich saat bertarung di Bundesliga. (bundesliga.com)

Bayern Munich langsung mengganti Julian Nagelsmann dengan Thomas Tuchel setelah kekalahan dari Bayer Leverkusen. Dalam tiga laga awal Tuchel, Bayern Munich meraih 2 kali kemenangan dan 1 kali imbang. Sayangnya, pada pertandingan keempat pada pekan ke-29, Die Bayern harus kembali kalah.

Kali ini Bayern Munich kalah dari 1.FSV Mainz 05 dengan skor 1-3. Lagi-lagi, Bayern Munich sempat unggul lebih dahulu pada babak pertama melalui gol Sadio Mane. Namun, anak asuh Tuchel harus kebobolan tiga gol pada babak kedua dan harus mengakui keunggulan tuan rumah.

5. RB Leipzig

5 Klub yang Menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023Para pemain RB Leipzig merayakan kemenangan atas Bayern Munich di Bundesliga. (bundesliga.com)

Klub kelima yang berhasil menaklukkan Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023 adalah RB Leipzig. Kekalahan dari Leipzig pada pekan ke-33 sempat akan menggagalkan Bayern Munich menjadi juara. Die Bayern yang berada di puncak klasemen harus turun ke posisi kedua setelah kekalahan tersebut.

Tragisnya lagi, kekalahan atas Leipzig tersebut terjadi saat mereka menjadi tuan rumah. Prosesnya seperti dua kekalahan sebelumnya. Unggul pada babak pertama, Bayern Munich kebobolan pada babak kedua. Dalam laga yang digelar pada 20 Mei 2023, Bayern Munich takluk dengan skor 1-3.

Meskipun tak terlalu superior, Bayern Munich masih beruntung karena bisa mempertahankan gelar juara Bundesliga. Padahal, jika Borussia Dortmund menang di partai pemungkas, Bayern Munich gagal menjadi juara. Selamat, ya, Bayern Munich!

Baca Juga: Pemain yang Meraih Gelar Perdana Bundesliga Bersama Bayern Munich

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya