Liverpool Susah Payah Atasi Perlawanan West Ham, Ini Fakta Menariknya!

Empat kemenangan lagi, Liverpool juara!

Liverpool vs West Ham United menjadi laga terakhir di pekan 27 Premier League. Liverpool yang berada di puncak klasemen tentu saja lebih diunggulkan. Apalagi The Reds tampil di rumah sendiri. Namun ternyata tim tamu West Ham tak mau dianggap remeh.

Mereka memberikan perlawanan sengit dan membuat Liverpool kesulitan raih kemenangan. Mental juara yang dimiliki skuad Jurgen Klopp menjadi pembeda di laga ini. Liverpool sukses mengalahkan West Ham dengan skor 3-2.

1. West Ham imbangi Liverpool di babak pertama

Liverpool Susah Payah Atasi Perlawanan West Ham, Ini Fakta Menariknya!twitter.com/premierleague

Liverpool mengawali laga dengan cukup baik saat menghadapi West Ham United. Mereka sudah unggul kala pertandingan baru berjalan 9 menit. Wijnaldum mencetak gol pertama di laga ini setelah menerima umpan Trent Alexander-Arnold. Keunggulan Liverpool tak bertahan lama, tiga menit berselang West Ham sukses menyamakan kedudukan.

Pemain belakang Diop mencetak gol untuk West Ham di menit 12. Liverpool melancarkan serangan ke pertahanan West Ham untuk mendapatkan gol keunggulan. Namun hingga babak pertama usai, tak ada lagi gol tercipta skor sementara 1-1.

2. Mane menjadi penentu kemenangan Liverpool

Liverpool Susah Payah Atasi Perlawanan West Ham, Ini Fakta Menariknya!premierleague.com

Perlawanan sengit dari West Ham berlanjut di babak kedua. Mereka bahkan berhasil unggul di menit 54 setelah Fornals membobol gawang Alisson. Tertinggal satu gol membuat Liverpool tak tinggal diam. Mereka terus menggempur pertahanan lawan hingga akhirnya usaha mereka berhasil. Mohammed Salah membawa Liverpool menyamakan kedudukan melalui golnya di menit 68.

Digempur sepanjang laga, membuat lini pertahanan West Ham mulai kehilangan konsentrasi. Hal tersebut dimanfaatkan Mane untuk mencetak gol di menit 81 sekaligus membawa Liverpool unggul 3-2. Gol dari Mane menjadi yang terakhir di laga ini, pertandingan berakhir dengan skor 3-2.

Baca Juga: Liverpool Berhasil Menang dari Perlawanan Sengit West Ham

3. Menyamai capaian dua rivalnya

Liverpool Susah Payah Atasi Perlawanan West Ham, Ini Fakta Menariknya!liverpoolfc.com

Kemenangan Liverpool atas West Ham United tak hanya bernilai tiga poin. Liverpool menyamai capaian dua rivalnya setelah laga ini. The Reds menyamai rekor kemenangan dalam catatan tak terkalahkan Arsenal yaitu dengan 26 kemenangan. Arsenal tak terkalahkan dalam 38 laga dengan 26 kemenangan serta 12 hasil imbang pada Premier League musim 2003/2004.

Liverpool bisa saja melewati capaian tersebut mengingat sisa laga di Premier League masih banyak. Tak hanya itu, Liverpool juga menyamai jumlah poin milik Manchester United di musim 1998/1999 yang saat itu meraih treble winner. United saat itu menjadi tim paling mengerikan dalam sejarah Inggris. Hingga pekan ke 27, Liverpool meraih 79 poin. 

4. Fakta menarik lainnya

Liverpool Susah Payah Atasi Perlawanan West Ham, Ini Fakta Menariknya!twitter.com/premierleague
  • Liverpool menyamai rekor Manchester City dengan 18 kemenangan beruntun.
  • Liverpool meraih 21 kemenangan di Anfield secara beruntun. Mereka menjadi satu-satunya tim kasta teratas Premier League yang melakukannya.
  • Trent Alexander-Arnold telah mencatatkan 25 assist di Premier League saat usia 21 tahun 140 hari. Hanya Fabregas (20 tahun 134 hari) dan Wayne Rooney (21 tahun 64 hari) yang melakukannya di usia lebih muda.
  • David Moyes tak sekalipun meraih kemenangan saat melawan Liverpool selama karir kepelatihannya dengan catatan 7 imbang dan 9 kalah.
  • Salah dan Mane sama-sama berkontribusi dalam 8 gol dari 6 pertandingan terakhir di Premier League. Salah mencatatkan 6 gol dan 2 assist, sedangkan Mane mencatatkan 5 gol dan 3 assist

5. Liverpool hanya butuh empat kemenangan untuk kunci gelar juara

Liverpool Susah Payah Atasi Perlawanan West Ham, Ini Fakta Menariknya!twitter.com/premierleague

Liverpool semakin tak terbendung di Premier League musim ini. Mereka unggul jauh dari para pesaingnya di tabel klasemen. Manchester City yang menjadi pesaing terdekatnya tertinggal 22 poin.

Liverpool tinggal membutuhkan emoat kemenangan untuk memastikan gelar juara musim ini. Empat laga selanjutnya yang bisa membawa Liverpool juara yaitu melawan Watford, Bournemouth, Everton dan Crystal Palace.

Apakah Liverpool akan memastikan juara dalam empat pertandingan selanjutnya?

Baca Juga: Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menang

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya