Comscore Tracker

Melihat Kembali Kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018

Punya potensi memperbaiki prestasi

Piala Dunia 2022 Qatar telah menyajikan banyak kejutan besar dengan tumbangnya beberapa raksasa. Namun, jika diingat kembali, edisi 4 tahun lalu juga tak kalah seru. Salah satu kejutan besar yang terjadi adalah kesuksesan Timnas Kroasia melaju ke partai final.

Awalnya, tak ada yang menyangka jika wakil Eropa satu ini akan berlaga di final. Namun, hal itu benar-benar terjadi dan Kroasia menjadi lawan Prancis di partai puncak.

Meskipun akhirnya kalah dari Prancis, perjuangan tim berjuluk Vatreni itu patut untuk dikenang. Di Piala Dunia 2022, peluang untuk mengulangi catatan itu terbuka lebar. Untuk itu, mari melihat kembali kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018!

1. Tampil sempurna pada fase grup

Melihat Kembali Kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018Kroasia menghadapi Argentina di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Keperkasaan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018 terlihat pada babak penyisihan grup. Saat itu, Vatreni bersaing di Grup D bersama Argentina, Nigeria, dan Islandia. Di laga perdana, Kroasia menumbangkan wakil Afrika, Nigeria.

Mereka kemudian menghadapi Argentina di laga kedua. Argentina yang saat itu gagal menang di laga perdana dibantai Kroasia. Luka Modric dan kolega menghancurkan Argentina dengan skor 3-0.

Kemenangan itu pun membuat Kroasia dipastikan lolos ke babak gugur. Meski demikian, mereka tak mau lengah di laga terakhir dan menang kembali dari Islandia. Kroasia lolos ke babak gugur dengan poin sempurna. Mereka mencetak 7 gol dan hanya kemasukan 1 gol.

2. Dua kali menang adu penalti pada babak gugur

Melihat Kembali Kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018Timnas Kroasia saat menaklukkan Rusia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Performa gemilang Kroasia pada fase grup coba dilanjutkan saat bertanding pada fase gugur. Namun, hal itu tak semudah yang dibayangkan. Kroasia dengan susah payah meraih kemenangan saat main pada babak 16 besar dan perempat final.

Dalam dua laga tersebut, Vatreni menang melalui adu penalti. Denmark menjadi lawan yang harus dihadapi Kroasia pada babak 16 besar. Bermain imbang 1-1 pada waktu normal, Kroasia akhirnya mengungguli Denmark dalam adu penalti dengan skor 3-2.

Setelah itu, Kroasia harus berhadapan dengan Rusia pada babak perempat final. Menghadapi tim tuan rumah, mereka akhirnya menang melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2 pada waktu normal. Kroasia pun berhak lolos ke semifinal Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Brasil Jumpa Kroasia, Tersisa 2 Tiket Perempat Final Piala Dunia 2022

3. Taklukkan Inggris di semifinal

Melihat Kembali Kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018Kroasia melawan Inggris di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Banyak yang menyangka jika kiprah mengejutkan Kroasia akan terhenti di semifinal. Hal itu bukan tanpa alasan, Inggris sudah menunggu Kroasia pada babak ini.

Di Piala Dunia 2018, The Three Lions memang cukup perkasa hingga lolos ke semifinal. Namun, prediksi para penggemar itu dibalikkan Kroasia.

Secara mengejutkan, Vatreni melumat Harry Kane dan kolega pada babak ini. Pertandingan berjalan alot dengan dengan skor 1-1 hingga waktu 90 menit usai.

Pada babak tambahan, Kroasia akhirnya memastikan satu tempat di final. Mario Mandzukic menjadi pahlawan Kroasia setelah menjebol gawang Inggris pada menit ke-109.

4. Harus mengakui keunggulan Prancis di partai puncak

Melihat Kembali Kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018Kroasia menghadapi Prancis di final Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Setelah menaklukkan Inggris di semifinal, Kroasia membuktikan jika mereka tak boleh diremehkan. Namun, Prancis akhirnya menjadi tim yang mengakhiri kisah manis Kroasia di Piala Dunia 2018.

Berlaga di partai puncak Piala Dunia untuk pertama kalinya membuat Kroasia tampil kurang maksimal. Sebaliknya, Prancis yang sudah beberapa kali main di final terlihat lebih percaya diri.

Benar saja, Kroasia akhirnya takluk dengan skor yang cukup mencolok untuk ukuran laga final. Saat itu, Vatreni ditaklukkan Prancis dengan skor 2-4. Kiprah mengejutkan Kroasia di Piala Dunia 2018 pun berakhir dengan status runner-up.

5. Berpeluang mengulangi prestasi di Piala Dunia 2022

Melihat Kembali Kejutan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018Timnas Kroasia (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Setelah gagal di final Piala Dunia 2018, Kroasia berpeluang besar untuk mengulangi catatan tersebut pada edisi 2022. Bahkan, bukan tidak mungkin wakil Eropa ini menyabet gelar Piala Dunia perdana.

Kroasia berhasil lolos ke babak gugur setelah menjadi runner-up grup. Meskipun tak sesempurna pada edisi sebelumnya, performa Kroasia tahun ini tak kalah mengesankan. Pada babak 16 besar, kemenangan melalui adu penalti kembali terulang.

Mereka berhasil menaklukkan Jepang dalam laga yang digelar pada Senin (5/11/2022). Imbang dalam waktu normal, Kroasia tanpa hambatan menang adu penalti. Pada babak perempat final, mereka akan bersua dengan Brasil.

Kroasia memang bukan tim yang memiliki kultur sepak bola sehebat itu. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, mereka memiliki banyak pemain bertalenta yang akhirnya berkontribusi untuk tim nasional di Piala Dunia.

Baca Juga: Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya