5 Klub yang Paling Sering Melaju ke Final Europa League, Ada Jagoanmu?

Tak kalah mentereng dengan Champions League

Europa League kerap disebut sebagai kasta kedua dari kompetisi antar klub Eropa. Dulu, gelaran ini masih bernama UEFA Cup. Meskipun kualitasnya di bawah Liga Champions, Europa League tetap menarik setiap musimnya. Klub-klub yang berlaga pun juga cukup banyak yang populer.

Pada musim ini misalnya, di mana tiga klub elit Premier League, yakni Tottenham Hotspur, Arsenal dan Manchester United bersaing di fase knock-out. Para klub elit tersebut pun menjadi unggulan dalam ajang ini. Seperti yang kita tahu, Sevilla masih berstatus sebagai klub tersukses di Europa League.

Sebenarnya tak hanya Sevilla, klub-klub lain pun mencatatkan prestasi cukup apik hingga kerap melaju ke partai final. Lantas, klub mana saja yang paling sering melaju ke final Europa League? Berikut ulasannya.

1. Sevilla (6 kali)

5 Klub yang Paling Sering Melaju ke Final Europa League, Ada Jagoanmu?twitter.com/EuropaLeague

Klub yang paling sering melaju ke final Europa League adalah Sevilla. Klub asal Spanyol tersebut telah merasakan final Europa League sebanyak 6 kali termasuk musim lalu. Hebatnya, dari 6 kesempatan tersebut, mereka tak pernah kalah.

Sevilla sukses menjuarai Europa League pada tahun 2006, 2007, 2014, 2015, 2016 dan terakhir 2020 kemarin. Dengan status yang dimilikinya tersebut, Los Nervionenses tentu layak disebut tim spesialis Europa League. Musim ini mereka akan bermain di Liga Champions sebagai wakil dari LaLiga.

2. Inter Milan (5 kali)

5 Klub yang Paling Sering Melaju ke Final Europa League, Ada Jagoanmu?goal.com

Berikutnya, ada Inter Milan yang berhasil melaju ke final Europa League pada musim lalu. Klub asal Italia tersebut hampir membawa menjuarai Europa League pada musim 2019/2020 lalu. Sayangnya, mereka gagal menambah koleksi gelar Europa League setelah dikandaskan Sevilla.

Sepanjang sejarah, Nerazzurri telah melaju ke partai final Europa League sebanyak 5 kali. Dengan tiga di antaranya berhasil berbuah trofi. Mereka menjuarainya pada tahun 1991, 1994 dan 1998. Sementara itu, mereka juga pernah menjadi runner-up pada tahun 1997 dan 2020.

Baca Juga: 10 Klub dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League

3. Juventus (4 kali)

5 Klub yang Paling Sering Melaju ke Final Europa League, Ada Jagoanmu?uefa.com

Juventus menjadi klub elit Italia yang mampu bersaing di kompetisi antar klub Eropa termasuk Europa League. Penggemar La Vecchia Signora patut berbangga karena tim yang mereka dukung menjadi salah satu klub tersukses di Europa League.

Hingga saat ini, klub dengan identitas putih hitam tersebut telah melaju ke partai final Europa League sebanyak 4 kali. Mereka sukses menjuarai Europa League sebanyak 3 kali. Juve meraihnya pada tahun 1977, 1990 dan terakhir 1993. Sementara satu final lainnya gagal berbuah trofi, yakni pada tahun 1995.

4. Liverpool (4 kali)

5 Klub yang Paling Sering Melaju ke Final Europa League, Ada Jagoanmu?mirror.co.uk

Tak hanya menjadi salah satu klub yang cukup sukses di Liga Champions, Liverpool juga memiliki prestasi mentereng di Europa League. Klub Premier League tersebut telah menjuarai Europa League sebanyak 3 kali dari 4 final yang dijalani.

Ketiga trofi tersebut diraih The Reds pada tahun 1973, 1976 dan 2001. Satu final lainnya terjadi ada tahun 2016 lalu, namun mereka gagal menambah gelar Europa League. Saat itu, The Reds gagal mengalahkan perlawanan Sevilla.

5. Borussia Monchengladbach (4 kali)

5 Klub yang Paling Sering Melaju ke Final Europa League, Ada Jagoanmu?90min.de

Klub kelima yang juga paling sering melaju ke final Europa League adalah Borussia Monchengladbach. Klub asal Jerman tersebut juga telah merasakan 4 pertandingan final Europa League. Namun hingga saat ini, mereka baru menjadi juara ajang ini sebanyak 2 kali. Monchengladbach menjadi klub yang berjaya di Europa League pada era 70-an.

Dalam kurun waktu delapan tahun, mereka berhasil melaju ke final Europa League sebanyak 4 kali. Final perdana dan keempat pada tahun 1973 dan 1980 gagal berbuah trofi. Sementara dua final pada tahun 1975 dan 1979 berhasil dimenangkan Monchengladbach.

 

Itulah lima klub yang paling sering melaju ke final Europa League. Keberhasilan melangkah ke final tentu menjadi prestasi tersendiri meskipun tak semuanya berbuah trofi. Adakah klub jagoanmu?

Baca Juga: 5 Klub dengan Gelar Europa League Terbanyak, Dominasi Klub Spanyol

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya