4 Klub yang Menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023

Brentford mengalahkan The Cityzens dua kali

Manchester City kembali menjadi juara English Premier League (EPL) pada 2022/2023. Itu menjadi kesuksesan ketiga secara beruntun bagi mereka. Sempat tertinggal cukup jauh dari Arsenal, anak asuh Pep Guardiola justru berhasil menyalip hingga akhirnya juara.

Pada musim ini, Manchester City yang dimotori Erling Haaland tampil trengginas dengan mengoleksi 89 poin. Jumlah poin tersebut hasil dari 28 kemenangan dan 7 imbang. Manchester City hanya mengalami 5 kekalahan dari 38 pertandingan.

The Cityzens memang cukup superior hingga sulit bagi klub lain untuk mengalahkannya. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil, karena buktinya ada empat klub yang berhasil menaklukkan mereka. Lantas, klub apa saja yang menjadi klub yang menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023.

1. Liverpool

4 Klub yang Menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023Harvey Elliott, pemain Liverpool, berduel dengan Phil Foden saat melawan Manchester City di Premier League. (liverpoolfc.com)

Liverpool menjadi klub pertama yang sukses menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023. Momen tersebut terjadi saat kedua tim memainkan pertandingan pada pekan ke-11. Manchester City yang bertandang ke Anfield harus takluk dari tuan rumah. Itu mengakhiri sepuluh pertandingan beruntun The Cityzens tanpa kekalahan pada awal EPL musim ini.

Pertandingan yang digelar pada 16 Oktober 2022 itu berjalan alot dengan saling jual beli serangan. Setelah tanpa gol hingga menit ke-75, Mohamed Salah muncul sebagai pencetak gol pertama dalam laga tersebut. Ternyata, gol tersebut merupakan gol semata wayang. Liverpool menaklukkan Manchester City dengan skor 1-0. 

2. Brentford

4 Klub yang Menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023Ilkay Guendogan, pemain Manchester City, berduel dengan pemain Brentford saat bersua di Premier League. (brentfordfc.com)

Brentford menjadi satu-satunya klub yang berhasil menaklukkan Manchester City dalam dua pertandingan Premier League 2022/2023. Kekalahan pertama The Cityzens atas Brentford terjadi pada pekan ke-16. Menjamu Brentford di Etihad Stadium, Manchester City secara mengejutkan harus menerima kekalahan. Dalam pertandingan yang digelar pada 12 November 2022 itu, The Cityzens kalah dengan skor 1-2.

Kekalahan kedua Manchester City dari Brentford di EPL musim ini terjadi pada pekan terakhir. Sudah memastikan gelar juara, Pep Guardiola menampilkan beberapa pemain lapis kedua. Benar saja, The Cityzens gagal mencetak gol. Mereka justru kecolongan pada menit-menit akhir. Satu-satunya gol dalam laga tersebut dicetak Ethan Pinnock pada menit ke-85.

Baca Juga: 8 Pemain Manchester City yang Juara Premier League Perdana Musim Ini

3. Manchester United

4 Klub yang Menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023Manchester United melawan Manchester City saat bertanding di Premier League 2022/2023. (manutd.com)

Pada pekan ke-20 Premier League 2022/2023, Manchester City menjalani derbi melawan Manchester United. Sayangnya, The Cityzens justru takluk dalam Derbi Manchester ini. Dalam pertandingan yang digelar pada 14 Januari 2023 itu, Manchester City harus mengakui keunggulan Setan Merah dengan skor 1-2.

Seperti derbi pada umumnya, laga ini berlangsung sengit dan seru. Gol baru tercipta pada menit ke-60 setelah Jack Grealish menjebol gawang David De Gea. Tuan rumah langsung tersentak dengan gol dari lawannya tersebut. Manchester United lalu mencetak dua gol pada menit ke-78 dari Bruno Fernandes dan pada menit ke-82 dari Marcus Rashford. The Cityzens gagal menyamakan kedudukan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

4. Tottenham Hotspur

4 Klub yang Menaklukkan Manchester City di Premier League 2022/2023Harry Kane berduel dengan Nathan Ake saat laga Tottenham Hotspur menghadapi Manchester City di Premier League. (tottenhamhotspur.com)

Manchester City sempat mengalami inkonsistensi di Premier League 2022/2023. Setelah takluk dari Manchester United pada pekan ke-20, The Cityzens kembali mengalami kekalahan pada pekan ke-22. Kali itu giliran Tottenham Hotspur yang berhasil mengungguli Manchester City.

Bertindak sebagai tim tamu, anak asuh Pep Guardiola mencoba inisiatif serangan. Namun, mereka justru kecolongan pada menit ke-15 melalui gol Harry Kane. The Cityzens yang mencoba membalas selalu gagal menembus lini pertahanan Spurs. Manchester City juga sebenarnya memiliki keuntungan saat salah satu pemain Spurs diusir wasit pada menit ke-87. Namun, skor 1-0 untuk keunggulan Tottenham tak berubah hingga laga usai.

Manchester City cukup layak menjadi juara Premier League 2022/2023. Meski sempat tak konsisten, anak asuh Pep Guardiola berhasil bangkit dan menyalip Arsenal yang justru kehabisan bensin menjelang musim berakhir. Selamat, Manchester City!

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Manchester City, Guardiola Tersukses

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya