5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020

Bintang senior di amtara generasi emas!

Menjelang digelarnya Euro 2020 yang akan digelar bulan Juni-Juli, para tim peserta mulai mempersiapkan diri. Salah satunya dengan menentukan nama-nama pemain yang bakal memperkuat timnas termasuk Portugal. Berstatus sebagai juara bertahan membuat Timnas Portugal sangat serius menghadapi Euro edisi kali ini.

Apalagi dengan perpaduan skuad yang lebih lengkap dibanding saat juara pada Euro 2016. Di antara nama-nama yang dipersiapkan untuk Euro 2020 nanti, ada beberapa pemain senior yang masuk skuat Timnas Portugal. Salah satunya tentu saja Cristiano Ronaldo. Tak hanya CR7, berikut pemain tertua yang memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020.

1. Pepe

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020Pepe (eurosport.com)

Pemain tertua yang akan memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020 nanti adalah Pepe. Nama pemain yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Di penghujung kariernya, Pepe justru masih tampil prima di lini belakang FC Porto.

Hal itu membuat mantan pemain Real Madrid ini mendapat kesempatan untuk menjalani Euro terakhir bersama Timnas Portugal. Pepe sendiri sudah mencatatkan 113 caps sejak menjalani debut pada 21 November 2007. Beroperasi di lini belakang, pemain 38 tahun itu torehkan 7 gol dan 3 assist serta turut mengantarkan Portugal juara Euro 2016.

2. Jose Fonte

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020Jose Fonte (goal.com)

Pemain kedua ini juga berposisi sebagai bek tengah yang musim ini membela LOSC Lille. Fonte menjadi salah satu pemain yang membawa Lille bersaing di papan atas Ligue 1 hingga menjadi kandidat juara. Karier Fonte sebenarnya cukup telat bersinar.

Ia menjalani debut pada 18 November 2014 atau saat usianya sudah menginjak 30 tahun. Di usianya yang kini menginjak 37 tahun, Fonte diharapkan bisa memperkokoh lini belakang Portugal. Setelah menjalani laga debut tersebut, Fonte telah mencatatkan 45 caps hingga saat ini.

Baca Juga: Ini Alasan Jose Fonte Tak Ikut Selebrasi Ronaldo Saat Cetak Gol

3. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Cristiano Ronaldo seperti sudah memiliki tempat tersendiri di Timnas Portugal. Meskipun saat ini sudah menginjak usia 36 tahun, performa CR7 masih cukup konsisten bersama Juventus. Di level internasional, Ronaldo juga sedang memburu torehan gol Ali Daei.

Saat ini ia telah menorehkan 103 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua di level internasional. Sejak menjalani debut pada 20 Agustus 2003, Ronaldo telah catatkan 173 caps. Kontribusinya untuk Timnas Portugal tak diragukan lagi hingga ia dipercaya sebagai kapten tim. 

4. Joao Moutinho 

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020Joao Moutinho (independent.ie)

Pemain senior berikutnya yang akan memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020 nanti ada Joao Moutinho. Pemain yang kini membela Wolves itu memang sudah menjadi langganan timnas. Moutinho yang saat ini berusia 34 tahun akan bersaing dengan gelandang muda seperti Ruben Neves hingga Bruno Fernandes.

Moutinho sendiri menjalani debut bersama Timnas Portugal pada 17 Agustus 2005. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 130 caps dengan torehan 7 gol dan 26 assist. Ia juga menjadi bagian Portugal saat menjuarai Euro 2016.

5. Rui Patricio

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020Rui Patricio (goal.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Rui Patricio yang berposisi sebagai penjaga gawang. Pemain yang saat ini berusia 33 tahun itu masih menjadi tumpuan utama Portugal di bawah mistar gawang. Hal tersebut juga ia emban bersama Wolves di Premier League.

Patricio merupakan kiper berpengalaman yang bisa saja menjadi pemain kunci Portugal. Ia sudah menjalani debut bersama Timnas Portugal pada 17 November 2010. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 92 caps dengan catatan 76 kebobolan dan 44 clean sheet.

Meskipun diperkuat cukup banyak pemain senior, Timnas Portugal saat ini menjadi salah satu kekuatan yang paling ditakuti. Mereka disebut-sebut memiliki generasi emas dengan adanya beberapa pemain seperti Bruno Fernandes hingga Joao Felix.

Baca Juga: Video, Kerennya Rui Patricio Selamatkan Gawangnya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya