Comscore Tracker

Dihentikan Karena Virus Corona, Ini Rangkuman Statistik Liga Top Eropa

Kondisi terakhir sebelum liga dihentikan sementara

Saat ini hampir di seluruh negara di dunia terkena pandemi virus corona. Sepak bola menjadi salah satu korban dari adanya COVID-19 ini. Virus yang sudah menyerang pelaku sepak bola, mulai dari pemain hingga staf tim membuat liga harus dihentikan sementara. Rata-rata liga menghentikan sementara hingga awal April, namun hal tersebut masih menunggu perkembangan virus corona. 

Liga di Eropa yang sudah hampir memasuki fase akhir harus terganggu. Lima liga besar Eropa kini mendapat perhatian khusus dalam penentuan juara jika liga tidak dilanjutkan. Bagaimana kondisi terakhir di liga top Eropa sebelum dihentikan karena virus corona? Berikut rangkuman statistiknya.

1. Liverpool masih puncaki Premier League

Dihentikan Karena Virus Corona, Ini Rangkuman Statistik Liga Top Eropainstagram.com/brfootball

Premier League telah memainkan pekan ke-29 sebelum liga dihentikan sementara. Liverpool masih kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan poin yang cukup jauh. Mereka unggul 25 poin dari Manchester City di posisi kedua. The Reds sebenarnya hanya butuh beberapa kemenangan untuk memastikan gelar.

Namun dengan adanya virus corona, penentuan gelar juara menjadi rumit dan mereka terancam gagal raih gelar musim ini. Sementara di daftar top skor, Jamie Vardy masih memimpin dengan 19 gol. Kevin De Bruyne menjadi pemimpin sementara di daftar top assist dengan 16 assist. Sedangkan clean sheet terbanyak, kiper Burnley Nick Pope masih menjadi yang terbanyak dengan 11 kali. 

2. La Liga masih dikuasai Barcelona dan Real Madrid

Dihentikan Karena Virus Corona, Ini Rangkuman Statistik Liga Top Eropainstagram.com/brfootball

Persaingan juara di La Liga masih berjalan seru antara Barcelona dan Real Madrid. Namun hingga pekan 27, Barcelona untuk sementara masih memimpin klasemen dengan 58 poin. Mereka hanya berjarak dua poin dari rivalnya Real Madrid. Dengan kondisi tersebut, belum bisa ditentukan siapa yang akan raih gelar juara musim ini.

Tak hanya memimpin klasemen, bintang mereka Lionel Messi juga memimpin daftar top skor dan top assist sekaligus. Di La Liga, Messi telah mencatatkan 19 gol dan 12 assist musim ini. Jumlah tersebut membuatnya mengungguli pemain-pemain lain di daftar top skor maupun top assist. Sementara untuk clean sheet terbanyak, Thibaut Courtois dan kiper Getafe, David Soria, sama-sama mengoleksi 12 clean sheet

Baca Juga: Liga Eropa: Inter Milan & AS Roma Sukses Menangi Leg I Babak 32 Besar

3. Serie A menjadi liga terketat

Dihentikan Karena Virus Corona, Ini Rangkuman Statistik Liga Top Eropainstagram.com/brfootball

Serie A musim ini sedikit berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Juventus tak terlalu mendominasi musim ini dan harus bersaing dengan dua tim lain yaitu Lazio dan Inter Milan dalam perebutan gelar juara. Hal tersebut membuat Serie A menjadi liga terketat dibanding liga top Eropa lain.

Apalagi jarak poin pemimpin klasemen dengan runner-up hanya berselisih satu poin hingga pekan 27. Juventus masih memuncaki klasemen sementara dengan 63 poin, sedangkan Lazio di posisi kedua dengan 62 poin. Inter Milan masih memiliki peluang dengan berada di posisi ketiga dengan 54 poin.

Sementara dua pemain Lazio yaitu Ciro Immobile dan Luis Alberto merajai daftar top skor dan top assist. Immobile memimpin daftar top skor dengan 27 gol dan Luis Alberto memimpin daftar top assist dengan 12 assist. Sedangkan kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma menjadi peraih clean sheet terbanyak dengan 10 kali. 

4. Bayern Munchen masih terlalu tangguh di Bundesliga

Dihentikan Karena Virus Corona, Ini Rangkuman Statistik Liga Top Eropainstagram.com/brfootball

Bayern Munchen masih melanjutkan tradisi mereka menguasai Bundesliga. Meskipun sempat terseok-seok diawal musim, namun kini mereka memimpin klasemen hingga pekan 25. Mereka mengumpulkan 55 poin dan terpaut empat poin dari pesaing terdekat, Borussia Dortmund. Namun Bayern juga harus bersaing dengan RB Leipzig yang berada di posisi ketiga dengan 50 poin.

Bayern Munchen juga menunjukkan keperkasaannya di capaian pribadi pemain. Daftar top skor, top assist dan clean sheet terbanyak dikuasai oleh pemain Bayern. Lewandowski masih memimpin daftar top skor dengan 25 gol. Thomas Muller memimpin daftar top assist dengan 16 assist. Sementara clean sheet terbanyak diraih Manuel Neuer dengan 10 kali. 

5. Ligue 1 masih milik PSG

Dihentikan Karena Virus Corona, Ini Rangkuman Statistik Liga Top Eropainstagram.com/brfootball

Paris Saint-Germain menjadi calon kuat juara Ligue 1 musim ini. Keperkasaan mereka belum mampu dihentikan tim lain. Ligue 1 telah memasuki pekan 28, namun PSG belum sempat bertanding menyusul virus corona. Dari 27 laga yang telah dijalani PSG, mereka mengumpulkan 68 poin. PSG unggul 12 poin dari Marseille di posisi kedua.

Dalam daftar top skor, Kylian Mbappe harus berbagi tempat dengan striker AS Monaco, Wissam Ben Yedder. Keduanya memimpin daftar top skor dengan raihan 18 gol. Angel Di Maria memimpin daftar top assist dengan 14 assist. Sementara untuk clean sheet terbanyak, kiper Stade De Reims, Pedrag Rajkovic memimpin dengan 12 clean sheet

Apakah liga akan dilanjutkan jika virus corona mulai mereda? Patut kita nantikan penentuan gelar juara jika liga musim ini tak dilanjutkan.

Baca Juga: [BREAKING] UEFA Segera Umumkan Liga Champions dan Liga Europa Ditangguhkan? 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya