Comscore Tracker

Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Real Madrid di Liga Champions

Manchester City berhasil comeback di Santiago Bernabeu

Manchester City bertandang ke Santiago Bernabeu saat leg pertama babak 16 besar UCL menghadapi Real Madrid. Belum pernah menang saat jumpa Madrid, City tak terlalu diunggulkan. City sempat tertinggal satu gol, namun mereka mampu bangkit dan sukses membalikkan skor menjadi 1-2.

Pep Guardiola akhirnya menjadi pemenang dalam pertemuan perdana menghadapi Zinedine Zidane. Pengalaman Guardiola menjadi kunci permainan City dalam laga ini. Ramos yang catatkan penampilan terbanyak justru harus terkena kartu merah di penghujung laga. Apa saja fakta menarik dari laga Real Madrid vs Manchester City? Berikut ulasannya. 

1. City comeback, Ramos dikartu merah

Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Real Madrid di Liga Championsindependent.co.uk

Bertekad raih kemenangan di leg pertama, kedua tim sama-sama tampil menekan. Jual beli serangan membuat pertandingan ini semakin menarik. Namun gol yang ditunggu tak tercipta di babak pertama. Memasuki babak kedua, Real Madrid tak mengendurkan serangannya. Usaha mereka berbuah gol pada menit 60 melalui Isco.

Keunggulan 1-0 justru membuat lini pertahanan mereka lengah. Manchester City sukses menyamakan kedudukan pada menit 78 melalui Gabriel Jesus. Lima menit berselang, City membalikkan kedudukan melalui titik putih yang di eksekusi oleh Kevin De Bruyne. Pada menit 86, Sergio Ramos harus keluar lapangan usai terkena kartu merah. 

2. Pep Guardiola, pelatih dengan kemenangan terbanyak di babak gugur Liga Champions

Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Real Madrid di Liga Championstwitter.com/OptaJoe

Kemenangan atas Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini membuat Pep Guardiola catatkan rekor. Ia menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak di babak gugur Liga Champions. Pep Guardiola mencatatkan 28 kemenangan, ia melewati Carlo Ancelotti, Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson yang sama-sama meraih 27 kemenangan.

Tak hanya itu, Guardiola juga menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak saat bertemu Real Madrid. Ia berhasil menang dalam 10 laga di semua kompetisi bersama Barcelona, Bayern Munchen dan Manchester City. 

Baca Juga: Dibungkam Manchester City 1-2, Ini 3 Kerugian yang Dialami Real Madrid

3. Kemenangan perdana City atas Real Madrid

Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Real Madrid di Liga Championsfourfourtwo.com

Manchester City akhirnya meraih kemenangan saat bertemu Real Madrid. Sebelum laga ini, City telah empat kali menghadapi Real Madrid. Dari keempat laga tersebut, City kalah dua kali dan imbang dua kali. Mereka bertemu Real Madrid di babak semifinal dan juga babak penyisihan grup.

Dipertandingkan kelimanya, City akhirnya meraih kemenangan atas El Real. Kemenangan tersebut lebih istimewa karena mereka raih di kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu. 

4. Sergio Ramos menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Champions

Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Real Madrid di Liga Championstwitter.com/OptaJose

Sergio Ramos mencatatkan rekor baru saat Real Madrid menghadapi Manchester City. Ia menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Champions dengan 124 laga. Ia melewati catatan milik Gianluigi Buffon yang telah bermain dalam 123 laga.

Jumlah tersebut bisa saja terus bertambah mengingat Ramos nasih aktif bermain. Sedangkan Buffon sudah berada dalam penghujung kariernya. Namun sayang, Ramos tak bisa bermain di laga berikutnya menghadapi Manchester City. Ia harus absen karena mendapat kartu merah di laga ini. 

5. Fakta menarik lainnya

Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Real Madrid di Liga Championstwitter.com/OptaJose
  • Real Madrid hanya mencatatkan 3 percobaan di babak pertama. Hal tersebut menjadi yang paling sedikit saat bermain di Santiago Bernabeu sejak 2013 saat menghadapi Galatasaray.
  • Karim Benzema catatkan penampilan ke-100 di Liga Champions.
  • Sergio Ramos menyamai catatan Ibrahimovic dan Edgar Davids dengan 4 kartu merah di Liga Champions.
  • Manchester City menjadi tim kedua yang raih kemenangan atas Madrid di Liga Champions usai tertinggal satu gol. Sebelumnya ada Milan yang melakukannya pada tahun 2013.
  • Kevin De Bruyne berhasil mencetak gol ke-50 pada saat melawan Real Madrid. Dalam laga ini ia juga pertama kali catatkan assist dan gol dalam satu laga Liga Champions. 

Apakah Manchester City sukses mempertahankan keunggulan di leg kedua dan lolos ke babak perempat final? 

Baca Juga: 5 Fakta Jelang Laga Antara Real Madrid vs Manchester City

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Matematika UNNES. Menulis. Desain Grafis. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya