6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!

Adakah pemain jagoanmu?

Belanda menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki sepak bola cukup maju. Negeri Kincir Angin telah melahirkan pesepak bola ternama sepanjang sejarah. Nama-nama seperti Edgar Davids, Dennis Bergkamp hingga Robin Van Persie tentu saja sudah tak asing lagi. Tak heran jika banyak pemain Belanda yang menjadi andalan klub-klub Premier League.

Di tengah persaingan ketat Premier League, beberapa pemain Belanda sukses mencuri panggung. Beberapa di antara mereka terbilang sukses saat merumput di kasta teratas liga Inggris. Nah, untuk menyegarkan ingatan para football lovers, kami akan sajikan legenda Belanda yang sukses di Premier League. Penasaran kan, siapa saja? Berikut ulasannya. Check it out!

1. Edwin van der Sar

6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!premierleague.com

Salah satu legenda Belanda yang sukses di Premier League ada Edwin van der Sar. Pemain yang satu ini menjadi kiper Belanda yang penuh prestasi. Mengawali karier di Premier League bersama Fulham, namun ia justru lebih sukses saat membela Manchester United. Van der Sar bergabung dengan Fulham pada musim 2001/2002, kemudian ia pindah ke MU pada musim 2005/2006.

Selama bermain di Premier League, Van der Sar tampil dalam 313 laga. Ia mencatatkan 132 clean sheet serta 359 penyelamatan. Van der Sar mengantarkan United juara Premier League sebanyak empat kali serta meraih penghargaan pribadi yaitu Golden Glove. Ia mengakhiri karier bersama Setan merah pada tahun 2011.

2. Jaap Stam

6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!goal.com

Masih dari barisan pertahanan, pemain Belanda yang satu ini juga cukup dikenal, Jaap Stam. Stam hanya empat musim bermain di Premier League, namun ia meraih prestasi yang mengesankan. Bersama Manchester United, Stam meraih empat trofi Premier League.

Legenda yang lahir pada 17 Juli 1972 ini mencatatkan 79 penampilan di Premier League. Sebagai bek tengah, Stam berhasil raih 22 clean sheet, 1 gol dan 2 assist. Pada awal musim 2001, ia kemudian hijrah ke klub Italia, Lazio. Stam mengakhiri karier di Ajax Amsterdam pada tahun 2007.

3. Dennis Bergkamp

6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!arsenal.com

Dennis Bergkamp menjadi legenda Belanda yang terbilang paling sukses di Premier League. Selama di Premier League, Bergkamp hanya membela satu klub yaitu Arsenal selama sebelas musim. Tepatnya sejak musim 1995/1996 hingga 2005/2006. Pemain depan ini mencatatkan 315 penampilan di Premier League.

Ia menjadi pemain Belanda dengan assist terbanyak yakni 94 assist dan berhasil mencetak 87 gol. Bersama The Gunners, Bergkamp sukses meraih tiga gelar Premier League. Tak hanya itu, ia juga dinobatkan sebagai Player of the Month sebanyak empat kali. 

Baca Juga: 6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

4. Jimmy Floyd Hasselbaink

6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!thesefootballtimes.co/Stu Forster/Getty Images

Jimmy Floyd Hasselbaink juga seorang striker asal Belanda yang sukses di Premier League. Selama di Premier League, Hasselbaink membela empat tim berbeda. Keempat tim tersebut yaitu Leeds United, Chelsea, Middlesbrough dan Carlton. Tepatnya selama sebelas musim, yaitu sejak 1996/1997 hingga 2006/2007.

Meskipun demikian, Hasselbaink tak mampu meraih trofi Premier League bersama klub yang ia bela. Namun penampilan Hasselbaink dinilai cukup baik, ia sukses meraih penghargaan pribadi yaitu Golden Boot sebanyak dua kali. Ia telah tampil dalam 288 laga Premier League dengan mencatatkan 127 gol dan 58 assist. 

5. Ruud van Nistelrooy

6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!manutd.com

Striker legendaris Belanda lainnya yakni Ruud van Nistelrooy juga dinilai sukses selama berkarier di Premier League. Namun berbeda dari pemain sebelumnya, Nistelrooy hanya bertahan lima musim di Premier League. Ia membela Manchester United sejak 2001/2002 hingga 2005/2006. Meskipun tak terlalu lama, namun Nistelrooy memiliki catatan mengesankan.

Ia berhasil mengantarkan United menjuarai Premier League sebanyak satu kali. Bersama The Reds Devils, Nistelrooy telah tampil dalam 150 laga dan sukses mencatatkan 95 gol serta 14 assist. Penghargaan pribadi lainnya yang diraih adalah Player of the Month sebanyak tiga kali, Golden Boot hingga Player of the Season. 

6. Robin Van Persie

6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!goal.com/Getty Images

Masih dari deretan striker, legenda Belanda lainnya yang sukses berkarier di Premier League adalah Robin Van Persie. Sama seperti Bergkamp, Van Persie juga bermain di Premier League selama sebelas musim. Namun ia membela dua tim berbeda yaitu Arsenal dan Manchester United. Van Persie membela Arsenal sejak 2004/2005 hingga 2011/2012 dan sisanya membela United.

Meskipun hanya tiga musim berseragam United, Van Persie akhirnya berhasil meraih trofi Premier League. Selama di Premier League, ia mencatatkan 280 penampilan dengan mencetak 144 gol dan 54 assist. Prestasi pribadi lainnya yang pernah diraih adalah Golden Boot sebanyak dua kali dan Player of the Month sebanyak lima kali. 

Nama-nama tersebut tentu saja sudah tak asing lagi kan di telinga football lovers? Saat ini, pemain-pemain Belanda juga cukup banyak yang berkarier di Premier League lho.

Baca Juga: 10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belanda

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya